Dirilis

21 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dunia properti memang selalu memiliki daya tariknya tersendiri, khususnya bagi para pelaku investasi. Salah satu investasi di properti adalah investasi apartemen. Ya, apartemen memang tidak hanya berfungsi sebagai hunian saja, tetapi lebih dari itu, properti ini bisa menjadi ladang investasi yang menjanjikan.

Salah satu faktor suksesnya investasi di bidang apartemen ini adalah semakin luasnya lahan di kota-kota besar, tetapi semakin tinggi harga tanah di sana. Sehingga, para pengembang properti pun memilih hunian vertikal untuk keuntungan yang cukup besar. Kemudahan akses dari apartemen di segala bidang kehidupan, juga menjadi faktor pendukung investasi tersebut.

 

Cara Melakukan Investasi Apartemen yang Menguntungkan


Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk melakukan investasi apartemen yang menguntungkan:

 

1. Melakukan Riset dan Perhatikan Lokasi serta Status Lahan

investasi apartemen
Sebelum menentukan apartemen mana yang akan Anda beli untuk dijadikan investasi, ada baiknya Anda juga melakukan riset terlebih dulu. Misalnya apartemen di lokasi yang memiliki prospek kenaikan harga setiap tahun yang baik. Lokasi lahan yang Anda pilih untuk berinvestasi apartemen ini akan menjadi penentu keberhasilan Anda dalam berinvestasi di bidang tersebut. Lokasi ini akan menentukan harga serta prospek investasi itu sendiri di masa depan. Dengan begitu, setiap tahun harga dari apartemen yang Anda miliki bisa menjadi naik.

Tidak lupa juga perhatikan tentang status lahan apartemen yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda membeli apartemen yang berada dalam lahan yang memiliki sengketa. Sebab, hal ini tentu akan sangat beresiko di masa depan. Pastikan juga apartemen yang Anda pilih nantinya memiliki pengembang. Dengan adanya pengembang yang jelas, urusan administrasi, perizinan, dan perawatan apartemen akan jauh lebih mudah dibanding apartemen tanpa pengembang atau developer.

 

2. Perhatikan Bagaimana Fasilitas Apartemennya

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana fasilitas di apartemen tersebut. Sebab, fasilitas adalah hal yang akan sangat menentukan kemudahan tinggal penghuni apartemen tersebut. Jika fasilitasnya lengkap maka kebutuhan penghuni apartemen bisa dipenuhi dengan lebih mudah dan harganya pun akan menjadi semakin tinggi. Misalnya ada fasilitas kolam renang, area khusus untuk berolahraga dan ruangan publik lainnya.

 

3. Keamanan Apartemen

pastikan keamanan unit apartemen
Sistem keluar masuk tamu di apartemen, bagaimana para penghuninya dan ada berapa jumlah pengawas di dalamnya juga menjadi faktor penting ketika Anda akan berinvestasi apartemen. Pastikan ada sistem keamanan yang mumpuni untuk menjaga apartemen. Adanya pos satpam, CCTV di pintu masuk dan keluar, ruang publik, bisa menjadi pertimbangan yang harus Anda perhatikan juga. Apartemen yang aman tentu akan menjadi keuntungan bagi pemiliknya.

 

4. Menyediakan Berbagai Jenis Sewa

Anda bisa menyediakan berbagai periode sewa apartemen untuk para penyewa nantinya. Baik sewa bulanan maupun sewa tahunan, tergantung dari kemampuan si penyewa. Pastikan aturan tentang periode dan biaya sudah Anda buat dan bisa dipatuhi oleh calon penyewa nantinya.

 

5. Menawarkan Apartemen untuk Lokasi Shooting

Cara yang satu ini juga cukup jitu untuk berinvestasi apartemen. Banyak apartemen yang dijadikan lokasi shooting baik foto shoot atau film. Banyak juga perusahaan mencari lokasi terbaru untuk pengambilan gambar. Cara ini cukup efektif jika ingin mendapat keuntungan dari investasi tersebut. Bahkan apartemen yang disewa nantinya bisa disetting ulang sehingga lebih menarik, untuk kebutuhan pengambilan gambar.

Itulah beberapa cara investasi apartemen yang bisa Anda lakukan. Pada dasarnya, berinvestasi di unit properti seperti apartemen akan sangat menjanjikan untuk keuangan Anda di masa depan. Sebab, harga dari properti itu sendiri cenderung akan naik setiap tahunnya. Hanya saja, jangan sampai salah memilih unit apartemen yang Anda beli untuk investasi. Dengan memilih apartemen yang tepat, maka investasi juga akan menguntungkan bagi Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli perencana keuangan dari Daya.id sebelum memutuskan untuk berinvestasi di unit apartemen. Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal dan lebih matang untuk mengatur keuangan Anda dan berinvestasi. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

20 Desember 2023

Keren informasi nya 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS