Dirilis

02 Juli 2022

Penulis

Dini Fitriani Nugraha

Beberapa perusahaan swasta atau instansi pemerintah di Indonesia sudah kembali menerapkan work from office alias bekerja dari kantor. Mungkin termasuk perusahaan Anda. Hal ini disebabkan perkembangan kasus COVID-19 yang tetap landai dan tidak ada peningkatan kasus yang signifikan setelah libur panjang cuti bersama lebaran. Oleh karena itu, pegawai sudah diharuskan masuk ke kantor. Apakah situasi itu membuat Anda cemas dan stres karena harus beradaptasi dengan rutinitas baru lagi?

 

Tips Kembali Work from Office

Setelah bekerja dari jarak jauh selama lebih dari 2 tahun, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri kembali ke rutinitas bekerja dari kantor atau WFO (work from office). Seperti yang kita ketahui, pandemi COVID-19 membuat perubahan baru yang sangat signifikan, yaitu para pekerja dapat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) guna mencegah penyebaran virus. Namun karena saat ini, pemerintah telah menetapkan bahwa pandemi COVID-19 berubah menjadi endemi dan situasi mulai membaik, perusahaan dan instansi meminta para pegawai untuk kembali bekerja dari kantor (WFO). 

Yuk simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan informasi seputar tips kembali WFO yang dapat Anda terapkan agar bekerja dari kantor sama menyenangkannya dengan bekerja dari rumah!

 

1.    Beri waktu untuk menyesuaikan

Sebelum memulai bekerja, cobalah untuk mengunjungi tempat kerja Anda lebih awal, seperti beberapa hari atau beberapa minggu. Bagi sebagian orang, kembali ke tempat kerja akan menjadi perubahan besar, dengan lebih banyak orang, kebisingan, dan waktu perjalanan untuk menyesuaikan diri. 

Uji cobalah perjalanan Anda untuk melihat berapa lama waktu yang akan Anda habiskan selama diperjalanan, dan melihat kondisi jalan yang akan Anda lewati seperti apa. Anda juga dapat memeriksa rute transportasi publik beserta biayanya.

 

2.    Sesuaikan rutinitas Anda

Bekerja dari kantor tentunya membutuhkan perhatian tambahan terhadap durasi perjalanan. Anda perlu mengatur kembali jadwal tidur, menyetel alarm, menyiapkan sarapan, dan bekal makan siang. Jika Anda sering tidur larut malam, usahakan untuk membiasakan diri tidur lebih awal agar tidak bangun kesiangan dan terlambat bekerja.

Baca Juga : Tips Tidur yang Baik untuk Pekerja yang Sering Lembur 

 

3.    Jangan takut untuk bertanya

Setelah bekerja di rumah selama lebih dari dua tahun, besar kemungkinan Anda melupakan beberapa tempat di kantor, seperti tempat parkir, loker penyimpanan, dan lainnya. Oleh karena itu, beranikan diri Anda untuk bertanya ke orang sekitar terkait hal-hal yang Anda butuhkan, seperti bertanya dimana tempat parkir, kantin, loker penyimpanan, atau tempat penting lainnya. Semakin banyak Anda tahu, semakin nyaman Anda kembali bekerja dari kantor. 

 

4.    Merapikan ruang kerja 


Ketika Anda kembali ke kantor, pastikan meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk membersihkan ruang atau meja kerja Anda karena sudah Anda tinggalkan selama lebih dari dua tahun. Pertimbangkan untuk membeli dekorasi baru, tanaman, atau bingkai foto baru untuk meja Anda, ini akan membantu Anda merasa lebih puas dan memberikan suasana yang positif.

 

5.    Fokus pada hal positif 

Ketika kembali, sangat penting untuk menjaga pola pikir Anda untuk tetap segar dan fokus pada hal-hal yang positif. Meninggalkan zona nyaman Anda mungkin membuat stres karena sekarang Anda harus menyesuaikan diri dengan rutinitas baru. Dibanding Anda memikirkan hal yang membuat suasana hati buruk, lebih baik memikirkan manfaat yang mungkin Anda dapatkan ketika bekerja dari kantor seperti terhubung dengan kolega dan orang baru, serta bekerja dari jarak jauh telah membuat rumah terasa seperti tempat kerja.

Baca Juga : Kiat untuk Lebih Semangat di Hari Senin 

 

6.    Berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan

Saat kembali ke tempat kerja, penting untuk memastikan Anda berkomunikasi dengan kolega dan manajer Anda terkait transisi yang sedang dialami. Praktikkan komunikasi yang transparan dan efektif selama periode ini dengan anggota tim Anda. Jelaskan harapan Anda dengan rekan kerja dan manajer Anda tentang bagaimana Anda semua dapat saling mendukung dan membantu agar pekerjaan dapat efektif serta efisien.

 

7.    Perhatikan barang bawaan Anda

Dompet, kacamata, masker, kunci, kartu identitas, hand sanitizer, dan barang lain yang Anda bawa ke tempat kerja perlu diperhatikan. Sudah waktunya untuk membiasakan diri untuk memastikan Anda memiliki apa saja yang Anda butuhkan untuk menjalani hari Anda. Kenali kembali barang-barang penting Anda, bagaimana Anda membawanya, dan bagaimana Anda memastikan Anda tidak melupakan apa pun. Apa yang mungkin menjadi kebiasaan satu atau dua tahun yang lalu mungkin sekarang membutuhkan perhatian.

 

8.    Gunakan pakaian yang sesuai


Setelah dua tahun menggunakan kaos dan celana tidur, kini Anda perlu untuk merapihkan isi lemari. Jangan lupa untuk periksa kebijakan kantor tentang pakaian yang diperbolehkan. Kemudian, cobalah pakaian yang ingin Anda kenakan untuk memastikan apakah nyaman dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Belilah beberapa pakaian baru jika diperlukan.

Demikian tips yang dapat Anda terapkan. Jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, jangan lupa untuk memikirkan siapa yang akan menjaga mereka di rumah selama Anda bekerja. Apakah akan menyewa pengasuh atau membawa ke tempat penitipan. Semoga Anda cepat beradaptasi dan bekerja secara nyaman. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai tips kembali WFO atau tips seputar karir lainnya? Segera log in ke daya.id dan manfaatkan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS