Dirilis

25 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Kunci dari keberhasilan dalam interview kerja adalah dengan memahami apa saja pertanyaan interview yang akan ditanyakan. Dengan pengetahuan tersebut, sebagai pencari kerja kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih optimal dan maksimal. Dengan proses interview yang lancar dan berhasil, maka peluang diterima bekerja di perusahaan yang dituju juga menjadi semakin besar.

Interview atau wawancara kerja memang selalu menjadi fase yang cukup menegangkan bagi para pencari kerja. Menurut Arikunto (2003:199), wawancara adalah suatu proses dialog yang dilakukan pewawancara untuk memperoleh informasi dari narasumber. Dalam hal ini pewawancara yang dimaksud adalah HRD dan narasumber adalah para pencari kerja. 

Jenis Pertanyaan Interview yang Biasa Diajukan oleh Pewawancara Kerja

Panggilan interview memang menjadi salah satu harapan bagi seseorang yang melamar kerja. Namun proses ini bisa menjadi hal yang menegangkan, apalagi jika Anda masih fresh graduate. Interview ini merupakan penentu apakah Anda diterima di perusahaan tersebut atau tidak. Itulah sebabnya Anda harus tahu jenis pertanyaaan apa saja yang diajukan saat interview. Berikut ini beberapa jenis pertanyaan yang biasanya diajukan atau ditanyakan oleh pewawancara kerja:

1. Menceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan pertama yang biasanya ditanyakan adalah pertanyaan tentang diri Anda sendiri. Anda bisa menceritakan profil diri Anda pada mereka. Misalnya diawali dengan menceritakan apa saja latar belakang pendidikan Anda, kemudian pengalaman bekerja dan pencapaian terbaik selama ini. 

2. Menjelaskan Kelebihan Anda

pertanyaan interview tentang kelebihan diri sendiri
Pihak pewawancara juga biasanya akan mengajukan pertanyaan tentang kelebihan diri Anda. Anda tetap harus menjawabnya tapi dengan sikap rendah hati dan tidak sombong. Pilih kelebihan yang Anda miliki yang masih berkaitan dengan pekerjaan Anda. Berikan juga contoh bagaimana menghubungkan kelebihan Anda dengan sikap profesionalisme di kantor.

3. Memberi Tahu Kekurangan

Mereka tak hanya ingin tahu apa saja kelebihan Anda, tapi mereka juga ingin tahu apa saja kekurangan Anda. Anda bisa memilih jenis keunggulan yang tak Anda miliki tetap sedang berusaha diperbaiki. Hal itu juga bisa menjadi kekurangan Anda. Contohnya Anda tak memiliki kemampuan dalam public speaking yang baik.

4. Alasan Mereka Harus Merekrut Anda

pertanyaan interview alasan merekrut Anda
Tak usah malu dengan menonjolkan kapabilitas Anda sebagai seorang pekerja yang baik. Tim HRD akan meyakinkan kembali, apakah Anda memang orang yang tepat yang mereka cari. Maka Anda bisa menjawab dengan tiga hal penting yang meliputi, bahwa Anda tak hanya bekerja di sana tapi akan selalu menampilkan yang terbaik, anda bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, dan Anda bisa menjadi pilihan paling baik dibanding dengan kandidat lainnya.

5. Apakah Pernah Terlibat dengan Konflik yang Ada di Tempat Kerja Sebelumnya

Tim HRD juga bisa mengajukan pertanyaan tentang konflik yang mungkin pernah Anda temui di tempat kerja sebelumnya. Tujuannya yaitu untuk melihat bagaimana cara Anda menghadapi konflik. Anda harus tetap jujur jika memang mengalami hal itu, tapi pastikan bahwa Anda tetap menghadapinya dengan cara yang profesional.

6. Apa Rencana Anda di Lima Tahun ke Depan

Pertanyaan soal masa depan juga biasanya akan ditanyakan oleh perusahaan. Misalnya rencana apa yang akan Anda lakukan di masa depan atau di lima tahun mendatang. Karena mereka tak ingin merekrut karyawan yang baru bekerja tapi sudah pindah ke perusahaan lain. 

Itulah jenis pertanyaan interview yang biasa ditanyakan oleh tim dari HRD ketika melakukan sesi interview. Pada dasarnya, setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh tim HRD adalah salah satu cara untuk mengetahui bagaimana kompetensi dan kemampuan pribadi Anda. Maka dari itu, selalu siapkan diri Anda semaksimal mungkin ketika interview ini berlangsung, dengan begitu proses interview bisa berjalan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan psikolog dari Daya.id seputar dunai pekerjaan dan karir. 

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih matang dalam mengatasi berbagai persoalan yang mungkin muncul di dunia kerja. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Wisnuwardhani, M.Psi.

Psikolog

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS