Dirilis

27 Januari 2021

Memiliki rekening tabungan adalah salah satu hal penting bagi pengelolaan keuangan kita. Cara buka rekening juga tergolong sangat mudah. Apalagi dengan memiliki rekening, kita juga bisa menikmati berbagai layanan keuangan yang diberikan oleh Bank, seperti e-banking atau m-banking dan juga ATM. Semua layanan tersebut baru dapat Anda nikmati setelah Anda miliki rekening di bank tertentu. 

Syarat Pembuatan Rekening Tabungan Secara Umum 

syarat untuk buka rekening

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara membuat rekening dan persyaratannya tergolong sangat mudah. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi ketika membuka rekening:

  1. Kartu Keluarga
  2. KTP Asli
  3. Setoran Awal (jumlahnya sesuai dengan ketentuan dari bank yang dipilih)

Apabila Anda tinggal di kota yang berlainan dengan alamat atau kota yang tertera di KTP, maka Anda harus membuat KTP terlebih dahulu di kota yang Anda tempati saat ini. Karena Anda harus menyerahkan KTP asli pada pihak bank, dengan domisili yang sesuai dengan tempat tinggal Anda saat ini. 

Cara Buka Rekening Tabungan dengan Mudah

cara buka rekening di bank

Setelah melengkapi berbagai ketentuan di atas, Anda bisa mulai untuk membuat rekening tabungan. Cara membuka rekening tabungan bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendatangi langsung ke bank yang telah Anda pilih lalu meminta nomor antriannya di sana. 
  2. Jika bagian customer service sudah memanggil nomor antrian Anda maka sampaikan padanya bahwa Anda akan membuat rekening baru. Customer service pun akan menunjukkan jenis-jenis tabungan yang sekiranya diperlukan. Pada bagian ini Anda bisa memilih sekiranya jenis tabungan seperti apa yang memang cocok dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. 
  3. Anda harus mengkonfirmasi pada CS, jenis tabungan yang Anda inginkan saat ini. Lalu Anda juga harus mengisi formulir lengkap dengan tanda tangannya.
  4. Setelah itu Anda akan diberi ATM dengan tanda tangan yang harus dituliskan di bagian belakang kartu. Selanjutnya adalah dengan membuat nomor pin yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda menentukan pin yang tak mudah ditebak oleh orang lain. Namun Anda juga harus selalu ingat dengan nomor pinnya agar bisa mengambil uang tunai di mesin ATM. 
  5. Kemudian Anda akan diberikan slip setoran pertama dan Anda tinggal menunggu dipanggil oleh Customer Service.
  6. Jika sudah dipanggil oleh Teller maka Anda bisa melakukan setoran pertama untuk rekening. 
  7. Setoran pertama akan diproses langsung oleh Teller dan Anda juga harus membubuhkan tanda tangan kembali di kertas putih. Bagian tersebut akan dilihat dengan sinar ultraviolet.
  8. Buku tabungan pun akan segera diproses oleh Teller dan bisa Anda simpan.

Saat membuat rekening tabungan, sebagai nasabah Anda akan diberikan sebuah ATM. Kehadiran ATM di zaman yang serba canggih ini memang lebih menguntungkan bagi banyak orang, dibandingkan dengan rekening tabungannya saja. Bahkan untuk menyetorkan uang pun bisa menggunakan ATM setor tunai dan tak perlu datang ke bank. 

Itulah informasi lengkap mengenai syarat pembuatan rekening tabungan bank dan juga cara buka rekening di Bank. Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa pada dasarnya membuat buku rekening tabungan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Cukup penuhi semua persyaratan yang dibutuhkan dan datangi bank yang bersangkutan, rekening bisa dibuat dengan cepat. 

Bahkan Anda juga bisa membuat rekening tanpa perlu datang ke kantor cabang, misalnya menggunakan produk keuangan tabungan Jenius dari Daya.id. Produk tabungan ini menawarkan kemudahan berupa 1 akun yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi keuangan.  Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.2

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

27 Januari 2021

Info nya bagus niy, cocok untuk yang baru mau buka rekening.thanks daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS