Dirilis

23 April 2024

Penulis

Aliah Abdullah

Masa tua yang tenang dan sejahtera merupakan impian semua orang. Anda pasti bercita-cita pensiun dengan kondisi mandiri finansial tanpa harus melakukan pinjaman ke pihak lain. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan tabungan hari tua sesegera mungkin. Lalu bagaimana strategi mempersiapkannya dan apa saja manfaat memiliki tabungan hari tua. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Strategi Menabung untuk Hari Tua

Berikut ini beberapa strategi untuk menyiapkan masa tua yang bahagia dan sejahtera, seperti dikutip dari situs berita Medcom.id.

 

1.    Mulai sekarang Juga

Memulai tabungan hari tua sebaiknya dimulai ketika Anda masih muda, saat memiliki penghasilan sendiri. Bahkan saat pemula dalam karir, dengan melakukan perhitungan mundur dengan target usia pensiun. Dengan asumsi bahwa usia pensiun adalah 56 tahun, bila saat ini usia Anda baru 25 tahun, maka Anda memiliki masa produktif selama 31 tahun untuk mempersiapkan kebutuhan masa pensiun. Ini merupakan masa yang panjang  untuk mulai mempersiapkan tabungan pensiun. 

 

2.    Susun rencana keuangan yang jelas

Langkah selanjutnya adalah susun rencana keuangan dana pensiun dengan cermat. Yang Anda perlu tentukan ketika hendak menyususn rencana pensiun adalah :

  • Pertama, tentukan di usia berapa Anda akan pensiun, saat tidak ada lagi memiliki penghasilan tetap
  • Kedua, tentukan asumsi usia harapan hidup
  • Ketiga, tentukan perkiraan kebutuhan biaya hidup Anda sehari-hari
  • Keempat, perhitungkan waktu yang Anda miliki untuk menyiapkan dana tersebut


Berikut ini gambarannya:
Anda saat ini berusia 27 tahun dan berencana pensiun di usia 60 tahun. Anda memiliki waktu 33 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun. Sedangkan asumsi usia harapan hidup adalah 70 tahun. Jika pendapatan Anda saat ini sekitar Rp15 juta dengan biaya hidup sehari-hari adalah sekitar Rp10 juta per bulan dan bila asumsi inflasi per tahun adalah sebesar 6%, maka kebutuhan dana pensiun yang harus  Anda kumpulkan adalah sekitar Rp10,81 miliar.

 

3.    Pilih instrumen investasi yang tepat

Setelah Anda mengetahui nilai dana yang harus Anda kumpulkan untuk membiayai masa pensiun, saatnya Anda untuk menentukan strategi investasi yang tepat. Karena tabungan hari tua baru akan digunakan dalam jangka panjang, maka strategi investasi untuk mengumpulkan dana pensiun yang tepat adalah investasi jangka panjang.

Beberapa instrumen investasi yang tepat untuk tujuan keuangan jangka panjang adalah property, saham, reksa dana saham, reksa dana campuran, dan lain sebagainya. Hindari menggunakan instrumen investasi jangka pendek untuk mendukung tujuan keuangan jangka panjang, seperti tabungan biasa atau deposito berjangka. Pastikan Anda memilih instrumen investasi yang tepat agar tujuan keuangan Anda tercapai.

 

4.    Jaga kesehatan keuangan

Mengumpulkan tabungan hari tua dengan rajin berinvestasi secara berkala, membutuhkan komitmen jangka panjang. Supaya Anda tetap bisa berinvestasi sesuai rencana yang telah Anda susun, pastikan Anda senantiasa menjaga kesehatan keuangan. 

Berikut ini beberapa cara menjaga keuangan Anda agar tetap sehat:     

Pertama, hindari utang konsumtif dan jaga rasio utang sehat. Standar beban cicilan maksimal adalah 30% dari pendapatan rutin. Bila tanggungan cicilan Anda melebihi angka tersebut, itu berarti keuangan Anda kurang sehat. Segera kurangi utang dan hindari mengambil utang konsumtif yang tidak mendesak seperti utang kartu kredit atau fasilitas paylater.

Kedua,  perkuat dana darurat Anda, dengan cara amankan dana darurat minimal sebesar 6 kali pengeluaran rutin bulanan Anda. Untuk mencapai dana darurat tersebut, Anda bisa menyisihkan minimal 10% dari pendapatan rutin.

Ketiga, biasakan mencatat pengeluaran dan melakukan budgeting untuk melihat alokasi pos mana yang paling berlebih. Hal ini akan membantu Anda dalam membuat strategi yang tepat untuk perencanaan anggaran rutin tiap bulan.

 

5.    Tambah pendapatan

Menyiapkan tabungan hari tua untuk keperluan masa pensiun membutuhkan alokasi anggaran yang memadai untuk diinvestasikan. Disamping dana pensiun, Anda juga perlu mempersiapkan dana untuk pendidikan anak, membeli rumah, dana liburan, dan lain sebagainya. Agar Anda bisa memenuhi semua pos perencanaan keuangan tersebut, Anda perlu mencari tambahan pendapatan.

Di era digital saat ini, Anda bisa memperoleh tambahan pendapatan dengan menjual apa yang menjadi keahlian Anda. Misalnya, content creator, digital marketing, make-up artist online, les bahasa asing online, dan lain sebagainya. Dengan kreatif dan rajin menambah pemasukan bisa membantu Anda mengumpulkan tabungan hari tua lebih cepat.

 

Manfaat Memiliki Tabungan Hari Tua

Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memiliki tabungan hari tua, yang akan berdampak pada kehidupan Anda di masa depan. Berikut ini beberapa manfaat memiliki tabungan hari tua.

 

1.    Membantu menjaga keamanan finansial di masa tua

Tabungan hari tua akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan finansial di masa tua, saat sudah tidak lagi aktif bekerja, seperti kebutuhan pokok, perawatan kesehatan, transportasi, dan biaya lainnya. Dengan memiliki tabungan hari tua dan mengelolanya dengan baik, Anda bisa terhindari dari risiko kesulitan finansial yang bisa berdampak pada kualitas hidup saat memasuki masa pensiun.

 

2.    Memberikan kemandirian finansial

Dengan memiliki tabungan hari tua, Anda akan mencapai kemandirian finansial sehingga Anda tidak perlu bergantung kepada orang lain, Anda memiliki kebebasan untuk membuat keputusan keuangan sendiri dan bisa memutus rantai sandwich generation.

 

3.    Mengantisipasi hal-hal tak terduga

Tabungan hari tua bisa membantu Anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga di masa pensiun, misalnya saat sakit, Anda bisa mendapatkan perawatan dengan fasilitas yang nyaman tanpa harus memikirkan biaya.

Itulah 5 langkah mudah untuk menyiapkan dan manfaat tabungan hari tua. Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar tabungan hari tua, Anda bisa menemukan artikel lainnya di website daya.id, seperti Raih Kebebasan Finansial, Ini Tips Atur Keuangan Sebelum Pensiun dan Persiapkan Dana Hari Tua dengan Program Pensiun. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Tanya Ahli, bila Anda ingin berkonsultasi secara gratis dengan ahlinya. Ayo segera mendaftar!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.6

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS