Dirilis

13 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Jangan sepelekan manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh, meskipun makanan tersebut sering dianggap murahan. Meskipun harganya murah, nyatanya ubi jalar sangat kaya manfaat yang tidak bisa dianggap remeh. Bahkan ubi jalar sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki riwayat sakit diabetes dan jantung juga obesitas. 


Di dalam ubi jalar sendiri terkandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, serat, beta karoten, dan kolin. Jumlah kalori yang ada di dalam ubi jalar juga tergolong rendah. Sehingga membuat ubi jalar bagus untuk Anda yang sedang menjalani program diet. 

 

Manfaat Makan Ubi Jalar bagi Kesehatan


Dilansir dari laman Everyday Health, inilah berbagai manfaat dari ubi jalar yang baik untuk kesehatan:

 

1. Mencegah Penyakit Kanker

manfaat ubi jalar untuk mencegah kanker
Bisa dikatakan hingga saat ini kanker adalah penyakit yang paling ditakuti karena angka kematiannya cukup tinggi. Jumlah penderita kanker yang meninggal jauh di atas mereka yang dinyatakan sembuh. Penyakit kanker juga belum ditemukan obatnya secara pasti namun sedihnya semua orang berpotensi mengidapnya. 

Jadi tidak ada pilihan yang tepat selain menjaga tubuh dari risiko terkena kanker dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Tahukah Anda bahwa ternyata ubi jalar memiliki manfaat anti kanker. Semua itu disebabkan karena adanya beta karoten di dalam ubi jalar terutama yang warnanya oranye. Beta karoten inilah yang berfungsi sebagai agen penangkal dan pencegah risiko kanker.

 

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kalau Anda sering bermasalah dengan BAB seperti sembelit misalnya makan saja ubi jalar. Kandungan seratnya sangat baik dalam membantu proses pencernaan makanan termasuk mengatasi sembelit yang Anda alami. Jangan biarkan Anda mengalami susah BAB dalam waktu lama karena bisa memicu terjadinya gangguan lainnya seperti kanker usus.

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat ubi jalar untuk kekebalan tubuh
Kalau bicara tentang makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pasti orang menyebutkan jeruk, apel dan jenis buah lainnya. Padahal ubi jalar juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sudah disebutkan di atas bahwa ubi jalar mengandung beta karoten yang mampu menangkal kanker. Ternyata beta karoten yang bekerjasama dengan vitamin C di dalam ubi jalar ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Beta karoten dan vitamin C akan menghasilkan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan.

 

4. Mengontrol Gula Darah

Mengapa ubi jalar dikatakan bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Menurut hasil penelitian diketahui bahwa makan ubi jalar akan membantu kadar gula darah di dalam tubuh menjadi menurun. Itu semua terjadi karena ubi jalar mampu mengurangi resistensi sel pada insulin. 

Makan ubi jalar juga membantu penderita diabetes untuk menurunkan HbA1c di dalam darah. Perlu Anda ketahui bahwa penderita diabetes akan mengalami peningkatan kadar HBA1c tersebut.

 

5. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang normal akan lebih sehat bagi tubuh karena tidak menimbulkan komplikasi penyakit lainnya. Dibandingkan dengan kasus darah rendah memang tekanan darah tinggi lebih berbahaya.
Namun Anda bisa mengontrol tekanan darah dengan konsumsi ubi jalar. Makan ubi jalar membantu tubuh Anda mendapatkan asupan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Namun disarankan untuk tidak menambahkan garam pada saat merebusnya.

 

6. Menjaga Kesehatan Mata

Beta karoten yang ada pada ubi jalar selain bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh juga baik bagi kesehatan mata. Beta karoten di dalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat ubi jalar yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut mulai dari untuk pencernaan, kekebalan tubuh, bahkan hingga untuk penyakit kanker. Mulai sekarang, Anda bisa mengonsumsi ubi jalar sebagai bagian dari menu harian Anda, agar mendapatkan berbagai manfaat tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar nilai gizi dan manfaat dari ubi jalar selengkapnya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS