Dirilis

11 Januari 2021

Salah satu hal yang ada pada setiap kegiatan investasi adalah portofolio investasi. Kata yang satu ini biasanya didapat jika kita telah cukup lama berada dalam dunia investasi. Investasi bukanlah merupakan sesuatu yang asing di telinga kita. Berbagai manfaat bisa kita dapatkan di kemudian hari dengan melakukan aktivitas yang satu ini. Investasi dapat membuat rasa khawatir berkurang, karena dengan memiliki asetnya, kehidupan kita di masa yang akan datang sudah ada jaminannya. Lalu apa yang dimaksud dengan portofolio investasi dan bagaimana cara membuatnya?

Mengenai Istilah Portofolio Investasi

Yang dimaksud dengan portofolio investasi adalah kumpulan aset dari investasi. Bisa property, obligasi, saham, emas dan lain sebagainya. Sejalan dengan arti kata portofolio pada umumnya bukan? Ada pula istilah manajemen portofolio, yaitu pengelolaan kumpulan aset untuk mencapai tujuan dari investasi itu sendiri. Portofolio investasi ini sendiri terbentuk dari berbagai hal, yaitu:

  • Modal atau Capital

Yaitu besaran modal yang dimiliki.

  • Tujuan

Berisi tentang jenis investasi yang dimiliki beserta objective atau tujuannya.

  • Waktu

Berapa lama investasi tersebut

  • Profil Resiko

Terdiri dari 3 jenis: konservatif, moderat, agresif

Cara Membangun Portofolio Investasi

Berikut langkah-langkah membangun portofolio investasi yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Menyiapkan Anggaran Investasi

Melakukan investasi memang bisa mendatangkan keuntungan, namun pengelolaan anggaran keuangan sebelumnya pun harus diperhatikan. Investasi bisa dilakukan dengan menyisihkan 10%-20% dari penghasilan yang terpenting adalah disiplin dan konsistensi.

2. Mengetahui Aset Investasi

Cara membuat portofolio investasi berikutnya adalah dengan menentukan investasi yang tepat. Berbagai hal bisa kita pertimbangkan, mulai dari modal, jangka waktu, pengetahuan juga resikonya.

3. Investasi Jangka Panjang Sebagai Alokasi yang Tepat

Memilih jenis investasi jangka panjang menjadi suatu hal yang disarankan. Berikut beberapa cara mudah yang bisa bantu untuk menentukan investasi:

a. Saham

Pada investasi ini Anda disarankan untuk memenuhi ukuran risiko dalam portofolio nilai uang. Analisis terlebih dahulu, pilih saham yang memiliki potensi, pantau secara berkala dan ikuti setiap perkembangan informasinya.

b. Obligasi

Perhatikan nilai dari investasi yang satu ini, seperti jenis ranking, tempo, suku bunga dan lain sebagainya.

c. Reksadana

Reksadana adalah kegiatan investasi yang cenderung memiliki biaya yang lebih rendah dan akan dibantu oleh manajer investasi.

Anda bisa menggunakan produk reksadana dari Bank BTPN apabila ingin terjun ke investasi yang satu ini. Investasi ini juga telah dikelola oleh manajer investasi yang profesional sehingga bisa mengelola reksadana Anda dengan semaksimal mungkin dan meminimalisir kerugian investasi yang bisa saja muncul.

d. Exchange – Traded Funds (etf)

Mirip seperti reksadana, ETF dikelompokan berdasarkan kapitalisasi negara, sekotor dan yang lainnya. Jenis yang satu ini juga menawarkan penghematan dana.

4. Tinjauan Portofolio

Dalam menjalankan investasi tentu kita bisa saja mengalami masa-masa dengan jalan yang terjal atau tidak mulus. Hal ini bisa ditentukan oleh banyak faktor, seperti keuangan, risiko dan lain sebagainya. Jika hal ini atau perubahan lain terjadi, maka kita harus melakukan penyesuaian pada portofolio investasi. Lakukanlah peninjauan portofolio ini secara berkala.

5. Terus Belajar

Untuk membuat dan membangun portofolio investasi yang baik, kita perlu mencontoh atau belajar dari pihak lain yang merupakan ahli juga sudah berpengalaman di bidangnya. Banyak diskusi dan ajukan pertanyaan agar portofolio investasi yang diinginkan bisa terwujud.

Portofolio investasi adalah kumpulan aset investasi yang dapat menguntungkan di kemudian hari. Berbagai cara atau langkah membangun portofolio tersebut, telah disampaikan pada poin-poin pembahasan di atas. Hal ini menjadi penting karena akan berpengaruh pada tercapainya tujuan dari investasi itu sendiri.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS