Dirilis

11 April 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Duduk merupakan kegiatan yang dihabiskan hampir sepanjang hari oleh para pekerja. Tahukah Anda, bahwa duduk sepanjang hari dapat meningkatkan 40% risiko kematian? Dampak buruk lainnya dari duduk terlalu lama adalah sakit kepala, nyeri punggung, lelah, stress, bahkan dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk seperti penurunan daya otak, pertambahan berat badan serta meningkatnya tekanan darah. Lalu bagaimana cara agar tetap bugar meski seharian duduk di meja kantor? Berikut 8 gerakan peregangan yang dapat diterapkan di meja kantor.
  1. Angkat bahu Anda, seperti mengatakan ”tidak tahu”
Tarik napas dalam-dalam dan angkat bahu Anda. Angkat bahu tinggi-tinggi ke telinga Anda. Tahan. Jatuhkan ke posisi semula. Ulangi sebanyak 3 kali.
  1. Gelengkan kepala, seperti mengatakan “ya dan tidak”
Gelengkan kepala ke atas, ke bawah sampai hitungan kedelapan. Lalu gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri sampai hitungan kedelapan.
  1. Gerakkan tangan dengan membentuk lingkaran di udara
Kepal kedua tangan, rentangkan kedua tangan di depan Anda. Buat lingkaran di udara dalam satu arah sampai hitungan kesepuluh. Lalu ulangi ke arah sebaliknya.
  1. Regangkan kaki
Duduk di kursi, luruskan kaki Anda hingga sejajar dengan lantai. Lenturkan jari-jari kaki. Lakukan sebanyak 5 kali. Lepaskan dan ulangi.
  1. Gerakan memeluk diri sendiri
Peluk diri Anda, taruh tangan kanan pada pundak kiri dan taruh tangan kiri pada pundak kanan. Tarik napas dan hempaskan.
  1. Silangkan lenganmu
Luruskan satu tangan di depanmu. Pegang siku dengan tangan lainnya dan tarik ke arah dada. Tahan sampai hitungan kedelapan dan lepaskan. Ulangi pada tangan yang lain.
  1. Raih langit
Angkat kedua tangan bersamaan, dan raih langit setinggi mungkin, dengan telapak tangan menghadap langit. Tahan sampai hitungan kedelapan dan lepaskan.
  1. Gerakan mendorong lutut
Angkat dan silangkan satu kaki Anda ke atas kursi. Dorong lututmu sampai hitungan kedelapan. Saat mendorong lutut ke bawah, hempaskan napas perlahan-lahan.
 
Gerakan yang sederhana bukan? Gerakan peregangan tersebut hanya memakan waktu beberapa menit. Mulai sekarang, ayo atur alarm untuk mengingatkan Anda melakukan peregangan setiap jam-nya, agar terhindar dari nyeri punggung.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rully Aptinuk

12 April 2018

Sangat bermanfaat sekali bagi para pekerja yg selalu stand by di kursi

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS