Dirilis

09 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Anda pasti sudah sangat akrab dengan kacang panjang yang sering dijadikan olahan masakan. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata ada banyak manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh kita?.  Bahkan menurut informasi yang ada selama ini bahwa makan kacang panjang secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan payudara. Inilah manfaat dari kacang panjang selengkapnya. 

6 Manfaat Kacang Panjang yang Baik untuk Kesehatan 

Dilansir dari website kesehatan Best Health Magazine, berjudul 6 health benefits of bean, inilah berbagai manfaat dari kacang panjang untuk kesehatan: 

1. Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

Apakah selama ini Anda pernah terpikirkan bahwa ternyata salah satu manfaat makan kacang panjang adalah kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Ya, kacang panjang mengandung vitamin C cukup tinggi yaitu sekitar 19mg dimana artinya sudah mencukupi kebutuhan harian sebanyak 31%.
Jika Anda makan 100 gram kacang panjang artinya kebutuhan vitamin C harian sudah tercukupi sebanyak 31%. Sedangkan vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membuat kulit lebih cerah dan mencegah datangnya keriput.

2. Meringankan Nyeri Saat Haid

manfaat kacang panjang untuk nyeri haid

Best Health Magazine melansir sebuah data hasil penelitian yang mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi mineral mangan dalam jumlah cukup akan terhindar dari nyeri kram perut saat sedang haid. Selain itu kecukupan mangan juga akan membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang Indonesia. Padahal diabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan menjadi pemicu datangnya jenis komplikasi penyakit lainnya. Oleh sebab itu dari awal sebaiknya Anda kontrol kadar gula darah dengan baik.
Salah satu cara mudah untuk mengendalikan kadar gula darah adalah dengan konsumsi kacang panjang. Penelitian yang dilakukan kepada hewan menunjukkan bahwa kacang panjang memberikan aktivitas antiglikemik yang signifikan.  Walaupun memang belum ada pengujian kepada manusia namun faktanya tidak ada larangan makan kacang panjang kepada penderita diabetes. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat kacang panjang untuk kesehatan jantung

Jenis penyakit lainnya yang cukup berbahaya dan banyak diderita orang adalah jantung. Penyakit jantung tidak bisa dianggap enteng karena sering menyebabkan kasus kematian secara mendadak sehingga disebut sebagai silent killer. Kacang panjang memiliki kadar serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa tingginya kadar LDL menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. 

5. Menangkal Paparan Radikal Bebas

Tingkat polusi yang semakin memprihatinkan, konsumsi makanan yang tidak sehat, sampah dan sebagainya bisa menjadi sumber radikal bebas. Padahal paparan radikal bebas yang mengenai tubuh kita setiap hari merupakan penyebab terjadinya kerusakan sel. Beberapa efek buruk dari paparan radikal bebas adalah terjadinya penuaan dini dan risiko penyakit kanker. Radikal bebas bisa diperkecil efeknya di dalam tubuh dengan mengkonsumsi antioksidan seperti vitamin A, C dan E. Nah, di dalam kacang panjang kita menemukan vitamin A dan C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

6. Memperbesar Payudara

Apakah benar bahwa konsumsi kacang panjang bisa membantu memperbesar ukuran payudara? Ternyata memang begitulah faktanya. Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi UGM menemukan bahwa kacang panjang mengandung senyawa estrogen alami yaitu fitoestrogen yang akan memicu pertumbuhan dari sel epitel payudara.
Nah, itulah beberapa manfaat kacang panjang yang cukup menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah untuk nyeri haid, kesehatan jantung, dan untuk kesehatan payudara. Mulailah mengonsumsi kacang panjang sekarang agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Anda juga bisa berkonsultasi pada ahli gizi dari Daya.id seputar nilai gizi dan manfaat kacang panjang selengkapnya. 
Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!             
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS