Dirilis

09 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Selain dimakan langsung, strawberry juga seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun ditemui sebagai topping untuk dessert. Di balik rasanya yang enak, ada berbagai manfaat strawberry yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat strawberry ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam buah ini. Lalu, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat strawberry? 
 


Kandungan Gizi dalam Buah Strawberry

kandungan nutrisi dalam strawberry

Sebelum kita mengetahui berbagai manfaatnya, ada baiknya jika kita pahami dulu nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari laman Healthline, dalam sebuah artikel yang berjudul “Everything You Need to Know About Strawberries”, inilah kandungan gizi yang ada dalam buah ini: 
a. Kalori
b. Protein
c. Karbohidrat
d. Gula
e. Serat

Selain itu, juga ditemukan berbagai kandungan lain seperti lemak, vitamin C, B6, K, dan E, mangan, antioksidan, zat besi, magnesium, fosfor, dan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat, seperti: Anthocyanin (pelargonidin), asam ellagic, ellagitannins, dan procyanidins. Dengan berbagai kandungan tersebut, strawberry memang terbilang padat gizi dan nutrisi. 
 


7 Manfaat Strawberry yang Perlu Diketahui

manfaat strawberry untuk kesehatan

Masih dilansir dari laman Healthline, dalam sebuah artikel yang berjudul “Everything You Need to Know About Strawberries”, berikut berbagai manfaat strawberry bagi tubuh kita, diantaranya:
 


1. Bantu Mengontrol Tekanan Darah

Banyaknya kadar natrium dalam tubuh kita dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, namun kandungan kalium yang ada pada buah strawberry mampu mengimbangi natrium tersebut untuk tetap stabil, sehingga tekanan darah tetap terkontrol.
 


2. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan polifenol tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan tersebut merupakan nutrisi baik dan mampu menjaga tubuh kita. selain itu, kandungan serat dan kalium pada buah ini dipercaya dapat mencegah risiko penyakit jantung.
 


3. Mencegah Kanker

Selain itu, antioksidan pada buah berwarna merah ini juga mampu melindungi tubuh kita radi radikal bebas sekaligus dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah penyakit kanker.
 


4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat strawberry lainnya adalah mampu mengurangi atau meringankan sembelit dan  membuat pencernaan kita lebih lancar. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan serat serta kadar air yang tinggi. Selain itu strawberry dapat membuat tubuh kita tetap terhidrasi.


5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang dikenal baik untuk penderita diabetes. Karena, kandungan serat yang ada pada buah ini dapat bantu mengatur gula darah serta menjaganya supaya tetap stabil. Sehingga, strawberry cocok menjadi camilan sehat pilihan, agar kita bisa lebih menghindari kudapan lain yang tak sehat.
 


6. Bantu Menurunkan Berat Badann

Manfaat strawberry berikutnya adalah karena kandungan serat larut dan tak larut yang ada di dalamnya. Hal ini dapat menjaga bakteri baik di usus dan membuat kita dapat merasa kenyang lebih lama. Sehingga, strawberry cocok untuk menjadi pilihan asupan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Buah ini menjadi salah satu pilihan asupan baik yang dapat menjadikan tubuh ideal.
 


7. Mengurangi Risiko Katarak dan Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C dalam buah strawberry mampu melawan radikal bebas sekaligus meningkatkan kolagen yang baik untuk kornea mata akita. Selain itu, manfaat strawberry lainnya adalah dipercaya mampu mencegah penuaan dini. Karena kandungan  vitamin C dan asam elagik yang terdapat pada buah tersebut diyakini baik untuk kesehatan kulit dan melindunginya dari radikal bebas yang dapat merusak kolagen. Jika kolagen rusak, maka dapat muncul kerutan penyebab penuaan dini tersebut. 

Itulah berbagai kandungan nutrisi dan manfaat strawberry yang baik untuk kesehatan. Dari informasi ini, dapat Anda ketahui bahwa dibalik ukurannya yang kecil, ada manfaat yang besar dalam buah strawberry. Seperti untuk diet, kesehatan pencernaan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar manfaat dan nilai gizi yang ada dalam strawberry selengkapnya. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS