Dirilis

15 Januari 2021

Ada kabar gembira untuk kita semua, ternyata tak hanya kulitnya saja, namun manfaat buah manggis juga bisa diperoleh dari dagingnya dan akan sangat berguna bagi kesehatan kita. Dibalik rasanya yang manis dan asam, beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, dipercaya dapat membawa dampak baik bagi kondisi tubuh kita. Kira-kira apa saja manfaat buah manggis yang bisa kita rasakan tersebut?

Sejumlah Manfaat Buah Manggis yang Baik untuk Kesehatan

Seperti dilansir dari Dokter Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berdasarkan kandungannya buah manggis memiliki bermacam kegunaan, seperti:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C, serat dan xanthones pada buah yang satu ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Buah manggis juga dipercaya memiliki senyawa dengan sifat antibakteri, sehingga jika mengkonsumsinya tubuh akan lebih kuat melawan infeksi.

2. Bantu Menurunkan Berat Badan

Buah manggis cocok untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Orang yang mengkonsumsi buah ini dua kali sehari, dipercaya memiliki index massa tubuh yang lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh manggis yang memiliki zat anti peradangan sehingga dapat meningkatkan metabolisme lemak.

3. Mengatasi Radang Sendi

Selain dapat meningkatkan imunitas, kandungan vitamin C dan anti radang pada buah manggis juga diyakini dapat meredakan radang sendi, meski untuk hal ini harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

4. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat buah manggis lainnya adalah mengontrol kadar gula darah. Serat dan xanthones yang ada pada buahnya bahkan mampu menstabilkan gula dalam darah tersebut, walaupun penelitiannya harus dilakukan lebih lanjut. Namun, apabila kadar gula darah tidak kunjung turun dan membaik, maka akan sangat disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Agar bisa didapatkan penanganan dan pengobatan yang lebih baik. 

5. Mencegah Kanker

Selain sebagai antiradang, manfaat buah manggis lainnya adalah dipercaya mampu mencegah penyakit kanker. Zat xanthones pada kandungannya bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mencegah perkembangan serta penyebaran sel kanker di payudara, perut juga paru-paru.

Cara Mengkonsumsi Manggis

Biasanya menikmati manggis bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buahnya langsung maupun diolah menjadi jus manggis. Namun selain itu, ada pula cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi kulit manggis. Ternyata, zat Xanthone  yang sering disebutkan di atas, tak hanya terdapat pada daging, namun juga kulitnya.

Dikutip dari hasil penelitian Litbang Pertanian, ada beberapa cara mengolah kulit manggis, seperti:

1. Dibuat Teh Herbal

  1. Bersihkan kulit manggis
  2. Potong-potong kulit manggis tersebut
  3. Rebus di air mendidih

Air rebusan tersebut lalu dikonsumsi sebagai teh herbal. Bisa juga ditambahkan gula batu atau madu agar lebih nikmat.  Alternatif cara lainnya adalah dengan menuangkan air pada potongan kulit manggis yang sudah bersih dan menunggu beberapa saat hingga berubah warna.

2. Diolah Menjadi Jus

  1. Kerok bagian dalam kulit manggis yang berwarna merah keunguan dan bertekstur tidak keras
  2. Tambahkan air
  3. Blender
  4. Setelah selesai, sebaiknya segera dikonsumsi

3. Menjadi Bubuk atau Ekstrak Kulit Manggis

Ekstrak kulit manggis memang dapat bertahan lebih lama dan praktis jika ingin dikonsumsi. Cara mengolahnya ada dua, yaitu:

  1. Cara basah: prosesnya sama seperti membuat jus lalu ditambahkan bahan kimia bernama maltodekstrin dan diproses menggunakan mesin spray drying.
  2. Cara kering: dengan membersihkan kulit manggis segar, jemur di tempat yang terik tanpa polusi, haluskan dengan cara digiling atau diblender

Sederet manfaat buah manggis serta cara mengkonsumsi buah juga mengolah kulitnya telah diulas. Diharapkan dengan informasi ini, para pembaca bisa lebih paham dan tahu perihal manfaat dari buah manggis yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat atau nutrisi bahan makanan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS