Dirilis

15 April 2022

Penulis

Yulinda Sari

Menjelang hari Raya Idul Fitri biasanya para pelaku usaha akan membagikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan. Di sisi lain, Anda yang masih bekerja sebagai karyawan akan mendapat THR dari perusahaan tempat Anda bekerja. 

Nah, menjelang momen berbahagia itu, tidak ada salahnya jika kita saling mengingatkan, agar rezeki itu tidak langsung dihabiskan. Karena biasanya ketika kita memiliki uang yang banyak, ada potensi langsung merasa ingin menghabiskannya. Padahal uang tersebut bisa ditabung atau diinvestasikan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Bagi Anda yang masih bekerja, misalnya untuk memulai bisnis di masa mendatang?

 

Tips Mengelola Uang THR


Bagaimana caranya biar nanti ketika sudah dapat uang THR tidak langsung habis dan bisa digunakan dengan benar? Bagi Anda yang sudah penasaran banget, langsung simak baik-baik ya beberapa tipsnya.

 

1.    Segera sisihkan untuk ditabung terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sudah mendapatkan uang THR adalah segera sisihkan untuk ditabung. Karena ini akan mencegah Anda memakai uang tersebut. Jadi sebagian uang langsung sudah dimasukkan ke dalam tabungan dan sebagian lagi bisa dimanfaatkan untuk membeli barang yang diinginkan. Untuk jumlah yang seharusnya ditabung itu tergantung dengan tujuan keuangan Anda. Yang paling penting uang yang sudah ditabung sudah tidak bisa digunakan untuk hal lain. Tentunya jika lebih banyak yang ditabung akan lebih baik bukan?

 

2.    Membayar utang, cicilan, atau tunggakan

Setelah menyisihkan uang untuk ditabung, selanjutnya adalah bayar utang, cicilan dan tunggakan. Usahakan membayar cicilan dan tunggakan tetap menggunakan gaji. Karena gaji dan THR tampaknya tidak berbeda jauh pembayarannya oleh pemberi kerja. Jika demikian uang THR tidak tersentuh oleh kebutuhan membayar cicilan dan tunggakan yang dibayarkan setiap bulan.

 

3.    Gunakan untuk membayar zakat fitrah, infak dan sedekah

Alangkah lebih baik kalau uang THR selanjutnya digunakan untuk beramal baik seperti membayar zakat fitrah, infak dan sedekah biar uangnya makin berkah. Untuk zakat fitrah memang wajib dibayarkan pada waktu tertentu selama bulan Ramadhan dan sebelum Ramadhan berakhir. Sedangkan infak dan sedekah bisa dilakukan kapan aja. Namun perlu diingat untuk selalu mengutamakan keluarga dan saudara terdekat terlebih dahulu sebelum bersedekah ke orang lain.

 

4.    Membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan

Setelah semuanya sudah tersisihkan untuk ditabung, sedekah dan bayaran cicilan, Anda bisa menggunakan uang THR bisa membeli barang yang diinginkan. Namun perlu diingat membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu. Untuk itu, perlu dibuatkan daftar barang-barang yang ingin dibeli. Lalu Anda bisa memisahkan barang apa saja yang memang dibutuhkan dan barang apa saja yang kira-kira masih bisa ditunda untuk dibeli.

 

5.    Menyisihkan untuk investasi


Uang THR bukan merupakan pendapatan rutin, jadi alangkah lebih baiknya jika disisihkan beberap persen untuk modal investasi. Anda bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dan menguntungkan sehingga uang yang didapatkan akan mendatangkan manfaat yang maksimal. Jika belum paham investasi, Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang lebih mengerti biar gak salah pilih dalam berinvestasi.

 

6.    Memilih kegiatan menyenangkan yang gratis

Libur hari raya idul fitri biasanya bertepatan dengan liburan sekolah. Usahakan memilih kegiatan menyenangkan yang gratis atau tidak mengeluarkan banyak biaya. Apalagi di zaman sekarang masih pandemi tidak perlu berkegiatan di tempat umum. Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat lebaran nanti bisa mengajak anggota keluarga melakukan berbagai kegiatan seru di rumah seperti bermain kartu, kompetisi olahraga dan lain sebagainya.

 

7.    Ketika bepergian selalu membawa makanan dan minuman dari rumah

Saat bepergian Anda bisa membawa makanan dan minuman dari rumah untuk menghemat pengeluara. Sehingga uang THR untuk membeli jajanan menjaidi lebih kecil.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika sudah mendapatkan uang THR. Harus bisa dikendalikan ya pengeluarannya biar tidak boncos. Tidak percaya, tanya saja kepada perencana keuangan di Tanya Ahli.

Jika Anda masih penasaran tentang tips keuangan yang sehat, Anda bisa mengakses artikel lainnya di Daya.id seperti Tips Keuangan Sehat di Masa Pandemi.  Dan bagi Anda yang masih penasaran mengenai apa saja yang ada di daya.id silakan daftar dan login ya, karena banyak konten menarik pastinya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS