Dirilis

17 Mei 2022

Penulis

Mirna Risnasuci

Ketika selesai berolahraga, satu hal yang pasti Anda ingin segera lakukan adalah mandi. Mandi setelah berolahraga baik untuk tubuh Anda karena beragam alasan. Menghilangkan keringat setelah berolahraga dengan mandi sangat penting untuk kebersihan tubuh Anda. Semburan air yang memijat otot-otot Anda dapat membantu menjaga asam laktat agar terlepas dari otot yang sakit.

 

Apakah Saja Manfaat Mandi Setelah Berolahraga?

Mandi setelah berolahraga bermanfaat untuk membantu memulihkan otot Anda dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk kembali beraktivitas dan latihan berikutnya. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

Mandi akan mengeluarkan asam laktat, yang merupakan reaksi kimia alami yang menyebabkan nyeri otot pada tubuh Anda. Setelah itu, mandi dapat membantu menurunkan detak jantung dan mengurangi stres pada jantung dengan cepat setelah berolahraga.

Selain itu, mandi setelah berolahraga bermanfaat untuk membersihkan kulit Anda dari bakteri. Ketika mandi dengan sabun, keringat beserta sel-sel kulit mati Anda akan tersapu sehingga akan mencegah bakteri berkembang biak pada kulit Anda. 

Mandi juga akan membantu mecegah tersumbatnya pori-pori. Karena saat mandi, pori-pori Anda akan terbuka untuk mengeluarkan keringat dari kelenjar keringat. Jika pori-pori ini tersumbat, jangan kaget ya jika nanti muncul “jerawat keringat” ataupun komedo.

Apakah Anda juga tahu, bahwa mandi setelah berolahraga juga bermanfaat terhadap sistem kekebalan tubuh? Ketika Anda bergegas mandi setelah berolahraga, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap


 

Manfaat Mandi Air Dingin dan Air Hangat

Apakah Anda tipe yang menyukai air hangat saat mandi setelah berolahraga? Atau Anda adalah tim mandi dengan air dingin? Lalu mana yang lebih baik, mandi air dingin atau air hangat setelah olahraga? Sebelum menentukan mana yang lebih baik, terlebih dahulu Anda mengetahui apa saja manfaat mandi dengan air hangat dan mandi dengan air dingin. Berikut ulasannya.

 

1.    Manfaat mandi air dingin

Berikut adalah beberapa manfaat dari mandi dengan air dingin.

  • Membantu mengurangi gatal pada kulit. Jika Anda sering mengalami gatal pada kulit, sensasi menggaruk oleh air dingin dapat membantu mengatasinya.
  • Membantu Anda bangun di pagi hari. Semprotan air dingin akan memberikan sensasi dan kejutan sendiri bagi tubuh Anda. kejutan ini akan meningkatkan asupan oksigen dan detak jantung.
  • Membantu meningkatkan sirkulasi. Saat air dingin mengenai tubuh Anda, makan sirkulasi permukaan tubuh akan menyempit.  Kondisi ini akan menyebabkan jaringan tubuh bagian dalam lebih bersirkulasi lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh ideal Anda. Dalam pengertian disini adalah, mandi air dingin bermanfaat bagi penderita hipertensi atau penyakit kardiovaskular, karena suhu dingin dari air dingin akan memicu sistem peredaran darah untuk membantu mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.
  • Membantu mengurangi nyeri otot. Mandi air dingin mampu membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan intens karena air dingin memiliki sifat regeneratif sehingga otot Anda akan rileks dan pulih setelah berolahraga berat.
  • Membantu menurunkan berat badan. Jenis sel lemak seperti lemak coklat, dapat menghasilkan panas dengan membakar lemak. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda ada pada keadaan dingin, salah satunya mandi dengan air dingin.


 

2.    Manfaat air hangat

Apakah Anda termasuk orang yang suka mandi air hangat ketika kesulitan bersantai atau tertidur pada malam hari? Nah, dikutip dari healthline.com, mandi air hangat biasanya dilakukan untuk relaksasi otot sebelum tidur karena air hangat akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatif yang akan membuat Anda lelah. Selain itu, mandi air hangat juga memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Membantu meringankan gejala pilek atau pernapasan. Uap yang keluar dari pancuran air panas dapat Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gejala pilek, batuk dan pernapasan. Uap panas tersebut bermanfaat untuk memnbantu membuka saluran udara, melonggarkan dahak dan membersihkan saluran hidung.
  • Membantu menghilangkan kotoran pada kulit. Uap air hangat juga dapat membantu membuka pori-pori kulit untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada kulit Anda.
  • Membantu merelaksasi otot. Mandi air hangat bermanfaat untuk merelaksasi otot karena air panas efektif membantu meredakan ketegangan tubuh dan menenangkan otot-otot yang lelah, terutama setelah berolahraga atau bekerja.


Baca Juga: Penjelasan 5 Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga

Setelah Berolahraga, Mana Yang Lebih Baik, Mandi dengan Air Dingin atau Mandi dengan Air Hangat?

Nah, Anda sudah mengetahui kan manfaat dari mandi air dingin dan air hangat? Lalu mana yang lebih baik? Terlepas yang mana yang menjadi pilihan Anda, mandi air dingin dan air hangat memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Dikutip dari healthline.com, inilah cara terbaik untuk mandi setelah berolahraga.

 

1.    Mandi dengan air dingin terlebih dahulu

Pertama-tama, bilaslah tubuh Anda dengan air dingin selama kurang lebih satu menit. Memulai mandi dengan air dingin setelah berolahraga akan membantu mengurangi radang otot, mengencangkan otot, sendi dan juga tendon Anda, sehingga akan membantu mengurangi risiko cedera setelah berolahraga

 

2.    Kemudian ganti dengan air hangat

Setelah bilas dengan air dingin, bilaslah tubuh Anda dengan air hangat selama satu menit juga. Beralih ke air hangat akan membantu memulihkan otot dan sendi, membersihkan penumpukan semua sel inflamasi, sel mati dan jaringan parut  untuk peningkatan kesehatan tulang, serta membantu meningkatkan mobilitas tubuh untuk mengurangi  potensi tubuh dari rasa kaku dan cedera setelah olahraga.

Lakukan pergantian air dingin dan air hangat masing-masing selama satu menit selama tiga hingga lima siklus. Air dingin akan menyempitkan pembuluh darah sehingga darah akan mengalir ke bagian tengah tubuh dan air hangat akan membuka kembali pembuluh darah dan mengalirkannya kembali. Siklus ini akan memompa darah sepenuhnya melalui otot dan organ tubuh sehingga membantu proses regenerasi dan detoksifikasi.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, setelah olahraga, mana yang lebih baik? Mandi dengan air dingin atau air hangat? Jawabannya adalah: keduanya. Mandi air dingin dan air hangat secara bersamaan sangat membantu tubuh untuk pemulihan setelah berolahraga. Semoga penjelasan ini dapat lebih membantu Anda memaksimalkan aktivitas fisik yang Anda lakukan ya, selamat mencoba!

Jika Anda punya pertanyaan lain terkait tips olahraga, aktivitas sehat atau ingin lebih banyak mengetahui informasi lain seputar kesehatan lainnya, segera log in ke daya.id dan dapatkan langsung informasinya. Anda juga dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan ahli kami dan mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda mendaftar daya.id dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya mengenai kesehatan secara gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS