Dirilis

25 April 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Hobi atau kesenangan terhadap sesuatu bisa Anda jadikan ide usaha. Dan itu pasti menyenangkan. Karena Anda melakukan sesuatu yang menghasilkan uang tapi seperti tidak sedang bekerja.

Jika Anda tertarik untuk menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan, coba ikuti 6 cara di bawah ini:

1. Buka Kelas Belajar Berdasar Hobi
Mengajarkan hobi kepada orang lain menjadi cara paling mudah untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Contoh, jika Anda hobi berenang, pelajari hobi tersebut hingga menjadi keahlian, kemudian buatlah kelas kursus renang. Dengan membuka kelas, Anda mendapatkan dua manfaat, yaitu penghasilan dan hobi Anda menjadi lebih terasah.

2. Tentukan Satu Hobi yang Paling Anda Suka dan Memiliki Nilai Jual
Jika Anda punya banyak hobi, pilih satu yang memang dapat menghasilkan keuntungan. Ya sesuai dengan tujuan awal yaitu memiliki usaha dari hobi. Jangan lupa, hobi yang Anda pilih tersebut sebaiknya juga yang paling Anda sukai. Contoh, Anda memilih hobi memasak tapi usaha makanan sudah banyak. Coba saja jual bahan baku masakan yang Anda suka.

3. Perluas Pengetahuan dan Wawasan
Anda bisa mengunakan pengetahuan terkini untuk mengembangkan hobi yang akan Anda jadikan usaha. Misalnya Anda hobi menyanyi dan membuka kelas vokal. Anda bisa memanfaatkan media online seperti Youtube untuk memberikan materi atau contoh lagu kepada murid. Sehingga murid tersebut lebih mudah mengakses dan tidak mudah merasa bosan.

4. Ciptakan Merek Anda Sendiri
Anda dapat membuat nama usaha sendiri. Anda bisa mempromosikannya dengan membuat akun khusus di halaman Facebook, atau dengan membuat blog berisi tentang usaha dan hal-hal yang berkaitan. Ciptakan nama usaha yang kreatif dan tentunya ada sangkut pautnya dengan nama hobi Anda.

5. Kenali dengan Baik Target Pasar
Setelah membangun strategi yang efektif dan menjual, selanjutnya Anda harus mengenali target pasar. Misalnya Anda memiliki hobi di bidang seni, cobalah cari tahu apa yang sedang tren di bidang seni. Dengan mengetahui target pasar, usaha Anda akan lebih terarah ke depannya.

6. Bangun Komunitas
Sebuah hobi pastilah memiliki komunitas tersendiri. Hal ini menjadi nilai tambah, karena Anda secara tidak langsung sudah memiliki target konsumen. Oleh karena itu, mulai sekarang coba bangun komunitas yang sesuai dengan hobi, atau masuklah ke dalam salah satu komunitas yang memiliki hobi yang sama dengan Anda.

Selamat menyalurkan hobi menjadi pekerjaan. Semoga sukses!

Sumber:

Tim Riset Daya Tumbuh Usaha

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

21 Desember 2017

Bener banget nih! Terima kasih telah mencerahkan 😁

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

Artikel Terkait

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS