Dirilis

07 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Mengonsumsi tahu dan tempe secara tidak langsung sudah membuat Anda mengambil manfaat kedelai yang sangat bagus untuk kesehatan. Tahu dan tempe memang menjadi favorit masyarakat Indonesia baik sebagai lauk ataupun diolah menjadi camilan saja. Jenis olahan lainnya yang juga digemari adalah susu kedelai. Lalu, apa saja manfaat kacang kedelai bagi kesehatan tubuh kita.

 

6 Manfaat Mengkonsumsi Kedelai untuk Kesehatan

Dilansir dari website kesehatan Cleveland Clinic, manfaat yang bisa kita dapatkan dari kacang kedelai tersebut antara lain sebagai berikut:

 

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Bagi Anda yang tidak menyukai susu sapi dan susu hewani lainnya bisa menggantinya dengan susu kedelai. Manfaat yang akan Anda dapatkan tetap sama yaitu mendapatkan tulang yang sehat dan kuat. Sama dengan susu hewani pada kedelai juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang.

Di samping itu kedelai juga mengandung antioksidan dan protein yang akan melindungi tulang serta gigi dari pengeroposan. Karena itulah susu kedelai disarankan untuk dikonsumsi lansia dan juga orang yang intoleran laktosa.

 

2. Mencegah Penyakit Kanker

manfaat kedelai untuk mencegah kanker

Salah satu cara mudah untuk melindungi diri dari penyakit kanker adalah dengan rajin makan kedelai dan olahannya. Di dalam kedelai terdapat isoflavon, antioksidan yang berguna untuk mencegah berkembangnya sel kanker. Jenis kanker yang bisa dicegah kalau Anda rajin mengonsumsi kedelai adalah kanker payudara dan endometrium pada wanita. Sedangkan bagi pria, kedelai bermanfaat untuk mencegah munculnya kanker prostat.

 

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Banyaknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit degeneratif berbahaya seperti jantung, darah tinggi dan stroke. Cegah penumpukan kolesterol jahat berupa LDL di dalam darah dan gantikan dengan HDL agar penyakit-penyakit tersebut tidak menyapa.

Bagaimana caranya? Cukup mudah. Rajin konsumsi makanan yang dibuat dari kedelai seperti tahu, tempe dan lainnya. Kandungan serat tinggi dan lemak baik di dalam kedelai akan mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik(HDL) dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya.

 

4. Mencegah Datangnya Kepikunan

manfaat kedelai untuk mencegah pikun

Pikun atau demensia memang wajar dialami oleh lansia akibat bertambahnya umur yang semakin tua. Hanya saja sebenarnya kepikunan bisa diperlambat dengan konsumsi kedelai. Mengapa? Kedelai bermanfaat untuk memperbaiki memori dan menjaga fungsi otak.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam rangka mencegah atau memperlambat kepikunan, padukan dengan pola makan seimbang. Lengkapi menu makan dengan buah dan sayur. Jangan lupa untuk rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kurangi rokok dan hindari stres.

 

5. Menjaga dan Memperbaiki Ginjal

Kedelai juga membantu mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal kronis menjadi lebih sehat. Berdasarkan data yang ada kedelai berhasil menurunkan kadar serum fosfat, serum kreatinin dan protein yang terdapat pada urine penderita ginjal kronis.

 

6. Mengurangi Nyeri Haid

Sering mengalami nyeri saat sedang haid? Atasi dengan mengonsumsi kedelai dan olahannya. Isoflavon yang ada di dalam kedelai berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri hebat ketika haid. Bahkan kedelai mampu mengatasi hot flash yang sering dialami oleh wanita yang sedang haid.

Itulah beberapa manfaat kedelai yang bisa diambil untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Dari informasi ini, dapat diketahui bahwa dibalik ukurannya yang kecil, ternyata ada segudang manfaat baik yang bisa Anda dapatkan dari kedelai. Apalagi kedelai juga sangat mudah untuk ditemukan dan harganya terjangkau. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar nilai dan gizi dari kedelai selengkapnya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!        
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS