Dirilis

17 September 2022

Penulis

Havie Abdul Gafur

COVID-19 yang terjadi selama hampir 3 tahun ini mengubah perilaku masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan. Dengan adanya pembatasan, karantina dan berbagai upaya pencegahan penyebaran penyakit tersebut, mau tidak mau mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan layanan kesehatan menggunakan teknologi.

Melihat pertumbuhan kebutuhan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan melalui digital membuat banyak platform kesehatan yang muncul dan berkembang di masa pandemi ini. Data yang dikeluarkan oleh Roche Indonesia menyebutkan bahwa pengguna platform layanan kesehatan digital meningkat lebih dari 70 persen dibanding sebelum pandemi. Selain itu, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mencatat penurunan kunjungan pasien non-COVID-19 ke rumah sakit hingga 80 persen. 

Pengalaman saya pribadi, selama pandemi terjadi, saya yang tadinya jarang sekali menggunakan platform telekonsultasi menggunakannya lebih sering. Dulu saya hanya menggunakan platform layanan kesehatan biasanya hanya untuk pembelian obat sederhana untuk keluarga, sekarang cukup sering menggunakannya untuk janji temu dengan dokter, konsultasi online dengan dokter hingga pembelian obat untuk saya dan keluarga. 

 

Manfaat Layanan Kesehatan Digital

Lalu, apa saja manfaat dari layanan kesehatan digital bagi masyarakat? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat oleh masyarakat dari layanan kesehatan digital: 

 

1. Memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan

Dengan perkembangan layanan kesehatan digital saat ini, teknologi yang ada dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. MIsalnya dulu teknologi/platform layanan kesehatan yang ada hanya memiliki feature untuk mengatur janji temu dengan dokter, sedangkan saat ini banyak platform layanan kesehatan digital yang menyediakan end-to-end features mulai dari buat janji temu dengan dokter, konsultasi dengan dokter lewat video, pemberian resep hingga pengiriman obat lengkap dengan proses pembayaran di dalamnya.

 

2. Menjaga keselamatan dengan meminimalisir risiko penyebaran penyakit

Platform layanan kesehatan digital sangat bermanfaat di era pandemi seperti sekarang ini. Karena dengan menggunakan teknologi, masyarakat tidak perlu dating langsung ke rumah sakit. Hal ini dapat mengurangi interaksi langsung, mulai dari pendaftaran pasien hingga akhir proses rawat jalan misalnya. Semua dapat dilakukan lewat platform tanpa harus bertatap muka. Platform digital juga mengurangi antrian di rumah sakit karena banyak yang mendaftar dan konsultasi melalui platform.

 

3. Mengurangi biaya kesehatan tanpa menngurangi kualitas pelayanan yang diberikan

Dengan menggunakan layanan kesehatan digital, masyarakat dapat memanfaatkan untuk mengurangi pengeluaran kesehatan dengan tetap mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Karena rumah sakit dan tenaga medis juga tetap memberikan layanan yang tetap terjaga kualitasnya. 

 

4. Memudahkan pasien mendapatkan fasilitas homecare

Layanan kesehatan digital turut memudahkan pasien dalam mendapatkan fasilitas homecare. Misalnya untuk pemeriksaan laboratorium, saat ini dapat dilakukan di rumah tanpa harus datang ke rumah sakit atau fasilitas penyedia layanan kesehatan. Dengan standard yang sama, semua layanan kesehatan tersebut dapat dinikmati di rumah sehingga lebih efektif bagi pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan meskipun memiliki keterbatasan waktu. 

 

5. Mencegah pasien stres

Mengantri dokter di rumah sakit bisa membutuhkan waktu lama dan pasti membosankan. Apalagi jika dokter tersebut sudah terkenal dan memiliki banyak pasien yang berobat kepadanya. Orang normal saja bisa stres saat menunggu antrean tersebut, apalagi si pasien yang sedang sakit. Dengan layanan kesehatan digital bisa membuat jadwal pengobatan lebih tepat sehingga bisa mencegah risiko stres pada pasien.

Selain melakukan pemeriksaan rutin ke dokter sesuai dengan jadwal yang ditentukan, jangan lupa untuk terus menjalani pola hidup yang lebih sehat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan mitra ahli tepercaya kami melalui fitur Tanya Ahli. Sebagai tambahan informasi, untuk informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membacanya di daya.id. Jangan lupa untuk  mendaftar di daya.id untuk mendapatkan semua informasi terkait kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

19 September 2022

keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS