Dirilis

05 Juli 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Setiap Anda pasti mendambakan kebebasan finansial dan bisa menikmati masa pensiun yang sejahtera, entah pensiun karena sudah waktunya, atau sengaja mengambil pensiun dini. Tapi untuk bisa mencapai semua itu, Anda harus punya rencana masa pensiun. Kenapa?

Di masa pensiun nanti, Anda tidak lagi mendapatkan penghasilan bulanan seperti saat Anda bekerja. Oleh karena itu, perencanaan masa pensiun perlu dipikirkan sejak dini, salah satunya dengan mengatur keuangan sebelum pensiun.

Pengaturan keuangan sebelum pensiun akan berguna untuk Anda, dalam mewujudkan masa pensiun yang sejahtera tanpa harus takut akan menurunnya tingkat kesejahteraan hidup. 

Nah, bagaimana sih meraih kebebasan finansial di hari pensiun nanti? Yuk simak penjelasan berikut!

 

5 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Pensiun

Persiapan masa pensiun tentunya harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Untuk itu, Anda dapat melakukan persiapan masa pensiun dengan cara mengatur keuangan dari sekarang. Semakin matang persiapan Anda untuk masa pensiun nanti, tentu Anda dapat ‘bersantai’ saat masa pensiun Anda tiba. 
Nah, berikut lima tips jitu cara mengatur keuangan Anda sebelum pensiun.

 

1.    Cek Dana Pensiun dan Susun Ulang Anggaran Hidup

Layaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan swasta kini juga bisa mendapatkan dana pensiun. Misalnya, dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), serta Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK). Anda juga bisa bergabung dengan berbagai program dana pensiun yang ditawarkan oleh bank maupun lembaga lainnya.

Dari semua sumber dana pensiun yang Anda miliki, coba hitung berapa total dana yang akan Anda dapatkan. Dari dana tersebut, kemudian Anda bisa susun ulang anggaran hidup saat Anda pensiun nanti. Pastinya akan ada perubahan kebutuhan antara masa pensiun Anda dengan masa produktif Anda. Oleh karena itu, penting untuk menyusun ulang anggaran hidup. Dari sini Anda dapat melihat, apakah dana pensiun yang Anda miliki sudah mencukupi kebutuhan Anda nantinya.

 

2.    Lunasi Utang!

Salah satu hal yang dapat memberatkan Anda ketika pensiun adalah utang. Apalagi jika Anda sudah pensiun nantinya, dana pensiun Anda bisa-bisa habis karena dialokasikan untuk pembayaran utang. Maka dari itu, sebisa mungkin lunasi utang-utang yang dapat memberatkan Anda nantinya.

Baiknya, Anda dapat melunasi utang yang bersifat konsumtif saat Anda masih memiliki penghasilan tetap. Utang konsumtif tersebut dapat berupa cicilan rumah, cicilan mobil, kartu kredit, pinjaman bank, dan lainnya.

 

3.    Selalu Biasakan Rajin Menabung

Anda tentunya tidak bisa hanya mengandalkan program dana pensiun saja untuk persiapan masa pensiun Anda kelak. Untuk itu, Anda bisa menambah dana pensiun Anda dengan tabungan hari tua. Tabungan untuk hari tua ini pun bisa Anda lakukan sejak dini. Oleh karena itu, penting biasakan menabung untuk mempersiapkan masa pensiun Anda nanti.

Jika Anda berada di usia 20an, Anda bisa sisihkan 15% dari penghasilan bulanan Anda. Untuk Anda yang sudah menginjak usia 30-40an, Anda bisa menaikkannya menjadi 25% dari penghasilan bulanan Anda. Sementara Anda yang sudah mencapai usia 50an dan baru ingin menabung, Anda bisa menaikkan tabungan Anda, menjadi 50% dari penghasilan bulanan Anda. Tentunya, jika Anda menabung sejak dini, Anda bisa lebih santai dalam menyisihkan pendapatan Anda.

 

4.    Putar Uang dengan Investasi

Investasi juga dapat menjadi sumber dana pensiun Anda. Anda dapat melakukan investasi jangka panjang, agar uang Anda dapat terus berputar. Beberapa pilihan investasi yang bisa Anda lakukan adalah investasi properti dan reksa dana.

Baca Juga: Cara Investasi Dana Pensiun dan Tips Mengelola yang Benar

 

5.    Praktikan Gaya Hidup yang Lebih Sederhana

Salah satu cara untuk menekan pengeluaran Anda adalah mempraktikan gaya hidup yang lebih sederhana. Tentunya akan ada perubahan kebutuhan saat Anda pensiun nanti. Kurangi pembelian sesuatu yang berdasarkan keinginan, Anda juga perlu untuk membuat skala prioritas untuk bisa melihat mana yang benar-benar Anda butuhkan.

Hal lain yang bisa Anda lakukan misalnya dengan pindah ke hunian yang lebih sederhana dengan pajak yang lebih kecil. Anda juga dapat mengurangi kuantitas Anda untuk berjalan-jalan dan jajan di luar rumah.

Nah, itu tadi lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan Anda sebelum pensiun nanti. Intinya, untuk mewujudkan masa pensiun yang sejahtera, tentunya Anda perlu melakukan persiapan pensiun dengan matang.

Baca Juga: 7 Checklist Persiapan Pensiun Dini

Apabila Anda masih bingung dalam mempersiapkan masa pensiun Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips keuangan lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS