Dirikan Platform Digital Non-Profit Untuk Membantu Sesama

Dirilis

22 November 2022

Penulis

Annisa Hanan

Narasumber

Muhammad Vikri

Pekerjaan

Founder Platform bukadonasi.com

Berawal dari niat membagikan sepotong roti, Muhammad Vikri mengubah pandangannya terhadap definisi kaya. Apa maksudnya, dan bagaimana kisahnya?

Sejak SMA, Vikri menyukai bidang sosial, ia bertekad ingin menjadi orang yang bermanfaat di masa depan. Vikri akhirnya memilih untuk menekuni jurusan sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Perilaku (FISIP) Universitas Indonesia. Ia mempelajari berbagai ilmu sosial dan mengikuti berbagai organisasi relevan yang tersedia di kampus. 

Tibalah waktu kelulusan pada tahun 2021. Setelah lulus kuliah, ia membangun platform digital untuk kegiatan sosial bernama bukadonasi.com, agar dapat membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan di sekitarnya.

 

Hal Apa yang Memotivasi Vikri Untuk Membangun Platform Penggalangan Donasi?

Kampus merupakan pemantik seseorang untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatkan. Vikri mulai berkumpul dan bertukar pikiran dengan teman-temannya terkait kondisi dan kontribusi, serta berdampak yang dapat dilakukan. Melihat persentase jumlah penduduk dan tren masyarakat yang ingin berbuat kebaikan, Vikri melihat masih ada ruang untuk donasi. 

Vikri mulai membuka lembaga filantropi atau lembaga kemanusiaan bernama bukadonasi.com. Platform bukadonasi.com dibangun oleh Vikri dan teman-temannya yang ingin menjadi kontributor dalam meramaikan dunia sosial. Semangat yang tertanam pada diri mereka, bahwa generasi muda khususnya mahasiwa yang sudah lulus perguruan tinggi, sudah seharusnya dapat berbakti dan mengabdi kepada masyarakat luas. Bermanfaat untuk orang lain memberikan arti dan tujuan dalam hidup mereka. 

 

Apa Sih Platform Bukadonasi.com?

Platform bukadonasi.com merupakan platform sosial yang dibagun sejak bulan Oktober 2021. Platform ini bertujuan memudahkan akses penggalang dana untuk berdonasi kepada penerima manfaat. Terdapat berbagai kegiatan yang telah dilakukan platform bukadonasi.com. Namun fokus platform bukadonasi.com terbagi menjadi tiga hal yaitu kampanye melalui media sosial, empowering dan social action

Salah satu kampanye yang telah dilakukan adalah penggalangan dana untuk memberikan makanan bergizi dan kebutuhan pendidikan kepada adik-adik yatim di daerah Jabodetabek. Penggalangan dana tersebut berhasil mendapatkan dana sebesar Rp1.507.200,00. Terdapat kampanye lain yaitu pembukaan donasi untuk pembangunan Panti Asuhan di Pamekasan Madura agar memiliki fasilitas yang layak. Donasi tersebut hingga saat ini telah terkumpul sebanyak Rp1.360.000.

Dalam aksi sosial, platform bukadonasi.com memberikan bantuan ke panti jompo dengan membagikan makanan dan bermain bersama para lansia. Platform bukadonasi.com juga mengadakan webinar dan upgrading skill ke sekolah-sekolah berkebutuhan khusus agar dapat meningkatkan semangat untuk menggapai impian. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan mindset generasi muda sejak dini

Baca Juga: Menari, Cara Aktivitas Sehat nan Menyenangkan Bagi Lansia

 

Tantangan Dalam Pemberian Donasi yang Dihadapi?

Banyak pemikiran terkait lembaga sosial yang mengedepankan kesejahteraan pengurus saja. Stigma dan kecurigaan terhadap platform bukadonasi.com begitu besar diawal pembangunan. Hal ini terjadi karena platform bukadonasi.com dibangun oleh anak-anak muda dan belum memiliki kepercayaan dari masyarakat. 

Vikri dan tim memulai aksi sosialnya dengan mengumpulkan donasi untuk memberikan sepotong roti kepada seorang yang membutuhkan makanan. Mereka mengumpulkan uang dari kantong mereka sendiri sebagai modal awal agar kegiatan ini dapat berjalan. Bukadonasi.com membuktikan bahwa kegiatan mereka benar adanya dan memberikan manfaat kepada orang lain. Hal tersebut dapat kita lihat dari berbagai publikasi dan awareness yang mereka bangun di sosial media. 

Lambat laun, semakin banyak orang yang percaya untuk berdonasi melalui platform bukadonasi.com. Volunteer terus bertambah dari berbagai daerah di Indonesia. Saat ini platform bukadonasi.com telah mampu memberikan 500 kotak nasi dan alat ibadah kepada orang yang membutuhkan. 

 

Tips Agar Kegiatan Sosial Mendapatkan Donasi Secara Stabil

Berikut ini tipsnya.

 

1.    Tidak berfokus pada materi

Terdapat hal yang lebih penting dari materi yaitu value. Value atau nilai yang Vikri dan tim tanamkan bahwa kita merupakan anak muda berjiwa sosial dan santai. Kita dapat berbuat baik dengan berbagai macam cara dan dimana saja. Berbuat baik tidak harus selalu materi, kita mampu memberikan ide, skill dan berbagai potensi yang dimiliki untuk membantu orang lain. Vikri sendiri mengatakan bahwa semua yang terlibat di platform ini adalah sukarelawan, yang tidak digaji.

 

2.    Mulai dari sesuatu yang mampu dilakukan 

Mulailah dari orang terdekat. Penting untuk melewati tantangan yang muncul secara bertahap. Jika kita membangun sesuatu secara instan seperti memberikan donasi ke daerah terpencil dimana lingkungan sekitar kita masih banyak orang memerlukan bantuan. Hal ini akan membuat fondasi tim yang kurang kuat. Kita dapat membantu orang terdekat kita terlebih dahulu dengan menggali potensi yang dimiliki pengurus. Seiring berjalannya waktu, tantangan yang lebih besar akan terasa mudah untuk dilewati.

 

3.    Menambah Relasi

Menambah media partner atau kerja sama program sangat diperlukan karena kita tidak hidup sendiri di dunia ini. Kita hidup dengan komunitas, donatur dan masyarakat. Oleh karena itu penting untuk dapat berkoordinasi dengan mereka. 

 

4.    Fleksibilitas Program 

Dunia ini dinamis karena zaman yang bertransformasi begitu cepat. Lembaga sosial bukanlah lembaga yang hanya berpaku pada satu hal tetapi harus mampu mengikuti perkembangan zaman. 

Kita semua punya peluang yang sama untuk berbuat kebaikan. Sebagai pemuda-pemudi yang mampu merajut langkah untuk berkontribusi, kita tingkatkan pelayanan dan berbagai hal yang dapat dikembangkan agar semakin banyak orang yang merasakan kebaikan. 

Vikri berpesan mulailah sekarang dari hal kecil yang dapat kita lakukan. Bermanfaat dan berbagi kebahagiaan di tengah-tengah kesibukan kita. Semakin banyak kita melihat orang yang membutuhkan bantuan, semakin kita sadar bahwa kita adalah manusia yang kaya. 

Baca Juga: Cara Agar Bisa Bekerja dengan Bahagia

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai aksi sosial atau masalah kesehatan dalam proses pengembangan karir lainnya Segera log in ke daya.id dan manfaatkan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS