Dirilis

04 Juli 2022

Penulis

Peni hidayah

Cukup banyak orang yang “gemar” dengan emas, baik untuk dipakai sehari-hari maupun dijadikan sebagai alat investasi. Investasi emas katanya dianggap lebih aman atau risikonya kecil dibanding dengan investasi produk lainnya termasuk orang yang awan berinvestasi pun memanfaatkannya. Kenapa? 

Misalkan Anda sebagai investor emas tiba-tiba butuh uang dalam waktu cepat. Nah, biasanya emas mudah dicairkan dalam bentuk uang, dan Anda bisa segera memenuhi kebutuhan akan uang tersebut. Itulah salah satu alasan kenapa emas banyak “digemari” oleh masyarakat pada umumnya.

Penting untuk ingat, ketika ingin membeli atau menjual emas, Anda perlu mengetahui harga emas yang sedang berlaku. Karena harga emas bisa mengalami kenaikan juga penurunan. 

Jadi, jika tidak terburu-buru ingin membeli atau menjualnya, Anda lebih baik memeriksa dulu harga emas pada saat itu. Karena Anda bisa mendapat keuntungan ketika menjual di waktu yang tepat, atau mendapat harga yang murah ketika membeli di waktu yang tepat juga.
Kenapa bisa terjadi demikian ya?

 

Penyebab Harga Emas Berubah

Berikut beberapa penyebab perubahan harga emas:

 

1.    Perubahan Harga Emas karena Kondisi Global yang Tidak Menentu

Politik, ekonomi, krisis, dan resesi, merupakan salah satu pemicu yang membuat harga emas naik maupun turun.

Masih ingat kejadian krisis ekonomi tahun 1998? Kondisi krisis demikian menjadikan harga emas melonjak drastis. Nah, saat krisis atau kondisi kacau-balau ini, banyak orang yang berinvestasi emas, menjadikan emas sebagai penyelamat mereka. 

Kondisi dunia yang sedang terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dan China pun menyebabkan harga emas melambung tinggi. Hal ini membuat para investor global berbondong-bondong berinvestasi ke insturmen yang aman, yaitu investasi emas. Karena banyak peminatnya, membuat harga emas semakin tinggi. Tapi kalau situasi sudah aman, peminatnya mulai berkurang, dan harga emas pun bisa jadi akan turun nantinya.

 

2.    Perubahan Harga Emas karena Penawaran dan Permintaan Emas


Kita ingat lagi ya dengan hukum permintaan dan penawaran. Ketika permintaan tinggi, sedangkan penawaran rendah, maka harga emas akan naik. Tetapi sebaliknya jika permintaan rendah namun penawaran tinggi, maka harga emas akan turun.
 

3.    Perubahan Harga Emas karena Kebijakan Ekonomi

Maksudnya di sini adalah kebijakan menaikkan dan menurunkan suku bunga. Nah, kebijakan moneter di sini adalah kebijakan dari bank sentral Amerika Serikat (The Fed).

Apabila suku bunga diturunkan, maka harga emas berpotensi naik. Di sini dollar dianggap tidak menarik sebagai pilihan investasi, dan orang-orang lebih memilih menempatkan uangnya dalam bentuk investasi emas. Begitu juga sebaliknya. Ketika suku bunga ditetapkan naik, maka harga emas akan turun dimana investasi dalam bentuk deposito dianggap lebih menjanjikan.

 

4.    Perubahan Harga Emas karena Inflasi


Inflasi adalah kenaikan harga pada umumnya, termasuk di dalamnya harga emas. Semakin tinggi tingkat inflasi maka semakin tinggi juga harga emas, dan begitu juga sebaliknya. Kondisi seperti ini membuat masyarakat tidak mau menyimpan aset dalam bentuk uang karena mudah hilang nilainya. Oleh sebab itu masyarakat lebih memilih menyimpan aset dalam bentuk emas yang harganya lebih stabil dan dianggap lebih aman saat inflasi terjadi.

 

5.    Perubahan Harga Emas karena Nilai Tukar Dollar AS

Harga emas di Indonesia bergantung pada harga emas internasional yang diperhitungkan dari nilai dollar AS ke dalam mata uang rupiah. Oleh sebab itu harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan rupiah terhadap dollar AS.

Jika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS rendah maka harga emas lokal menjadi tinggi. Sebaliknya, jika nilai tukar rupiah tinggi, maka harga emas lokal cenderung turun.

Itulah 5 penyebab yang membuat harga emas bisa berubah naik ataupun turun. Beberapa hal dapat kita simpulkan:
 

  1. Meskipun terjadi inflasi atau deflasi nilai emas tetap terjaga, 
  2. Meskipun terjadi krisis ekonomi ataupun perang nilai emas tetap terjaga, dan 
  3. Seiring keterbatasan persediaan emas permintaan terhadap emas tidak berkurang.


Bagaimana, Anda sudah siap berinvestasi emas? Tapi pastikan terlebih dahulu ya, lakukan analisa lebih dalam dan pelajari seluk beluk cara berinvestasi emas sebelum mengambil keputusan. 

Jika ingin memahami investasi emas lebih dalam, Anda bisa  berkonsultasi dengan mitra ahli kami di website www.daya.id. Anda juga bisa mendapatkan informasi usaha dan keuangan lainnya secara gratis dan sangat mudah dari Daya.id. Yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS