Dirilis

01 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Modal adalah salah satu hal terpenting yang harus dipenuhi saat akan memulai usaha. Apabila modal belum terpenuhi, Anda bisa melakukan pinjaman modal usaha. Tanpa adanya modal, sebuah usaha yang akan dirintis tidak bisa dilakukan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman untuk modal usaha

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha Saat Memulai Usaha

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari sumber yang tepat memang diperlukan beberapa cara, seperti di bawah ini:

1. Menggadaikan Aset


Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mendapatkan modal adalah dengan membuat aset pribadi menjadi jaminan. Atau dalam kata lainnya melakukan penggadaian. Aset pribadinya bisa berupa apa saja misalnya barang-barang elektronik, emas batangan, emas perhiasan, BPKB kendaraan dan sebagainya. 

Jika Anda berniat untuk menggadaikan aset pribadi Anda maka Anda harus memilih jasa pegadaian resmi atau yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan memilih pegadaian resmi atau yang telah terdaftar di OJK, akan meminimalisir adanya tindak kejahatan dari oknum tidak bertanggung jawab. Seperti misalnya penipuan ataupun penggelapan dana. 


2. Mendapat Pinjaman dari Bank

Anda juga bisa meminjam sejumlah uang pada Bank untuk memperoleh modal usaha. Namun biasanya, Bank hanya memberikan pinjaman pada usaha yang sudah berjalan bukan usaha yang baru dimulai. Jadi, Anda bisa memulai usaha menggunakan dana pribadi Anda terlebih dahulu. Jika sudah berjalan dan memperoleh kesulitan tambahan modal, barulah Anda meminjamnya di Bank. 

Beberapa syarat pinjaman di bank diantaranya adalah dokumen identitas diri (KTP & KK), buku tabungan yang dimiliki, fotocopy akta nikah, surat keterangan penghasilan (SKP), dan bukti tidak memiliki tanggungan atau cicilan. Jika semua syarat ini telah Anda penuhi, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman dari bank. 

3. Mengajukan Pinjaman Modal pada Pinjaman Online Resmi


Salah satu cara yang praktis dalam meminjam modal usaha dari lembaga keuangan pinjaman online resmi. Kebanyakan dari lembaga pinjol ini memberi pinjaman tanpa jaminan apapun. Hal ini memungkinkan setiap pelaku usaha yang baru akan memulai usahanya. Untuk mendapat pinjaman dengan cara mudah dan cepat secara online, tapi juga aman.

Untuk memastikan keamanan pinjaman online, Anda bisa mengecek daftar nama pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cukup buka website resmi OJK di https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Default.aspx untuk melihat pinjol mana yang legal dan aman untuk digunakan. 

4. Mendapat Modal Pinjaman dari Koperasi

Koperasi simpan pinjam juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk memperoleh pinjaman untuk usaha. Koperasi merupakan organisasi di bidang ekonomi yang dijalankan untuk kepentingan masyarakat. Kegiatan di dalamnya adalah kegiatan simpan pinjam yang berasaskan kekeluargaan. Jika Anda mengajukan pinjaman ke koperasi, maka secara tak langsung Anda sudah menjadi anggota koperasi tersebut.

Syarat untuk mengajukan pinjaman di koperasi diantaranya adalah mengisi formulir pinjaman, memiliki NPWP (apabila pinjaman diatas 50 juta), fotokopi KTP, fotokopi KK, dan dokumen pendukung jaminan pinjaman. Untuk dokumen pendukung ini bisa surat tanah, deposito, atau BPKB kendaraan. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, besar kemungkinan pinjaman Anda akan diterima dengan mudah. 

5. Modal Usaha dari Program Pinjaman dari Pemerintah

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah melalui pinjaman dari pemerintah. Tepatnya, melalui KUR. Kini ada yang namanya KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang merupakan pembiayaan dari Perbankan bagi Usaha mikro kecil, usaha mikro menengah atau juga UMKMK. 

Pemerintah memang sedang menggalakkan KUR ini untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia agar menjadi lebih besar dan maju lagi. Nah, Anda bisa memanfaatkan program KUR ini untuk usaha yang bergerak di bidang apa saja misalnya usaha di bidang perikanan, kuliner, fashion, peternakan dan sebagainya. 

Syarat untuk pinjaman pemerintah KUR diantaranya adalah memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan, tidak sedang menerima kredit perbankan, dan persyaratan administrasi berupa (KK, KTP, dan surat izin usaha). Jika semua persyaratan sudah Anda penuhi, maka besar kemungkinan pinjaman Anda akan diterima dengan mudah. 

Itulah beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha. Diantaranya adalah dengan melalui lembaga bank, menggadaikan aset, dan sebagainya. Dengan mengupayakan pinjaman modal usaha pada sejumlah lembaga keuangan atau organisasi ekonomi, maka diharapkan usaha Anda bisa berjalan dengan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai suatu usaha. Selain itu Anda juga bisa mengecek dan melihat produk pinjaman apa saja yang ada di Bank BTPN.

Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan juga bekal yang lebih matang untuk menjalankan usaha. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber
 

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS