Dirilis

02 Desember 2020

Manfaat kencur untuk kesehatan tubuh memang sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, manfaat dari kencur juga bisa dirasakan untuk kecantikan. 

Rempah yang memiliki nama latin Kaempferia galanga L ini juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang bisa ditanam di rumah. Tidak heran jika sangat mudah untuk menemukan kencur. 

Berdasarkan jurnal Internasional dari Plants Journal dan PhytoJournal, maka berikut beberapa manfaat kencur.

1. Dapat Mengobati Diare

Kencur bisa menjadi salah satu rempah yang berguna untuk mengobati diare. Kandungan sitotoksik dan antibakteri pada kencur mampu membasmi bakteri jahat penyebab diare ini. Bahkan hal ini juga telah dibuktikan dari penelitian yang telah dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.

2. Untuk Menyembuhkan Batuk

Jika Anda ataupun keluarga terserang batuk, terutama batuk berdahak, sebaiknya jangan langsung minum obat-obatan yang berbahan kimia. Memang bisa menyembuhkan, tapi tentu ada efek sampingnya. Lebih baik Anda mengkonsumsi bahan alami seperti kencur ini. 

Cara mengkonsumsi kencur sebagai obat batuk yaitu Anda haluskan dulu kencurnya, lalu campurkan dengan satu sendok teh kencur tadi dengan garam. Setelah itu langsung saja Anda telan, dan tunggu manfaatnya bekerja.

3. Mampu Mencegah Kanker Lambung

Manfaat kencur yang sangat luar biasa yaitu mampu mencegah datangnya kanker, terutama kanker lambung. Kanker lambung disebabkan oleh bakteri pylori. Bakteri ini mampu mengubah urea menjadi amonia, serta menggali dinding lambung untuk bertahan hidup. Akibatnya dinding usus akan meradang, untuk mengobati atau mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi sari kencur yang dicampurkan dengan air panas. Kemudian Anda rasakan manfaatnya. 

4. Sebagai Pereda Nyeri

Ini merupakan salah satu manfaat kencur yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Yaitu mampu meredakan nyeri dan juga pegal-pegal pada tubuh. Anda bisa mencampurkan sari kencur dengan madu, maka nyeri sendi, nyeri kepala, nyeri dada, nyeri pinggang, bahkan encok bisa segera diatasi.

Selain dengan cara diminum, kencur juga bisa dibalurkan ke badan yang sakit atau pegal-pegal. Untuk para wanita yang sedang haid juga biasanya sering mengkonsumsi kencur untuk pereda nyeri haid.

5. Mampu Menghilangkan Jerawat

Selain untuk kesehatan, manfaat kencur ini juga sangat berguna untuk kecantikan. Salah satunya yaitu mampu menghilangkan jerawat. Kabar bagus nih untuk para pria atau wanita yang suka tidak percaya diri karena jerawat. Dari pada pakai krim-krim yang belum tahu kandungannya, lebih baik menggunakan kencur yang jauh lebih aman.

Anda tinggal menghaluskan kencur lalu oleskan ke wajah Anda. Diamkanlah selama beberapa menit baru setelah itu Anda bilas dengan air bersih. Pakailah masker wajah ini secara rutin, supaya lebih jelas terlihat perubahannya.

6. Bisa Mencerahkan Wajah

Tidak hanya jerawat yang bisa dihilangkan, tapi juga sekaligus mampu mencerahkan wajah. Zaman sekarang banyak yang mengidam-idamkan wajah glowing. Sebelum membayar banyak untuk segala jenis perawatan, sebaiknya dimulai dari yang murah dan mudah, yaitu dengan menggunakan kencur. 

Caranya sama seperti yang tadi, Anda bisa melakukannya setiap malam setelah melakukan berbagai aktivitas. Jika ingin lebih maksimal lagi, Anda bisa menambahkan bahan yang mengandung vitamin C, seperti lemon atau jeruk nipis.

7. Membuat Kulit Lebih Halus

Khususnya untuk para wanita yang ingin memiliki kulit yang halus, tidak ada salahnya Anda mencoba kencur ini. Anda tinggal menghaluskan kencur, lalu balurkan ke seluruh badan. Lakukanlah selama 2 atau 3 hari sekali, kulit akan terasa lebih halus, sehat, dan cantik. Mungkin dalam sehari setelah pemakaian akan membekas warna kuning di tubuh, tapi lama kelamaan akan hilang dan tubuh terasa lebih cerah.

Itulah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk masakan saja, tapi manfaatnya juga sampai ke kesehatan kita. Tidak ada salahnya Anda mencoba, selain murah, juga mudah untuk didapatkan. Untuk penggunaan kunyit sebagai obat-obatan rutin, Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter



Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat berbagai rempah-rempah lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS