Dirilis

19 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Banyak orang yang mencari cara menghilangkan belang di wajah. Sebab, belang memang bisa terjadi pada wajah dengan mudah. Kulit belang pada wajah biasanya disebabkan karena wajah tidak dilindungi sunscreen saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Selain wajah, bagian lain seperti kaki, tangan, dan leher pun juga bisa belang jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan. 

 

Cara Menghilangkan Belang di Wajah 

Cara menghilangkan belang di wajah bisa menggunakan bahan alami yang mudah dibuat. Dilansir dari laman kesehatan Healthline, inilah beberapa bahan alami tersebut: 

 

1. Air Beras

Bahan alami yang pertama adalah air beras. Cara menghilangkan belang di wajah dengan air beras ini sudah banyak dilakukan dan memberikan hasil yang bagus. Air beras di sini yang dimaksud adalah air cucian beras. Di dalamnya terdapat kandungan asam ferullic dan allantoin yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Bahkan iritasi dan kulit kasar bisa teratasi dengan air beras ini.

Air beras ini sudah lama dikenal efektif dalam mencerahkan kulit tanpa efek samping apapun. Caranya adalah dengan mencuci beras hingga airnya berwarna putih susu. Jika sudah endapkan air tersebut selama satu malam. Jika sudah jadikan endapannya tadi sebagai masker wajah. 

 

2. Menggunakan Kulit dan Lemon

Kulit belang juga bisa dihilangkan hanya dengan kunyit dan lemon. Dua bahan alami tersebut pun tidak akan memberikan efek samping saat digunakan dalam mengatasi belang pada wajah. Kunyit yang memiliki sifat antiseptic dan lemon yang kaya akan vitamin C sangat efektif dalam meratakan kulit yang belang dan mencerahkan kulit secara alami.

Caranya sangat mudah, campur parutan atau bubuk kunyit dengan air lemon, aduk sampai betul-betul rata lalu aplikasikan pada bagian kulit yang belang selama 30 menit. Jika sudah bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin sampai belang di wajah hilang.

 

3. Campuran Minyak Zaitun, dan Madu

Campuran dua bahan alami ini akan memberikan manfaat yang bagus untuk kulit wajah. Selain menghilangkan belang, kulit juga akan terlihat halus, lembab, dan cerah. Baik minyak zaitun dan madu sama-sama menangkal radikal bebas dengan baik sehingga kesehatan kulit bisa selalu terjaga. 

Caranya mudah, campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu dan aduk sampai rata. Jika sudah tercampur dengan rata langsung saja aplikasikan pada permukaan kulit wajah dan diamkan selama 20 menit, Bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali seminggu sampai belang betul-betul hilang.

 

4. Lidah Buaya

Cara menghilangkan belang di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang mengandung banyak manfaat. Bahan ini bisa mencerahkan kulit, menghaluskan, mengatasi peradangan, dan melembabkan kulit wajah. Wajah yang terbakar sinar matahari bisa langsung diatasi dengan menggunakan lidah buaya ini. 

Caranya adalah dengan memanfaatkan gel lidah buaya sebagai masker wajah. Lakukan hal ini secara rutin tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Kulit akan cerah, belang menghilang, dan wajah akan jadi lebih halus.

 

5. Putih Telur

Bahan alami lain yang bisa mengatasi kulit wajah yang belang adalah putih telur. Campurkan putih telur dengan madu sampai merata lalu aplikasikan pada wajah selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut sampai belang di wajah menghilang. Takarannya satu putih telur ditambah dengan 2 sdt madu. Hasilnya akan sangat memuaskan.



Nah, mudah sekali ya cara menghilangkan belang di wajah menggunakan bahan alami. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya juga sangat praktis. Selain itu, untuk mencegah kulit wajah belang dengan lebih optimal sebaiknya gunakan sunscreen juga pelindung wajah saat beraktivitas di luar rumah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit perihal belang pada wajah jika memang belang tersebut sulit dihilangkan. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!      

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS