Dirilis

15 Desember 2020

Penulis

Oky Setiarso

Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun bidara dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terdapat beberapa penelitian yang sudah meneliti tentang tumbuhan bidara ini. Penelitian-penelitian tersebut menyatakan bahwa hampir semua bagian dari pohon bidara memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berbagai senyawa terkandung didalam daun bidara ini, seperti senyawa saponin, glikosida, alkaloid, flavonoid, serta minyak atsiri. Ada juga sifat antioksidan dan berbagai manfaat daun bidara lainnya.

Manfaat Daun Bidara

Daun bidara ini berbentuk bulat panjang. Ada berbagai manfaat daun bidara yang sangat berguna untuk kesehatan. Berdasarkan jurnal Internasional kesehatan PLOS ONE maka berikut beberapa manfaatnya:

  1. Mampu Mempercepat Penyembuhan Luka

Untuk manfaat daun bidara yang pertama yaitu, terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Karena daun bidara sendiri memiliki sifat inflamasi dan juga antibakteri yang mampu membantu proses penyembuhan luka, misalnya seperti luka lecet, sayatan, ataupun goresan.

Selain itu, daun bidara juga memiliki kandungan glikosida yang dikenal dapat membantu proses penyembuhan luka bakar dan juga dapat menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daum bidara yang satu ini berasal dari kemampuan daun bidara yang dapat mempercepat regenerasi kulit.

  1. Bagus untuk Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara yang selanjutnya yaitu baik untuk sistem pencernaan. Untuk cara mengkonsumsinya kamu bisa merebus daun bidara ini, atau kamu bisa langsung makan buahnya, dan kamu juga bisa mengkonsumsi teh daun bidara. Selain itu daun bidara juga mampu mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam pencernaan. Dengan begitu tentu saja, dapat mencegah terjadinya infeksi pada pencernaan, serta bisa berperan untuk mengecilkan perut dalam proses penurunan berat badan karena melancarkan pencernaan kita.

  1. Dapat Menurunkan Resiko Diabetes


Daun bidara juga dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Untuk khasiat yang satu ini bisa kamu dapatkan jika kamu mengkonsumsi air rebusan daun bidara secara rutin. Meskipun begitu, selain mengkonsumsi air rebusan daun bidara, Anda juga harus mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat untuk dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh.

  1. Untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat daun bidara yang satu ini sepertinya cocok untuk kalian yang jenuh dengan wajah yang berjerawat. Untuk caranya, tidak sama seperti sebelumnya, bukan dengan cara direbus, melainkan daun bidara dijadikan sebagai masker. Daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang mampu dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

Khasiat daun bidara yang lain untuk kecantikan yaitu mampu membantu meremajakan kulit dan juga dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Lalu, jika Anda kehabisan pembersih wajah, Anda bisa menggunakan daun bidara ini sebagai pengganti pembersih wajah.

  1. Mampu Mengobati Wasir

Daun bidara ini juga dapat mengobati wasir. Mungkin penyakit wasir ini bukanlah penyakit yang mematikan, tapi tetap saja dapat mengganggu segala aktivitas penderitanya. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan daun bidara ini sebagai pengobatan wasir. Caranya dengan minum air rebusan daun bidara secara rutin atau Anda juga bisa mengaplikasikan daun bidara langsung ke anus Anda.

Masih banyak manfaat daun bidara lainnya yang dapat Anda rasakan. Misalnya untuk perawatan rambut, menghilangkan bakteri, dan masih banyak lagi. Untuk informasi yang lebih lengkap seputar nilai gizi dan penggunaan daun bidara, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu, konsumsi daun ini dan manfaatnya bisa lebih maksimal.

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat berbagai bahan makanan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat berbagai bahan makanan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS