Dirilis

14 Desember 2020

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu jenis beras yang juga banyak orang tahu adalah beras merah. Manfaat beras merah selain sebagai sumber karbohidrat, beras merah juga mengandung banyak serat jika dibandingkan dengan gula. Jadi bisa dibilang beras merah ini cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin mencoba gaya hidup sehat.

Manfaat Beras Merah untuk Anak dan Orang Dewasa

Berbicara tentang manfaat beras merah, mungkin tidak akan ada habisnya. Sekitar 95% kandungan yang dimiliki oleh beras merah terdiri dari mineral dan juga serat. Beras merah ini luarnya berwarna merah dan dalamnya berwarna putih. Bagian yang berwarna putih ini merupakan tempat sumber protein dan karbohidrat. Berdasarkan jurnal Internasional Health Benefits Times, maka berikut manfaatnya!

1.   Sebagai Sumber Alami Vitamin B6

Dengan Anda mengkonsumsi beras merah secara rutin, maka dapat memenuhi 23% kebutuhan vitamin B6 harian. Jumlah tersebut dapat membantu organ-organ dalam tubuh Anda berfungsi secara optimal. Selain itu, vitamin B6 yang terkandung di dalam beras merah juga mampu menyeimbangkan pertumbuhan serotonin, atau lebih tepatnya sel darah merah yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan DNA.

2.   Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat beras merah selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan dalam beras merah memiliki komponen aktif yang bernama monacolin K. Sifat dari komponen tersebut mirip dengan kandungan lovastatin yang biasanya digunakan sebagai obat penurun kolesterol.

Walaupun begitu, beras merah bukan lah pengganti mutlak dari kandungan lovastatin tersebut ya. Jika dilansir dari Health Benefit Times the United States Food and Drug Administration.

3.   Sangat Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat beras merah ternyata juga baik untuk tulang. Hal ini sangat penting untuk anak-anak dan para lansia. Pada beras merah mengandung magnesium, yaitu nutrisi penting yang dapat digunakan untuk menutrisi kepadatan tulang yang rendah. Selain itu dengan Anda mengkonsumsi beras merah juga mampu mengurangi munculnya nyeri sendi serta dapat mencegah munculnya pengapuran yang merupakan penyebab terjadinya osteoporosis.

4.   Mengandung Banyak Serat

Jika dibandingkan dengan beras putih yang lebih banyak mengandung karbohidrat. Tentu berbeda dengan beras merah. Karena beras merah tergolong sebagai tumbuhan biji-bijian, jadi lebih banyak mengandung serat. Jika dihitung, sekitar seperempat cangkir beras merah sama dengan 2 gram serat. Itu tandanya sekitar 8 persen dari kebutuhan serat harian orang dewasa. Selain itu, beras merah juga banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

5.   Dapat Membantu Mengatasi Asma dan  Mempercepat Proses Pemulihan Luka

Banyak yang kaget kan kalau ternyata manfaat beras merah mampu mengatasi penyakit asma. Beras merah merupakan salah satu sumber makanan yang banyak terkandung mineral di dalamnya. Dengan mineral ini lah dapat mengatur pola pernapasan agar ritme pernapasan menjadi normal.

Jadi untuk kalian pengidap asma, akan sangat baik jika mengkonsumsi beras merah ini. Tapi sebelum mengkonsumsinya, lebih baik kamu berkonsultasi dulu kepada dokter. Untuk mengecek apakah badanmu terdapat reaksi alergi pada beras merah atau tidak.  Selain itu, dengan konsumsi beras merah, pemulihan luka bisa berlangsung lebih cepat. Karena pada beras merah terdapat kandungan seng yang bisa membantu proses penyembuhan luka.

Itulah beberapa manfaat beras merah untuk anak-anak dan orang dewasa. Tidak ada salahnya mencoba beras merah ini karena sama enaknya dengan beras putih, sekaligus kaya akan manfaat. Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat dari berbagai bahan makanan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS