Dirilis

17 November 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Hampir sebagian besar orang di dunia menganggap bahwa HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menular. Tidak jarang penderita HIV/AIDS di sekitar kita dikucilkan karena takut tertular virus berbahaya tersebut. Tapi betulkah HIV/AIDS berbahaya dan dapat menular?

 

Baca Juga: Deteksi Dini Kanker Serviks


Banyaknya mitos mengenai HIV/AIDS yang beredar di masyarakat membuat masyarakat merasa takut berada di sekitar orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

 

HIV (Human Immunodeficiency Virus) menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak kuat lagi melawan infeksi berbagai penyakit. HIV dapat ditularkan lewat cairan tubuh individu yang terinfeksi virus melalui berbagai aktivitas seperti transfusi darah, penggunaan jarum suntik, seks oral, dan sebagainya. 

Tahapan akhir dari serangan HIV adalah AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) dimana tubuh sama sekali tidak mampu melawan serangan penyakit. Meskipun demikian, berkat perkembangan ilmu kedokteran tidak semua orang yang terserang HIV akan mengalami AIDS, namun sudah dipastikan di dalam tubuhnya terdapat banyak virus yang kapan saja dapat ditularkan.


 

Mitos dan Fakta HIV/AIDS

Tidak semua opini mengenai HIV/AIDS dapat dibuktikan dengan benar. Mari luruskan beberapa berita mengenai HIV/AIDS yang sering kita dengar di masyarakat:

  • Penularan HIV/AIDS dapat terjadi jika menggunakan alat makan dan WC yang sama dengan ODHA. Hal ini tentu saja tidak benar, sebab penggunaan alat makan dan WC yang sama tidak menyebabkan terjadinya pertukaran cairan.
  • Penularan HIV/AIDS dapat terjadi melalui gigitan nyamuk. Hal ini tentu saja tidak benar, sebab virus ini hanya mampu hidup dalam cairan tubuh manusia. 
  • Penularan HIV/AIDS dapat terjadi melalui karena berpelukan atau berjabat tangan dengan ODHA. Hal ini tidak sepenuhnya benar sebab tidak terjadi pertukaran cairan saat berpelukan atau berjabat tangan. Namun perlu Anda perhatikan adanya luka yang belum kering sehingga berpotensi menyebabkan pertukaran cairan tubuh.
  • Penularan HIV/AIDS dapat terjadi di kolam renang. Hal ini tidak benar sebab virus tersebut tidak dapat hidup di luar tubuh manusia. Meskipun sangat mudah ditularkan, HIV sangat mudah mengalami kerusakan jika terlalu lama berada di luar tubuh manusia.


Sudah jelas bukan, tidak semua yang kita percaya selama ini dapat dibuktikan kebenarannya? Tetap waspadai lingkungan sekitar Anda, dan berikan dukungan terbaik Anda untuk ODHA.

 

Jika Anda butuh penjelasan lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan dokter di fitur Tanya Ahli

 

Anda juga bisa membacanya artikel dan video kesehatan lainnya di daya.id. Dengan mendaftar di daya.id semua informasi terkait kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

0.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS