Dirilis

09 Mei 2022

Penulis

Muliany Istanto

Saat Anda menikmati libur yang cukup panjang bersama keluarga, Anda dapat merasa sangat rileks, dimana Anda dapat tidur larut malam dan bangun siang hari, serta tidak ada deadline pekerjaan yang harus dikejar. Semua dilalui dengan santai. 

Namun saat Anda menyadari bahwa tidak lama lagi Anda akan kembali ke dalam rutinitas pekerjaan, kadang muncul rasa malas dan tidak bersemangat. 

Wajar saja kok jika Anda merasakan hal itu. Yang penting, Anda mampu mengatasinya, agar Anda bersemangat saat mulai kembali bekerja.

Baca Juga: 4 Saran untuk Liburan Sehat 

 

Tips Bangun Semangat Sebelum Bekerja Kembali

Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat bersemangat saat mulai bekerja kembali: 

 

1.    Istirahat cukup 

Apabila Anda berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, pasti Anda akan merasa bahagia karena Anda menikmati hal di luar rutinitas. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tubuh Anda lelah. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan satu sampai dua hari bagi tubuh Anda untuk beristirahat sebelum kembali bekerja.

 

2.    Olahraga 


Olahraga dapat meningkatkan semangat Anda. Lakukan olahraga 10-30 menit di pagi hari agar tubuh terasa lebih segar dan siap untuk menghadapi hari. Olahraga pun dapat melepaskan hormon di dalam tubuh yang membuat Anda lebih bahagia dan menurunkan stres.

 

3.    Konsumsi makanan bergizi 

Setelah berolahraga, konsumsi makanan yang sehat, seperti kacang-kacangan, ikan, gandum, cokelat hitam, yogurt, dan pisang. Hindari porsi makan terlalu banyak, terutama karobohidrat berlebih, karena akan membuat Anda mudah mengantuk.

 

4.    Manjakan diri 

Tidak ada salahnya untuk memanjakan diri sebelum memulai hari yang padat. Nikmati secangkir kopi atau susu hangat, gunakan barang yang dibeli dari berlibur, dan berbagai hal lainnya yang dapat membuat Anda lebih bersemangat bekerja.

 

5.    Pikirkan hal positif 

Coba mulai untuk memikirkan hal-hal yang membahagiakan ketika Anda kembali bekerja, seperti bertemu dengan kolega, suasana kerja yang nyaman, bahkan produktifitas kerja yang akan membuat Anda mencapai berbagai mimpi Anda. 

 

6.    Datang ke kantor lebih awal 

Pastikan Anda menyiapkan barang keperluan kembali ke kantor pada malam sebelumnya untuk menghindari adanya barang yang tertinggal, dan datanglah ke kantor lebih awal. Hal ini kadang dilupakan oleh banyak orang. Padahal hal ini dapat membatu Anda untuk mulai mengerjakan pekerjaan yang tertunda dengan lebih santai, sebelum akhirnya jam kerja benar-benar dimulai. 

 

7.    Merapikan meja kerja

Meja yang rapi akan membuat Anda merasa lebih siap untuk bekerja dan lebih bersemangat. Selain rapi, pastikan juga meja Anda bersih.

 

8.    Membuat to-do list 

Setelah lama berlibur, tentunya perkejaan menjadi menumpuk, dan kadang membuat kita kebingungan karena semua serba penting. Untuk itu, penting untuk membuat to do list dan prioritas pekerjaan agar kita menjadi lebih fokus dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

Setelah Anda mengetahui dan melakukan 8 tips di atas, semoga Anda dapat bekerja dengan lebih semangat setelah kembali dari liburan panjang Anda. 

Namun, apabila Anda masih mengalami berbagai perasan negatif setelah berlibur, seperti sulit tidur, cemas, mudah lelah, perasaan sedih yang berkelanjutan, sulit berkonsentrasi, dan tidak bersemangat, mungkin Anda mengalami Post Holiday Blues

Kondisi ini dapat dikatakan normal, karena otak kita kaget dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan realita, sedangkan secara emosional kita masih terbiasa dengan situasi yang relaks. 

Jika Anda mengalami hal itu, cobalah beberapa langkah di bawah ini: 

 

1.    Lakukan berbagai aktivitas outdoor

Apabila Anda merasa terjebak dengan rutinitas, cobalah untuk melakukan aktivitas outdoor. Aktivitas ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan energi.

 

2.    Buat rencana kegiatan yang baru dan menyenangkan

Alihkan berbagai perasaan negatif ke berbagai kegiatan baru yang membutuhkan kreativitas atau keaktifan Anda. 

 

3.    Meminta bantuan profesional 

Apabila sudah mencoba berbagai cara namun berbagai perasaan negatif masih terus dirasakan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan profesional, seperti psikolog.

Selamat mencoba dan tetap semangat! Anda juga dapat berkonsultasi dengan mitra ahli tepercaya kami melalui fitur Tanya Ahli. Selain itu, untuk informasi lain terkait kesehatan, Anda bisa membacanya di daya.id. Dengan mendaftar di daya.id semua informasi terkait kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Wisnuwardhani, M.Psi.

Psikolog

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS