Dirilis

20 Maret 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Punya rencana liburan ke luar negeri tahun ini?

Selain paspor dan perlengkapan administrasinya, budget atau anggaran dana tentu menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan. Terlebih, tujuan liburannya adalah luar negeri yang kata orang perlu biaya mahal! Masa sih?

Jangan khawatir, liburan ke luar negeri dengan anggaran terbatas bisa juga kok menjadi perjalanan yang menyenangkan, asalkan tahu biaya-biaya apa saja yang bisa dipangkas dan disiasati. Ini dia bocorannya!

1. Tentukan negara tujuan yang bebas visa
Mengingat biaya visa cukup mahal, memilih negara tujuan yang bebas visa tentu menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin liburan ke luar negeri dengan anggaran terbatas. Negara-negara ASEAN telah menerapkan sistem bebas visa untuk kunjungan WNI ke sana, meski hanya negara tetangga saja, tentu berbagai destinasi wisata di negara-negara tersebut juga tidak kalah indahnya dengan negara di benua lainnya, bukan?

Sstt, Anda juga bisa memilih negara yang kurs rupiahnya lebih murah untuk menghemat anggaran traveling, loh! Dengan demikian, bisa dipastikan biaya traveling selama disana juga murah. Misalnya saja Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

2. Hindari high season
Ada momen tertentu yang seringkali dimanfaatkan orang untuk pergi liburan, misalnya saja saat liburan anak sekolah atau menjelang Natal dan Tahun Baru yang biasanya disebut periode high season. Pada periode ini, harga transportasi dan akomodasi naik. Makanya, pergi di periode ini merupakan BIG NO bagi traveler dengan anggaran terbatas.

Segera cek kalender dan tentukan tanggal keberangkatan Anda pada low season biar liburannya bisa low price.

3. Pesan tiket promo
Setelah memilih negara tujuan dan waktu keberangkatan, selanjutnya adalah bersiap berburu tiket promo. Pastikan Anda sudah menyiapkan dana sejak awal agar perburuan tiket promo berjalan lancar. Manfaatkan acara travel fair atau harbolnas untuk memperoleh tiket pulang-pergi dengan harga miring.

Beberapa maskapai penerbangan mungkin mempunyai promo tersendiri, rajin-rajin cek website mereka dan promo lainnya melalui internet, ya!

4. Penginapan nyaman di kantong
Siapa sih yang tidak mau menginap dengan nyaman, apalagi di negeri orang, ya kan?
Meski anggaran terbatas, boleh kok tetap mencari penginapan yang aman, bersih dan nyaman untuk istirahat, tapi pastikan juga harganya nyaman di kantong. Seperti halnya di Indonesia, banyak penginapan murah yang bisa dipilih, tergantung fasilitasnnya. Jika berpergian dengan teman-teman, jangan ragu untuk mencari penginapan yang memungkinkan Anda tinggal bersama. Selain seru, biaya penginapan juga bisa ditanggung bersama.  Double asyik deh!

Jika berpergian sendiri, model penginapan murah ala dormitory hostel juga bisa jadi alternatif. Jangan takut tidur dalam satu kamar beramai-ramai bersama turis lain. Siapa tahu, Anda malah punya teman baru atau bahkan menemukan destinasi yang oke dan belum diketahui banyak orang.

5. Gunakan transportasi umum
Sebelum berangkat, pastikan Anda memahami sistem transportasi umum di negara tujuan. Alih-alih menyewa kendaran secara khusus seperti taksi, menggunakan transportasi umum tentu bisa membantu menekan biaya traveling. Di beberapa negara, tiket kereta api dan bus mungkin lebih murah dibandingkan trasportasi umum lainnya. Anda bisa membeli tiket terusan dibanding harus membeli tiket setiap kali naik dan turun kereta api atau bus.

Berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan bagus untuk kamu menikmati suasana dan bertegur sapa dengan warga di sekitar. Hitung-hitung olah raga juga, kan?!

6. Makan kenyang dan hemat
Meski anggaran terbatas, bukan berarti menahan lapar selama liburan, lho! Menjaga asupan makanan tentu tetap menjadi hal yang penting agar liburannya tetap semangat dan menyenangkan. Yang perlu diingat adalah memilih tempat makan dan menekan keinginan jajan.

Beberapa negara memiliki berbagai jenis food  yang viral dan menggoda, saat inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk pintar-pintar mengendalikan diri kalau tidak ingin pengeluaran membengkak. Daripada membeli jajanan viral dengan harga mahal, lebih baik Anda membeli menu makan besar yang langsung bikin kenyang. Dengan demikian, keinginan untuk jajan lagi bisa dihentikan.

Jangan lupa, pemilihan tempat makan tentu juga mempengaruhi harga makanannya. Dibanding memilih tempat yang biasa digandrungi turis, pilih tempat makan yang biasa di datangi warga lokal. Umumnya, warung / rumah makan yang ramai dikunjungi oleh warga lokal akan memiliki rasa yang tidak kalah enak dan harga yang cukup bersahabat, termasuk untuk turis.

Jangan malas browsing untuk cari tahu tempat makan lokal yang recommended, ya!

7. Batasi belanja oleh-oleh
Belanja oleh-oleh seringkali menjadi salah satu penyebab membengkaknya biaya traveling nih. Meski keinginan untuk membawa buah tangan bagi orang-orang tercinta di tanah air tidak bisa dihindari, Anda sangat mungkin bisa berhemat kalau berbelanja seminimal mungkin. Misalnya, membeli barang oleh-oleh yang simple dan murah, atau batasi jumlah pembeliannya hanya untuk orang-orang terdekat.

Membatasi oleh-oleh tidak hanya membuat Anda menghemat budget belanja yang tidak terlalu perlu, tapi juga menghindari Anda dari biaya kelebihan bagasi. Double hemat!

Nah, dengan 7 jurus tersebut, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan liburan ke luar negeri meski anggaran dana terbatas. Tunggu apa lagi? Rencanakan liburan Anda sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar

Lucky Lombu

05 April 2019

Menarik

Balas

. 0

Ariemathea kristiawan

05 April 2019

Batasi belanja oleh2 bisa jadi bisnis baru nih dgn ganti jastip 😍😬

Balas

. 0

Alin

20 Maret 2019

ga sabaar buru-buru pengen punya pasporrr....

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach