Dirilis

13 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pernahkah Anda mendengar buah jamblang? Meski cukup asing di telinga, ternyata ada banyak sekali manfaat buah jamblang yang jarang diketahui orang loh! Buah jamblang sendiri memiliki bentuk yang menyerupai anggur namun sedikit lonjong dan memiliki rasa sepat dengan sedikit masam yang khas. Warna buah yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini adalah hitam dengan sedikit keunguan. 

Di beberapa daerah jamblang dikenal dengan nama yang beragam, seperti buah duwet, jamun, jambul, java plum, atau black plum. Untuk mengkonsumsi buah ini, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi manisan yang segar. Dibalik rasanya yang sepat dan masam, ada berbagai manfaat buah jamblang yang sayang untuk dilewatkan.

Sederet Manfaat Buah Jamblang Buah yang Cukup Langka

Lalu, apa saja manfaat dari buah jamblang tersebut? Berikut deretan manfaat buah jamblang dilansir dari website KlikDokter - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: 

1. Meningkatkan Kinerja pada Saluran Kandung Kemih dan Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

manfaat buah jamblang untuk penyembuhan luka
Manfaat yang pertama untuk kesehatan dari buah ini adalah meningkatkan kinerja yang terdapat pada saluran kandung kemih. Hal itu disebabkan oleh kandungan asam galat yang terdapat di buah jamblang tersebut. Selain meningkatkan kinerja kandung kemih, buah jamblang juga bisa membantu proses penyembuhan luka pada manusia. Kandungan lainnya yang ada di buah jamblang ini adalah glukosida. Senyawa ini bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan yang terjadi pada luka robek atau bisa juga luka bakar.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah jamblang juga mengandung tanin, manfaat dari senyawa ini adalah membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Selain itu, buah jamblang juga mengandung 1,5-2 miligram zat besi, 16 miligram kalsium, 36 miligram magnesium, dan 16,7 miligram fosfor. Kandungan itulah yang memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan gigi dan juga tulang. 

3. Menurunkan Risiko Anemia dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Resiko anemia juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi buah jamblang. Kandungan zat besi yang terdapat pada buah jamblang juga memiliki peran dalam proses terbentuknya sel darah merah. Maka Anda bisa terhindar dari risiko kurang darah atau anemia. Di dalam buah jamblang juga terkandung oleanolic. Zat oleanolic ini mampu menjaga kadar gula supaya tak meningkat. Itulah sebabnya buah jamblang baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes.

4. Membantu Memperlancar Pencernaan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat buah jamblang untuk daya tahan tubuh
Kandungan serat pada buah jamblang juga cukup tinggi. Apalagi jika Anda mengkonsumsi buah ini dengan teratur makan buah ini akan mampu mengatasi adanya konstipasi atau gangguan pada usus, sembelit, mual, disentri dan juga diare. Masih ada juga kandungan vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Maka dengan mengkonsumsi buah ini dengan teratur maka hal itu bisa melindungi tubuh dari segala penyakit seperti infeksi, asma, pilek dan penyakit menular.

5. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi juga bisa ditingkatkan dengan buah jamblang. Buah yang satu ini sering diolah kembali dan diambil ekstraknya supaya lebih mudah dikonsumsi. Ekstrak dari buah jamblang ini Bisa mengatasi radang yang terjadi di gusi.

Nah, itulah beberapa manfaat buah jamblang yang masih jarang diktahui. Meski cukup sulit ditemui nyatanya buah jamblang menyimpan segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu, jika Anda menemukan buah ini jangan lupa untuk mengkonsumsinya ya! Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar nilai gizi yang ada di buah jamblang atau berbagai jenis buah lain. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS