Dirilis

01 Agustus 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bersikap dan berpikir positif memiliki banyak manfaat dalam setiap aktivitas yang Anda lakukan, tidak hanya dalam hal pribadi, namun dalam pekerjaan. Ketika Anda bersikap positif, Anda akan menjadi lebih bahagia dan menjadikan Anda pribadi berkembang lebih baik.
Dengan sikap positif yang Anda miliki, Anda akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan hal ini akan secara otomatis membuat orang-orang disekitar Anda akan mendekatkan diri kepada Anda.

Bersikap positif dalam bekerja akan dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di tempat kerja dengan lebih baik lagi. Bersikap positif juga dapat mendukung produktivitas dan kreativitas Anda dalam bekerja, meningkatkan hubungan yang baik dengan rekan kerja, meningkatkan motivasi Anda dan orang lain di lingkungan kerja dan dengan bersikap positif Anda senantiasa memiliki kesehatan yang lebih baik secara fisik maupun mental.
 

Disadur dari berbagai sumber, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk sikap positif di dalam bekerja, sebagai berikut.


1. Memotivasi Diri

Bersikap positif dapat dilakukan dengan cara selalu memotivasi diri Anda untuk selalu menetapkan tujuan atas apa yang ingin Anda capai dan selalu menjadi lebih baik. Jika Anda termotivasi untuk selalu dapat mengerjakan semua jenis pekerjaan yang Anda mulai, maka Anda akan menciptakan sikap positif bahwa Anda akan mampu untuk mengerjakan pekerjaan Anda dengan lebih baik dan  berkeyakinan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan akan berhasil.

2. Etos kerja yang Baik

Etos kerja yang baik membuktikan bahwa Anda dapat menunjukkan perilaku positif dengan menjadi seseorang yang dapat diandalkan oleh rekan kerja dan atasan Anda, memiliki integritas dan komitmen terhadap pekerjaan Anda, berdedikasi terhadap setiap pekerjaan/tugas yang dibebankan kepada Anda dan selalu tepat waktu. Dengan memiliki etos kerja yang baik, rekan kerja disekeliling Anda dan atasan Anda akan melihat efek positif dari Anda bahwa Anda adalah seseorang yang profesional dan dan berkualitas tinggi. Dengan begitu, Anda akan menjadi seseorang yang dapat dipercaya oleh rekan kerja dan juga atasan Anda  untuk melakukan berbagai pekerjaan sehingga pada akhirnya karier Anda pun akan mengalami peningkatan.

3. Bersikap Optimis

Jadilah seseorang yang selalu optimis dalam menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan, tak terkecuali di dunia kerja. Bersikap optimis dilakukan dengan menunjukkan sikap positif terhadap sudut pandang dan pemikiran dalam menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi. Ketika Anda bersikap optimis, Anda akan selalu dapat melihat sisi baik dalam setiap kejadian yang Anda alami. Dengan bersikap optimis Andapun memiliki kecenderungan untuk memiliki kesehatan mental, fisik dan kualitas hidup yang lebih baik. Ketika Anda menjadi seseorang yang optimis, Anda akan lebih memiliki kualitas baik dalam melakukan pekerjaan yang Anda lakukan, hal tentunya akan menjadi salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan karir Anda.


4. Memiliki Selera Humor yang Baik

Bayangkan jika Anda sedang berada di bawah tekanan dalam pekerjaan, Anda menjadi stres dan suasana dalam bekerja menjadi tegang dan tidak menyenangkan. Disaat inilah Anda membutuhkan rasa humor sebagai cara untuk breaking the ice. Dengan tertawa Anda memasukkan unsur menyenangkan dalam pekerjaan yang Anda lakukan. Tertawa membuat Anda menjadi sehat secara mental, emosional dan juga fisik. Dengan begitu, mood Anda pun akan berubah menjadi suatu hal yang positif. Ketika Anda berada dalam aura yang positif, Anda akan lebih dapat berpikir dengan jernih untuk menyelesaikan masalah dengan pekerjaan Anda dan Anda tidak lagi berada dalam fase bahwa masalah tersebut sulit ataupun tidak dapat diatasi. Selera humor yang baik juga dapat membuat hubungan Anda dan rekan kerja setim menjadi lebih erat. Ketika Anda selalu ceria dan tertawa, rekan kerja Anda pun akan senang berada di dekat Anda. Hal ini membuat Anda dan rekan kerja menjadi lebih akrab, hangat  dan komunikasi yang terjalin pun akan menjadi lebih baik.

5. Selalu Bersyukur

Biasakanlah untuk selalu mensyukuri hidup Anda dan berhenti membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Mensyukuri segala hal yang Anda miliki, baik keluarga, teman yang baik, pekerjaan, materi yang cukup akan membuat hidup Anda bahagia. Dengan bersyukur, Anda akan memiliki perasaan yang nyaman dan tenang. Tidak perlu membandingkan atau mengeluh mengenai pekerjaan, gaji atau tunjangan yang Anda peroleh dengan rekan kerja atau teman Anda karena semua itu akan menimbulkan efek negatif dipikiran Anda. Tetaplah mensyukuri hal-hal yang sudah Anda peroleh, fokus terhadap diri sendiri dan menerima kekurangan serta kelebihan yang Anda miliki. Hal ini akan menciptakan energi dan emosi positif dalam diri Anda yang pada akhirnya akan menciptakan pola pikir yang sukses untuk Anda.

Mengutip kalimat bijak dari Zig Ziglar, "Berpikir positif akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif."
 
Jika Anda ingin bertanya lebih jauh kepada ahli mengenai tips tentang karir ataupun topik lainnya seperti usaha ataupun kesehatan, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda mendaftar daya.id dan dapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis. Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengetahui informasi dan tips bermanfaat dan menarik lainnya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS