Dirilis

01 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha secara mudah dan cepat?

Di bawah ini ada beberapa opsi yang Anda pilih, antara lain, pinjaman modal usaha di bank, pinjaman online (pinjol) dari perusahaan financial technology (fintech), di lembaga lainnya, bahkan di orang-perorangan.

Tapi, sebagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang baik, pastikan Anda sudah memperhitungkan berbagai hal. Karena, kemudahan dan kecepatan yang Anda terima, tentu ada risikonya.

 

Risiko Pinjaman Modal Usaha yang Mudah dan Cepat

Memang apa risiko pinjaman modal usaha yang mudah dan cepat? Misalnya, penipuan.

Ya, saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai iklan yang menawarkan pinjaman modal usaha yang mudah dan cepat. Tapi, jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa jadi korban penipuan orang-orang yang tidak bertanggungjawab, atau pinjol ilegal.

Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Sebelum mengajukan pinjaman, cek dulu izin usaha atau reputasi pemberi pinjaman. Misalnya, untuk pinjol, Anda bisa cek langsung ke situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), apakah pinjol tersebut terdaftar dan berizin OJK. Jika tidak berizin, jangan sekali-kali Anda mengajukan pinjaman, agar terhindar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Yang agak sulit jika Anda meminjam ke orang-perorangan. Karena kesepakatannya bisa sangat beragam. Maka itu, pastikan Anda memeriksa kembali seperti apa kesepakatannya, berapa nilai angsuran bulanan, apa yang terjadi jika salah satu pihak lalai, dan sebagainya.


Nah, risiko lain dari pinjaman modal usaha yang mudah dan cepat adalah suku bunga pinjaman dan nilai angsuran yang tinggi.

Ya, beberapa lembaga keuangan memberikan suku bunga pinjaman yang tinggi, sebagai konsekuensi atas syarat dan proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat. Apalagi jika tidak ada jaminan terhadap pinjaman. Wajar saja, karena lembaga tersebut harus mengantisipasi berbagai risiko, terutama risiko peminjam gagal melunasi pinjaman.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Lagi-lagi, pastikan Anda tahu berapa angsuran bulanan yang wajib Anda bayarkan. Cek juga, apakah bunga yang dikenakan bersifat tetap atau berubah-ubah. Anda berhak kok untuk meminta simulasi angsuran. Pastikan Anda sudah membandingkan dengan kemampuan finansial Anda.

 

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha

Nah, kembali ke pertanyaan awal, dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang mudah dan cepat? Berikut ini beberapa opsi yang bisa Anda pilih.

 

1. Menggadaikan Aset


Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mendapatkan modal adalah dengan membuat aset pribadi menjadi jaminan. Atau dalam kata lainnya melakukan penggadaian. Aset pribadinya bisa berupa apa saja misalnya barang-barang elektronik, emas batangan, emas perhiasan, BPKB kendaraan dan sebagainya. 

Jika Anda berniat untuk menggadaikan aset pribadi Anda maka Anda harus memilih jasa pegadaian resmi atau yang sudah terdaftar di OJK. Dengan memilih pegadaian resmi atau yang telah terdaftar di OJK, akan meminimalisir adanya tindak kejahatan dari oknum tidak bertanggung jawab. Seperti misalnya penipuan ataupun penggelapan dana. 


2. Mendapat Pinjaman dari Bank


Anda juga bisa meminjam sejumlah uang pada Bank untuk memperoleh modal usaha. Namun biasanya, Bank hanya memberikan pinjaman pada usaha yang sudah berjalan bukan usaha yang baru dimulai. Jadi, Anda bisa memulai usaha menggunakan dana pribadi Anda terlebih dahulu. Jika sudah berjalan dan memperoleh kesulitan tambahan modal, barulah Anda meminjamnya di Bank. 

Beberapa syarat pinjaman di bank diantaranya adalah dokumen identitas diri (KTP & KK), buku tabungan yang dimiliki, fotocopy akta nikah, surat keterangan penghasilan (SKP), dan bukti tidak memiliki tanggungan atau cicilan. Jika semua syarat ini telah Anda penuhi, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman dari bank. 

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa KTA Online Tepat untuk Pinjaman Modal Usaha

 

3. Mengajukan Pinjaman Modal pada Pinjaman Online Resmi


Salah satu cara yang praktis dalam meminjam modal usaha dari lembaga keuangan pinjaman online resmi. Kebanyakan dari lembaga pinjol ini memberi pinjaman tanpa jaminan apapun. Hal ini memungkinkan setiap pelaku usaha yang baru akan memulai usahanya. Untuk mendapat pinjaman dengan cara mudah dan cepat secara online, tapi juga aman.

Untuk memastikan keamanan pinjaman online, Anda bisa mengecek daftar nama pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cukup buka website resmi OJK di untuk melihat pinjol mana yang legal dan aman untuk digunakan. 

Selain itu, jika Anda sudah memiliki rekening Jenius, Anda bisa coba mengajukan pinjaman tanpa jaminan melalui Flexi Cash. Atau silakan ajukan secara online melalui Digital Micro.

 

4. Mendapat Modal Pinjaman dari Koperasi


Koperasi simpan pinjam juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk memperoleh pinjaman untuk usaha. Koperasi merupakan organisasi di bidang ekonomi yang dijalankan untuk kepentingan masyarakat. Kegiatan di dalamnya adalah kegiatan simpan pinjam yang berasaskan kekeluargaan. Jika Anda mengajukan pinjaman ke koperasi, maka secara tak langsung Anda sudah menjadi anggota koperasi tersebut.

Syarat untuk mengajukan pinjaman di koperasi diantaranya adalah mengisi formulir pinjaman, memiliki NPWP (apabila pinjaman diatas 50 juta), fotokopi KTP, fotokopi KK, dan dokumen pendukung jaminan pinjaman. Untuk dokumen pendukung ini bisa surat tanah, deposito, atau BPKB kendaraan. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, besar kemungkinan pinjaman Anda akan diterima dengan mudah. 

 

5. Modal Usaha dari Program Pinjaman dari Pemerintah


Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah melalui pinjaman dari pemerintah. Tepatnya, melalui KUR. Kini ada yang namanya KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang merupakan pembiayaan dari Perbankan bagi Usaha mikro kecil, usaha mikro menengah atau juga UMKMK. 

Pemerintah memang sedang menggalakkan KUR ini untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia agar menjadi lebih besar dan maju lagi. Nah, Anda bisa memanfaatkan program KUR ini untuk usaha yang bergerak di bidang apa saja misalnya usaha di bidang perikanan, kuliner, fashion, peternakan dan sebagainya. 

Syarat untuk pinjaman pemerintah KUR diantaranya adalah memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan, tidak sedang menerima kredit perbankan, dan persyaratan administrasi berupa (KK, KTP, dan surat izin usaha). Jika semua persyaratan sudah Anda penuhi, maka besar kemungkinan pinjaman Anda akan diterima dengan mudah. 


Itulah beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha. Diantaranya adalah dengan melalui lembaga bank, menggadaikan aset, dan sebagainya. Dengan mengupayakan pinjaman modal usaha pada sejumlah lembaga keuangan atau organisasi ekonomi, maka diharapkan usaha Anda bisa berjalan dengan lancar. Sbetulnya Anda juga bisa coba mengajukan pinjaman modal usaha kepada keluarga atau kenalan Anda. Tapi, sebaiknya Anda bisa menjaga kepercayaan dari kerabat Anda tersebut, agar hubungan Anda berdua tetap terjaga dengan baik.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai suatu usaha. Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan juga bekal yang lebih matang untuk menjalankan usaha. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber
 

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

19 Januari 2023

Sip

Balas

. 0

putra astaman

28 Desember 2022

Ok

Balas

. 0

putra astaman

06 Desember 2022

Keren

Balas

. 0

Anak Agung Ayu Dewi Santini

10 Juni 2022

Bagus bgt...buat para pengusaha yang butuh modal

Balas

. 0

henri kriswanto

25 April 2022

Good ..bagus bangets

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS