Dirilis

22 Oktober 2023

Penulis

Ariematea

Sebagaimana diketahui, dengan adanya Paylater memungkinkan setiap orang kini bisa membeli barang secara dicicil (diangsur). Namun bagaimana dampaknya jika Paylater tersebut tidak segera dilunasi? Yuk ketahui, ini dampak jika tak lunasi Paylater!

 

Apa Saja Dampak Jika Tak Lunasi Paylater? 

Ini beberapa dampak jika tak lunasi Paylater.

 

1. Diwajibkan Membayar Denda Keterlambatan

Dampak pertama yang mungkin akan Anda terima bilamana tidak segera melunasi Paylater salah satunya yaitu Anda mungkin saja akan diwajibkan untuk membayar denda keterlambatan. Dimana denda keterlambatan ini harus Anda bayarkan bersamaan dengan sisa cicilan Paylater yang belum Anda bayarkan sebelumnya.

 

2. Penutupan Akun

Perlu diketahui bahwa Paylater merupakan salah satu layanan yang diberikan perusahaan digital yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pembelian, dengan metode pembayaran dengan sistem angsuran (dicicil).

Beberapa layanan Paylater yang populer saat ini antara lain Shoppee Paylater yang dikembangkan oleh Shopee, GoPay Paylater dari GoPay, layanan Paylater dari Kredivo, Akulaku, Ovo Paylater, dan yang lainnya. 

Dengan kata lain, untuk memanfaatkan layanan Paylater dari salah satu perusahaan digital tersebut, biasanya Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Dimana nantinya, jika Anda terbukti tidak bisa melunasi Paylater tepat waktu. Maka besar kemungkinan, akun Anda tersebut akan ditutup. 
Sehingga Anda tidak bisa menggunakan akun tersebut untuk melakukan transaksi seperti biasanya. Inilah dampak jika tak lunasi Paylater yang seringkali dirasakan oleh pengguna Paylater dari sejumlah perusahaan digital di masa ini.

 

3. Skor Kredit di SLIK OJK Menjadi Turun


Bukan hanya untuk debitur yang meminjam uang di bank saja. Setiap transaksi pembayaran kredit yang Anda lakukan di Paylater juga akan tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang ada pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga : Cari Tahu Cara Cek SLIK Checking via Online Paling Mudah!

Dimana jika riwayat pembayaran kredit yang Anda lakukan bisa dikatakan cukup baik. Maka skor kredit Anda di SLIK OJK tersebut dinyatakan stabil, bahkan mungkin menjadi meningkat. Namun bagaimana jika tidak bisa melunasi Paylater secara tepat waktu?

Sudah bisa ditebak, dampak jika tak lunasi Paylater secara tepat waktu, secara langsung bisa membuat skor kredit Anda di SLIK OJK menjadi turun. Dengan begitu, mau tak mau, Anda tidak bisa melakukan pinjaman di perusahaan (platform) digital lainnya, yang menyediakan layanan Paylater yang serupa. 

 

4. Masuk Daftar Blacklist SLIK OJK    

Bukan hanya skor kredit Anda saja yang menurun. Lebih jauh lagi, dampak jika tak lunasi Paylater yang mungkin saja akan Anda terima antara lain, Anda akan masuk daftar blacklist SLIK OJK. Dimana jika hal ini terjadi, Anda bukan hanya tidak bisa mengajukan kredit Paylater di platform manapun, namun juga tidak bisa mengajukan pinjaman (kredit) di bank/lembaga pembiayaan lainnya.

 

5. Didatangi Debt Collector

Meskipun Paylater biasanya dibuat oleh perusahaan digital. Dalam arti, Anda tidak tahu lokasi keberadaan perusahaan pembuat Paylater tersebut. Namun jangan salah, perusahaan digital tersebut telah merekam data pribadi Anda, melalui kartu identitas yang Anda scan sewaktu pendaftaran akun.Termasuk data mengenai alamat dan nama orang-orang terdekat Anda.

Dengan kata lain, jika ternyata Anda tidak bisa melunasi Paylater. Maka perusahaan digital tersebut akan mengirimkan petugas penagihan (debt collector) ke lokasi yang sesuai dengan kartu identitas Anda. 

Bisa dibilang, inilah dampak jika tak lunasi Paylater yang seringkali tidak disadari para pengguna Paylater. Akibatnya, mereka cenderung lalai melakukan pembayaran, yang berujung adanya penagihan secara langsung oleh debt collector.

Baca juga : Tips Hadapi Debt Collector Pinjol yang Mengganggu, Mudah Dilakukan dan Aman

 

6. Dipenjara

Bisa dibilang, jika dibandingkan dengan sejumlah dampak yang telah dijelaskan diatas, inilah dampak jika tak lunasi Paylater yang cukup ekstrem. Dimana jika perusahaan digital pemberi layanan Paylater tersebut telah melakukan sejumlah hal-hal yang telah disebutkan pada poin-poin diatas. Sementara pengguna Paylater tersebut tetap tidak bisa ataupun tidak mau melunasi cicilannya.

Maka biasanya perusahaan digital tersebut akan menempuh jalur hukum, yang mana salah satunya mungkin saja akan menjerat pengguna Paylater tersebut untuk masuk penjara, sebagai dampak dan resiko dari ketidakmampuannya dalam melunasi Paylater. 

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Karena meskipun perusahaan pemberi layanan Paylater tersebut berbasis digital, namun biasanya, perusahaan tersebut telah memiliki izin resmi. Sehingga perusahaan tersebut dianggap cukup layak untuk menempuh jalur hukum, bilamana ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Dari sejumlah dampak diatas, kiranya bisa menjadi peringatan bagi semua pengguna Paylater untuk segera melunasi Paylater secara tepat waktu. Karena jika tidak, bukan tak mungkin, Anda akan terkena dampak jika tak lunasi Paylater seperti yang telah dijelaskan diatas.

Nah itu dia beberapa dampak yang dihadapi jika tak lunasi paylater   yang bisa Anda pelajari. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda. Sebagai bentuk manfaat lebih yang dapat di berikan oleh Bank BTPN, Anda juga dapat mengunjungi daya.id dan mendaftarkan diri Anda di sini secara gratis. Jika Anda membutuhkan artikel tips lainnya  anda juga dapat langsung berdiskusi secara gratis dengan menggunakan fitur Tanya Ahli di daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

30 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

RAMADHANI

07 Desember 2023

Kenapa banyak banget pinjol dan hutang

Balas

. 0

Nur Jiya Azzahra

07 Desember 2023

Saya pengguna paylatter

Balas

. 0

Grace

04 Desember 2023

Thank you infonya, semoga ga pernah telat paylater

Balas

. 0

Khairunnisa

01 Desember 2023

Sangat yakin untuk tidak menggunakan paylater ataupun pinjol

Balas

. 0

Khairunnisa

01 Desember 2023

Sangat yakin untuk tidak menggunakan paylater ataupu pinjol

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS