Dirilis

10 Mei 2022

Penulis

dr. Sanny Yanisyah

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang sering terjadi pada anak. Asma merupakan penyakit yang timbul akibat terjadinya peradangan dan penyempitan pada saluran napas, sehingga aliran udara yang melalui paru-paru tidak maksimal sebagaimana mestinya. 

Ketika seseorang bernapas, udara akan masuk melalui hidung atau mulut, lalu turun ke tenggorokan, dan masuk ke cabang paru-paru (bronkus). Lalu udara keluar dari tubuh dengan arah yang berlawanan saat kita juga bernapas. 

Namun hal ini berbeda pada seseorang yang mengalami asma. Mukosa pada saluran udara membengkak dan terisi lendir, otot-otot di sekitar saluran udara juga mengencang dan menyebabkan saluran udara menjadi sempit. 

Baca: Kenali 7 Faktor Penyebab Asma yang Harus Diwaspadai

 

Pemicu Asma Pada Anak

Hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya asma pada anak disebut sebagai “pemicu”. Kondisi yang dapat memicu timbulnya asma pada anak disebabkan oleh berbagai faktor, yang paling sering yaitu atopi atau faktor keturunan, dimana dalam keluarga ada yang memiliki riwayat asma. Selain itu infeksi saluran pernapasan. Polusi udara juga dikenal sebagai pemicu terjadinya asma. 

Perbedaan asma yang dialami oleh anak-anak dan dewasa dapat dinilai dari konsistensi gejala yang dirasakan oleh penderita. Biasanya pada orang dewasa akan mengalami gejala asma lebih konsisten atau terus-menerus, sehingga memerlukan pengobatan rutin untuk mengatasinya. Sedangkan gejala asma yang dialami oleh anak cenderung tidak menentu. 

 

Gejala Asma Pada Anak

Berikut beberapa tanda-tanda atau gejala asma pada anak yang perlu dikenali oleh orang tua:

  1. Anak lebih sering batuk pada saat malam hari, namun jarang timbul pada siang hari
  2. Anak merasa tidak nyaman di bagian dada seperti diikat atau tertekan, terkadang diikuti dengan rasa nyeri bersifat ringan
  3. Anak mengeluarkan bunyi mengi saat bernafas atau terdengar seperti bunyi peluit
  4. Anak merasa sesak atau kesulitan bernafas terutama saat malam hari
  5. Anak tampak tidak bersemangat untuk bermain

 
Cara mengobati asma pada anak juga berbeda dengan penanganan pada orang dewasa. Anak-anak biasanya belum mampu mengatasi penyakitnya sendiri, terlebih pada anak yang masih balita. Berikut ini adalah beberapa cara dalam menangani asma pada anak yang dapat dilakukan oleh orang tua.

 

Menghindari Pemicu Asma

Langkah pertama dan paling penting adalah dengan mencegah anak terpapar oleh pemicu asmanya. Pemicu untuk setiap anak berbeda-beda, oleh sebab itu orang tua harus mengenali dengan baik pemicu tersebut. Beberapa pemicu asma yang umum dialami oleh anak-anak seperti bulu binatang (bulu kucing, anjing, dan lain-lain), debu, tungau, udara kotor, dan serbuk sari bunga. 

Orang tua sebaiknya harus memberi tahu kepada anak-anak untuk tidak mendekati sumber alergi. Selain itu orang tua juga harus membuat lingkungan yang baik untuk anak, dengan cara menjaga kebersihan, tidak menanam bunga yang menjadi pemicu alergi, dan tidak memelihara binatang apabila anak alergi terhadap bulu binatang.

 

Menyiapkan Obat Asma Untuk Anak

Pengobatan asma bertujuan untuk melebarkan saluran pernapasan, mengatasi proses peradangan, dan mengencerkan lendir. Jenis obat asma untuk anak terdiri atas reliever, yaitu obat-obatan untuk meredakan gejala asma ketika kambuh, dan controller, yaitu obat-obatan untuk mencegah kambuhnya gejala asma. Biasanya anak-anak akan diberikan obat dalam bentuk hirup seperti inhaler atau nebulizer.

 

Olahraga Teratur dan Diet Seimbang 

Olahraga teratur dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan mencegah terjadinya obesitas, yang akan membantu anak-anak dalam mengembangkan sistem pernapasan yang lebih sehat. Selain itu juga dengan diet seimbang dan tinggi nutrisi vitamin dapat membantu anak mengembangkan paru-paru yang sehat dan mengatur peradangan.

Baca Juga: Cara Mengobati Asma yang Kambuh di Tempat Umum
 

 

Penanganan Asma Dengan Bahan Herbal

Beberapa jenis herbal juga dipercaya dapat membantu menangani asma pada anak. Langkah perawatan herbal biasanya digunakan untuk pencegahan serangan asma yang berkelanjutan dan untuk mengendalikan asma. Berikut beberapa jenis perawatan herbal yang dikutip dari berbagai sumber.

 

1.    Jahe

Jahe adalah pengobatan alami yang dipercaya dapat membantu mengatasi asma. Cara kerja dari jahe yaitu dengan mengurangi peradangan pada saluran napas dan relaksasi otot-otot pernapasan. Jahe direbus dalam air hingga mendidih, lalu airnya dapat diminum dan uap nya dapat dihirup.

 

2.    Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung senyawa khusus yang bersifat dekongestan sehingga dapat membantu melegakan pernapasan pada penderita asma. Minyak kayu putih diberikan dengan cara mengoleskannya di bagian dada dan punggung. Cara lain yaitu dengan meneteskan 2 tetes minyak kayu putih kedalam semangkok air mendidih, lalu uapnya dihirup oleh anak.

 

3.    Madu

Madu sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi asma. Cara perawatannya dengan mengkonsumsi madu sebanyak satu sendok makan dan dapat diulang hingga tiga kali dalam sehari. Madu juga dapat dicampur dengan air minum dan dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari.

Itulah beberapa tips praktis untuk mengatasi asma pada Anak. Segera konsultasikan ke dokter atau tenaga medis jika kondisi asma pada anak tak kunjung membaik. Semoga bermanfaat. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait informasi penyakit asma lebih lanjut atau ingin berkonsultasi mengenai masalah kesehatan lainnya? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dan mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS