Dirilis

16 Mei 2022

Penulis

Dini Fitriani Nugraha

Apakah Anda sering merasakan kelelahan, sakit atau nyeri pada tulang, kram otot, dan perubahan suasana hati? Mungkin hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin D. 

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang serta kekebalan tubuh. Anda dapat memperoleh vitamin D melalui diet atau makanan yang Anda konsumsi, paparan sinar matahari, dan suplemen, karena mendapatkan vitamin D dari satu sumber saja akan sulit. Oleh karena itu, banyak dari kita rentan untuk kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D sulit dideteksi karena gejala tidak muncul dalam hitungan bulan atau tahun, melainkan dapat langsung terjadi tanpa Anda sadari karena tidak adanya gejala. Tapi ada beberapa gejala yang bisa Anda perhatikan. Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja tanda Anda kekurangan vitamin D!

 

Tanda Anda Kekurangan Vitamin D

Berikut ini beberapa tanda dan gejala kekurangan vitamin D yang dapat Anda perhatikan:

 

1.    Sering terkena penyakit atau infeksi

Salah satu peran terpenting vitamin D adalah mendukung kesehatan Anda melalui kekebalan tubuh yang kuat, agar dapat membantu Anda menangkal virus dan bakteri penyebab penyakit. Vitamin D berinteraksi langsung dengan sel-sel yang bertanggung jawab untuk mengatasi infeksi.

Jika Anda sering sakit, seperti pilek atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya. Beberapa penelitian observasional besar yang dimuat pada National Center for Biotechnology Information menunjukkan hubungan antara defisiensi dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar vitamin D yang rendah mungkin memiliki peran penting dalam sistem kekebalan dan hemopoetik yang dapat mempengaruhi respon terhadap infeksi khususnya pneumonia. Selain itu, juga didapatkan mengonsumsi hingga 4.000 IU vitamin D setiap hari dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan. 

 

2.    Keletihan dan kelelahan

Jika Anda sering merasa letih dan lelah tanpa penyebab yang jelas, besar kemungkinan Anda kekurangan vitamin D. Berdasarkan penelitian yang dimuat oleh National Institutes of Health, terdapat hubungan antara kekurangan vitamin D dengan gejala kelelahan. Selain itu, kadar vitamin D yang rendah juga berkaitan dengan kualitas tidur yang buruk, durasi tidur yang lebih pendek, dan waktu tidur yang tertunda. 

Berdasarkan penelitian kohort yang dilakukan pada lansia di Italia, didapatkan bahwa subyek dengan kelelahan menunjukkan tingkat vitamin D yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak kelelahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan langsung antara vitamin D dan kelelahan pada subjek yang lebih tua.

 

3.    Sakit tulang dan punggung


Nyeri tulang dan punggung bagian bawah mungkin merupakan gejala dari kadar vitamin D yang tidak tercukupi. Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang Anda dengan meningkatkan penyerapan kalsium. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan radang sendi, nyeri otot, dan nyeri kronis.

 

4.    Depresi

Beberapa penelitian di National Institutes of Health, menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara depresi dengan kekurangan vitamin D. Hal ini berkaitan dengan vitamin D yang dapat memengaruhi hormon perasaan seperti serotonin dan dopamin, sehingga dapat memengaruhi suasana hati. 

 

5.    Terganggunya penyembuhan luka


Penyembuhan luka yang lambat setelah operasi atau cedera mungkin merupakan tanda bahwa kadar vitamin D Anda terlalu rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wound Healing Research Group, Division of Plastic and Reconstructive Surgery, University of Alberta, diketahui bahwa vitamin D meningkatkan produksi senyawa yang penting untuk membentuk kulit baru sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam meredakan peradangan dan mengatasi infeksi.

 

6.    Pengeroposan tulang

Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang. Kepadatan mineral tulang yang rendah merupakan indikasi bahwa tulang Anda telah kehilangan kalsium dan mineral lainnya yang dapat meningkatkan risiko patah tulang. 

Baca Juga : 5 Langkah Cegah Osteoporosis bagi Wanita 

 

7.    Rambut rontok

Rambut rontok telah menjadi masalah umum di masyarakat. Penyebab umumnya kerontokan rambut adalah terkena stres. Namun, kerontokan rambut yang parah dapat disebabkan oleh penyakit atau kekurangan nutrisi seperti kurang vitamin D.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Rambut Rontok dengan Benar dan Aman 

 

8.    Nyeri otot

Reseptor vitamin D hadir dalam sel saraf yang disebut nosiseptor dan berfungsi dalam merasakan nyeri. Mereka yang didiagnosis menderita radang sendi atau fibromyalgia mungkin sebenarnya tidak memiliki vitamin D yang cukup karena kekurangannya dapat menyebabkan sendi dan otot terasa sakit. 

Tanda dan gejala kekurangan vitamin D dapat disebabkan oleh beberapa masalah atau kondisi kesehatan yang berbeda. Apabila Anda merasakan beberapa tanda dan gejala yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera hubungi dokter atau datang ke fasilitas kesehatan terdekat dan melakukan tes darah terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda benar-benar kekurangan vitamin D atau tidak.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai tanda kekurangan vitamin D dan masalah kesehatan lainnya. Segera log in ke daya.id dan manfaatkan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS