Dirilis

13 Agustus 2022

Penulis

Mirna Risnasuci

Tidak terasa ya, sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun. Biasanya banyak sekali acara yang dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan, mulai dari upacara dan peringatan detik-detik kemerdekaan, beragam acara perlombaan, pawai baju daerah, acara syukuran dan acara lainnya. Walaupun pandemi di Indonesia belum berakhir, tapi tidak menyurutkan semangat kita untuk menyelenggarakan beragam perayaan hari kemerdekaan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satu kegiatan rutin yang biasanya dilakukan adalah perlombaan tradisional yang diikuti oleh anak-anak sampai orang tua.

Tapi tahukah Anda, selain unik dan seru, lomba 17 Agustusan juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh lho. Kok bisa ya? 

Perlombaan tradisional 17 Agustusan adalah kegiatan yang menyenangkan apalagi jika dilakukan dengan beregu. Mengikuti lomba tersebut tidak hanya akan membuat tubuh Anda bugar dan kuat, ketika Anda menikmati perlombaan tersebut, suasana hati Anda pun akan senang. Saat suasana hati Anda senang, pikiran Anda pun akan sehat. Hal ini menjadi salah satu cara supaya Anda terhindar dari risiko penyakit seperti jantung, kanker dan penyakit lainnya.

 

Lomba 17 Agustus Bermanfaat untuk Kesehatan

Apa saja sih lomba 17 Agustusan yang bermanfaat untuk kesehatan? Berikut ulasannya, yang diambil dari berbagai sumber.

 

1.    Panjat pinang

Siapa yang tidak kenal perlombaan seru ini? Atau mungkin Anda adalah peserta rutin perlombaan ini setiap tahunnya? Sudah tidak diragukan lagi jika panjat pinang ini bermanfaat untuk kesehatan. Bagaimana tidak, panjat pinang bermanfaat untuk melatih otot tubuh Anda dengan cara yang sangat menyenangkan. Ketika Anda memanjat untuk mendapatkan hadiah yang digantung di puncak pinang, Anda mengaktifkan otot tangan, otot inti dan otot perut Anda agar dapat memanjat dan melatih kekuatan tubuh agar seimbang dan tidak terjatuh. 

Yang juga menarik, permainan ini tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan hadiah saja, tetapi juga bagaimana melakukan kerjasama tim untuk mendapatkan hadiah tersebut. Jadi tidak hanya fisik saja, tetapi kerjasama dan strategi tim juga dibutuhkan untuk mencapai puncak dan mendapatkan hadiah menarik. Menyenangkan bukan? 

 

2.    Tarik tambang

Nah, Tarik tambang juga merupakan lomba yang seru dan menyenangkan. Lomba ini dimainkan oleh dua regu dan tentunya jadi lomba wajib yang ada di setiap perayaan hari kemerdekaan. Dalam perlombaan ini, tiap regu akan berusaha untuk menarik sekuat tenaga menarik tambang agar tim lawan melewati garis pembatas. Gerakan tarik menarik dalam tarik tambang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot bahu Anda.

Tidak sampai di situ. Tarik tambang juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tangan dan kaki. Eits, walaupun bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, Anda jangan memaksakan kekuatan otot Anda saat menarik tambang, hati-hati bisa cedera lho! Lakukan sesuai kemampuan Anda dan lakukan dengan fun ya!

 

3.    Bakiak

Permainan tradisional yang satu ini memiliki ciri khas bergerak secara serentak dan beriringan. Permainan ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi otak Anda dan juga menciptakan mood yang lebih baik. Dalam permainan ini, Anda melatih otak Anda untuk tetap fokus dalam menerima instruksi dari anggota tim Anda dan secara bersamaan menggerakan salah satu kaki.

Bayangkan jika Anda memiliki konsentrasi yang lemah? Bisa jadi langkah Anda menjadi tidak seirama dengan tim Anda, yang ada nanti Anda malah terjatuh dan akhirnya malah tertinggal dari tim lain. Permainan ini sangat cocok untuk dilakukan oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kekompakan alam jiwa anak.

 

4.    Balap karung

Balap karung juga menjadi salah satu perlombaan yang tidak boleh di lewatkan. Dalam permainan seru ini, Anda dan peserta lainnya harus melompat dengan kaki yang berada dalam karung goni menuju garis finish. Permainan ini juga bermanfaat lho untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk membakar kalori, permainan ini juga dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi Anda. melalui permainan ini, Andapun dapat melatih kekuatan otot lengan, bahu, dada serta betis. Jadi bagaimana, Anda pasti sudah tidak sabar ya untuk mengikuti permainan ini nanti?

 

5.    Olahraga

Kompetisi olahraga futsal, basket ataupun voli juga menjadi acara rutin yang dilakukan untuk memeriahkan lomba 17 Agustusan. Lalu apa sih yang membuat permainan ini tidak biasa? Permainan ini menjadi unik ketika pemainnya diwajibkan untuk memakai daster atau sarung. Wah, kalau seperti ini pasti seru dan menarik ya untuk dicoba. Selain bermanfaat untuk membakar kalori, Anda juga pasti akan terhibur dengan atribut yang digunakan sehingga melakukannya pun menjadi hal yang menyenangkan. 

Jika memang memungkinkan, Anda dapat mengikuti olahraga lainnya untuk dilombakan seperti adu panco, tenis meja, badminton, atau olahraga dayung.

Baca Juga: Apa Arti Merdeka Belajar bagi Anak-anak?

 
 

6.    Lomba memasukan pensil ke dalam botol

Sebagian dari Anda pasti sudah pernah mencoba permainan ini pastinya. Permainan ini mengharuskan Anda untuk memasukan pensil yang dgantung pada pinggang ke dalam botol kecil. Cara melakukannya, Anda diharuskan membungkuk perlahan-lahan hingga pensil yang digantungkan dapat masuk ke dalam botol, tentu bukan hal yang mudah ya. Permainan ini bermanfaat untuk melatih otot paha hingga betis Anda dan dapat dilakukan sebagai pengganti gerakan squat.

Yuk, ajak keluarga dan kerabat dekat Anda untuk mengikuti perlombaan 17 Agustusan ini ya. Sambil bermain, Andapun akan mendapatkan manfaat sehat dari kegiatannya. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya. Selamat berlomba ya! Merdeka! 

Jika Anda punya pertanyaan lain atau ingin lebih banyak mengetahui informasi lain seputar aktivitas sehat lainnya, segera login ke daya.id dan dapatkan langsung informasinya. Anda juga dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan ahli kami dan mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda mendaftar daya.id dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya mengenai kesehatan secara gratis!.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS