Dirilis

29 Juli 2019

Penulis

Tim Daya Sehat Sejahtera

Tren gaya hidup sehat dan merebaknya budaya olahraga disambut baik oleh masyarakat. Hal ini memicu sebagian besar orang berlomba-lomba untuk merubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat, baik itu melalui pola makan sehat ataupun melakukan aktivitas sehat. Dengan melakukan healthy lifestyle, seseorang merasa lebih prestise dan diakui di dalam komunitas.

Selain menjaga pola makan, salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah rutin berolahraga. Namun karena beberapa hal, Anda mungkin terpaksa melewatkan olahraga untuk waktu yang lama. Misalnya karena sakit atau tidak bisa menemukan waktu senggang di tengah kesibukan.

Menyoal kesibukan, sebenarnya ada beberapa olahraga ringan yang bisa Anda coba di kantor. Misalnya berjalan kaki dan berkunjung ke rekan kerja di lantai yang berbeda.


Dampak Berhenti Berolahraga

Rutin berolahraga setiap hari berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara energi yang masuk dan yang dikeluarkan tubuh. Orang dewasa dianjurkan untuk berolahraga dengan intensitas sedang setidaknya selama 150 menit dalam seminggu atau olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit seminggu. Namun, ada dampak yang harus diterima tubuh saat Anda berhenti berolahraga begitu saja. Apa saja yang terjadi saat tubuh kurang berolahraga?

1. Berat Badan Naik

Malas bergerak nyatanya bisa membuat lemak dalam tubuh terus menumpuk dan pada akhirnya akan membuat berat badan naik. Hal itu terjadi karena tidak adanya keseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar dari tubuh.
Selain itu, tidak berolahraga cenderung membuat Anda memiliki pola makan yang buruk pula. Salah satunya adalah dorongan untuk selalu mengonsumsi makanan cepat saji dan lebih terasa lezat, meski mungkin akan memiliki dampak buruk pada tubuh. Sebaliknya, saat Anda rutin berolahraga, biasanya akan lebih menjaga pola makan dan menjalani pola hidup yang sehat pula.

2. Metabolisme Melambat

Kurang berolahraga bisa menurunkan kecepatan metabolisme dalam tubuh. Padahal, metabolisme yang berjalan lambat bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami peningkatan berat badan, bahkan obesitas yang bisa mengundang dan meningkatkan risiko penyakit lainnya.

3. Insomnia

Kurang berolahraga bisa memicu insomnia atau gangguan tidur. Sebab, tubuh yang jarang bergerak menyimpan banyak energi sehingga membuat Anda bisa terjaga sepanjang malam. Selain itu, seseorang yang tidak berolahraga pun cenderung sulit tidur nyenyak dan tetap merasa lelah saat bangun di pagi hari.

4. Mudah Lelah

Banyak orang yang melewatkan olahraga dengan alasan “enggak mau capek”, tapi ternyata tidak berolahraga malah lebih mudah membuat tubuh merasa lelah, lho. Orang yang kurang berolahraga biasanya akan lebih mudah merasa lelah, bahkan saat melakukan aktivitas kecil sekali pun. Pasalnya, jarang mengolah tubuh bisa membuat lemah dan tidak terlatih, sehingga kegiatan kecil saja sudah terasa sangat melelahkan. Selain itu, kurang berolahraga juga bisa membuat tulang melemah. Hal ini bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

5. Gula Darah Naik dan Hipertensi  

Dampak buruk yang bisa terjadi saat tidak berolahraga adalah naiknya kadar gula dalam darah yang bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Sebab, otot dan jaringan lain tidak bekerja secara maksimal, bahkan tidak bisa menyerap gula untuk energi. Akibatnya, gula darah akan melonjak tajam setelah lima hari tidak berolahraga.

Jarang olahraga juga bisa memicu tekanan darah tinggi alias hipertensi. Tidak berolahraga membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan pada gilirannya bisa memicu penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan ginjal. Silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran olahraga  untuk saran lebih lanjut.

Jadi, apakah Anda akan tetap bermalas-malasan olahraga? Olahraga untuk investasi masa tua lho.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS