Dirilis

24 Januari 2021

Penulis

Driete

Selain sangat familiar untuk dikonsumsi, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat kol untuk kesehatan? Sayur kol merupakan salah satu jenis tanaman sayuran berdaun hijau atau ungu, dan ia pun masuk ke dalam jenis Brassica Oleracea. Ada banyak manfaat kol yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsinya. Sayur kol juga masih berhubungan dengan sayuran kembang kol, brokoli, dan juga sayur kale.

Manfaat sayur kol tidak terlepas dari kandungannya yang berupa vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, protein, mangan, karbohidrat, serat, kalsium, dan masih banyak lagi. Bahkan jika Anda mengkonsumsi 50 gram kol yang sudah dimasak, itu sudah memenuhi sekitar 54% vitamin C yang dibutuhkan tubuh per harinya loh.

 

Manfaat Kol untuk Kesehatan Pria dan Wanita


Dilansir dari jurnal kesehatan National Center for Biotechnology Information dan Healthline, inilah beberapa manfaat sayur kol:

 

1. Dapat Mencegah Kanker

Manfaat kol yang pertama yaitu, mampu mencegah penyakit kanker. Hal ini karena kol mengandung senyawa antikanker sulforaphane yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Sulforaphane ini mampu menghambat enzim berbahaya yang membantu proses berkembangnya sel kanker.

Selain itu, di dalam kol juga mengandung antioksidan yang baik. Jika seseorang mengkonsumsi kol atau sayuran sejenisnya, maka hal itu dapat menunda atau menghambat berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, pankreas, dan juga kanker kolorektal.


 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan polifenol dan anthocyanin yang terdapat didalam kol mampu menekan munculnya peradangan yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan tersebut bekerja dengan cara menumpukkan platelet dan mengurangi tekanan darah. Selain itu, juga terdapat manfaat kol yang lainnya.

Kandungan serat larut air dan zat fitosterol dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Hasil yang dilakukan oleh beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi 2 sampai 10 gram serat larut air maka pada setiap harinya mereka akan mengalami sedikit penurunan kadar kolesterol. Namun, akan tetap dianjurkan bagi penderita kolesterol untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli gizi sebelum mengkonsumsi kol.

 

3. Mampu Meredakan Peradangan

Berbagai macam kandungan antioksidan di dalam kol tampaknya sangat berkaitan dengan manfaat kol yang satu ini, yaitu dapat meredakan peradangan. Entah itu peradangan yang bersifat akut ataupun yang bersifat kronis. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi sayuran, seperti kol misalnya, maka orang tersebut akan jarang mengalami peradangan dibandingkan orang yang tidak rutin mengkonsumsi sayuran.

 

4. Baik untuk Kekebalan Tubuh & Sistem Pencernaan

Kol yang difermentasi bukan berarti busuk, tapi ternyata juga dapat memberikan manfaatnya. Dengan mengkonsumsi kon yang telah difermentasi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga sistem pencernaan. Selain itu, berbagai vitamin dan juga mineral justru akan lebih mudah terserap tubuh karena bakteri baik hasil fermentasi tersebut. Manfaat kol lainnya yaitu, pada kandungan serat dan airnya mampu membantu mencegah munculnya sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

5. Melindungi Tubuh dari Efek Samping Terapi Radiasi

Untuk manfaat kol yang lain, salah satunya mampu melindungi tubuh dari efek samping yang dihasilkan oleh terapi radiasi. Namun untuk kepastian dari manfaat kol yang satu ini, masih perlu dilakukan beberapa penelitian lagi untuk membuktikan klaim manfaat kol tersebut.
 

Itulah beberapa manfaat kol untuk pria dan wanita yang sangat menyehatkan. Tapi perlu diingat, olahlah sayuran ini dengan sebaik mungkin, lebih baik direbus atau dikukus, atau Anda bisa makannya secara mentah untuk dijadikan lalapan. Untuk informasi lain terkait tips kesehatan maupun seputar penyakit lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan dan gaya hidup sehat bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id!

Sumber:

Dikutip dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS