Dirilis

13 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Barang yang sudah dibuang namun masih bisa dimanfaatkan disebut sebagai sampah organik. Sampah ini bisa dimanfaatkan salah satunya menjadi eco enzyme. Eco enzyme ini merupakan hasil dari pupuk kompos yang berasal dari sampah yang dipergunakan kembali.  Cairan eco ini merupakan sejenis larutan dari zat organik yang sifatnya kompleks dan dibuat dari beberapa bahan seperti sisa-sisa organik, air dan juga gula. 

Cairan eco berwarna gelap dengan aroma yang kuat, asam dan juga segar. Cairan eco ini untuk pertama kalinya ditemukan oleh Dr. Rosukon Poompanvong, yang kemudian dikembangkan di Negara Thailand. Beliau merupakan peneliti yang sudah meriset enzym secara aktif selama lebih dari 30 tahun.

Cara Membuat Eco Enzyme dengan Tepat di Rumah

cara membuat eco enzyme
Anda juga bisa membuat cairan eco ini di rumah saja, dengan menggunakan bahan alami serta alat yang sederhana. Berikut ini langkah dan tata cara membuat cairan eco sendiri di rumah:
1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
  • Kulit buah 150 gr
  • Air 500 ml
  • Gula pasir 50 gr
2. Alat-alat:
  • Corong
  • Botol plastik bekas ukuran 1 liter
  • Timbangan digital
3. Cara dan Langkah Membuatnya:
  • Siapkan wadah plastik terlebih dahulu kemudian tutup dengan rapat. Jangan menggunakan wadah yang bahannya logam karena tidak bersifat elastis. Setelah itu dalam proses fermentasinya nanti akan menghasilkan gas. Sehingga Anda akan membutuhkan wadah yang tepat untuk memasukkan air dan gula yang sudah disiapkan tadi.
  • Setelah itu masukkan kulit buah ke dalam wadah.
  • Sisakan tempat untuk melakukan proses fermentasi pada wadah tersebut.
  • Aduk-aduk wadah atau dijungkirbalikan hingga larutan air serta gulanya tercampur rata. Lakukan hal itu terus menerus setiap harinya selama satu bulan pertama.
  • Taruh di tempat yang suhunya dingin, memiliki ventilasi dan juga kering. Jangan sampai terkena sinar matahari dan jangan disimpan di kulkas.
  • Fermentasi ini akan berlangsung selama kira-kira tiga bulan khusus daerah tropis dan enam bulan khusus untuk daerah subtropis.
  • Panen cairan eco sudah bisa dilakukan setelah 3 atau 6 bulan tersebut.

Manfaat Eco Enzyme yang Serba Guna

manfaat dari eco enzyme
Apa saja manfaat dari cairan serbaguna ini? Berikut ini beberapa manfaat dari cairan eco untuk kehidupan sehari-hari:

1. Bisa Digunakan Sebagai Cairan Pembersih

Gunakan cairan eco sebagai cairan pembersih yang ampuh dalam membersihkan seluruh bagian rumah seperti baju, seluruh ruangan di rumah, dan bisa juga untuk mencuci sayur dan buah-buahan segar. Namun, perlu diingat untuk tidak menyimpan cairan eco lebih dari 7 hari setelah digunakan, karena akan menimbulkan bakteri.

2. Sebagai Pupuk Tanaman

Cairan eco juga bisa digunakan sebagai pupuk tanaman yang nantinya akan meningkatkan kualitas rasa dari buah/sayuran yang Anda tanam, membuat tanah dan tanaman menjadi subur, sampai menghilangkan hama pengganggu. 

3. Melestarikan Lingkungan

Larutan pembersih serbaguna ini juga bisa melestarikan lingkungan. Jadi, setelah Anda membersihkan rumah, baju atau buah dan sayur dengan cairan eco maka Anda sudah berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah dan melestarikan lingkungan. Dengan lingkungan yang lestari dan bersih, maka kesehatan tentunya bisa lebih terjaga. 

Itulah cara membuat dan manfaat dari eco enzyme untuk kehidupan sehari-hari. Cara membuatnya yang mudah dan manfaatnya yang banyak untuk kehidupan seperti untuk cairan pembersih, sebagai pupuk tanaman, dan untuk melestarikan lingkungan membuat eco enzym ini sangat dianjurkan untuk dibuat di rumah. 

Informasi lain terkait lingkungan sehat dan seputar kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur tanya ahli dari Daya.id untuk bisa berkonsultasi langsung dengan dokter dan menjawab keluhan kesehatan Anda. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS