Dirilis

19 November 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Berikut 6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Dibalik kegunaannya yang sangat besar, manfaat mentimun memang terbukti sangat besar untuk kesehatan tubuh. Secara botanis, mentimun termasuk dalam klasifikasi buah karena dihasilkan oleh bunga dan memiliki biji. Hanya saja, memang selama ini mentimun sudah lebih familiar sebagai sayur. Lalu, apa saja khasiat baik dari buah bernama latin latin Cucumis Sativum ini? Mari simak informasinya berikut ini.

Sederet Manfaat Mentimun yang Luar Biasa

Dilansir dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia, ada banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari mentimun. Per 100 gram mentimun, Anda akan mendapatkan nutrisi berupa kalori, air, serat, kalsium, fosfor, kalium, beta karoten, folat, vitamin K, dan vitamin C. Dengan nutrisi tersebut, tidak heran jika mentimun sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut:

1. Kaya Antioksidan


manfaat mentimun kaya antioksidan


Manfaat mentimun yang pertama yaitu dikenal sebagai asupan yang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dan mampu mencegah risiko berbagai penyakit, seperti halnya jantung, paru, dan kanker.

2. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan mentimun itu terdiri dari banyak air. Sehingga salah satu manfaatnya adalah mampu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Perlu diketahui bahwa kondisi tersebut dapat memengaruhi banyak hal mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme, sehingga mentimun memiliki peranan penting karena dapat memenuhi kebutuhan cairan harian kita.

3. Bantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat mentimun yang lain dipercaya mampu membantu proses penurunan berat badan, karena buah yang satu ini mengandung sedikit kalori. Pada setiap 300 gram mentimun, terkandung sebanyak 45 kalori. Ini berarti, makan banyak mentimun membuat kalori lebih terjaga tanpa mengurangi energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat tetap membuat kita merasa kenyang.

Selain itu, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori erat kaitannya dengan penurunan berat badan yang signifikan. Buah rendah kalori yang satu ini juga dapat menjadi salah satu buah yang dikonsumsi pada program diet dengan rasanya yang menyegarkan, renyah dan netral serta cocok dipadupadankan dengan sayuran ataupun buah lainnya.

4. Menurunkan Gula Darah


manfaat mentimun menurunkan gula darah


Selain dapat membantu proses penurunan berat badan, mentimun juga dikenal sebagai buah yang mampu menurunkan kadar gula darah. Terdapat beberapa penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa manfaat mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi penyakit diabetes.

5. Baik untuk Pencernaan

Berkat kandungan air yang ada pada mentimun juga lah yang membuat buah ini diyakini memiliki dampak baik bagi pencernaan. Karena hal tersebut dapat melancarkan pencernaan usus lebih teratur dan sekaligus menghindarkan pencernaan dari risiko sembelit. Selain itu, kandungan pektin yang merupakan serat larut dan ada di dalam mentimun dipercaya mampu membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat mentimun yang terakhir adalah untuk kesehatan jantung. Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat yang ada pada mentimun ternyata juga bisa menjaga kesehatan jantung. Mentimun diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol dan kandungan kalium pada mentimun juga bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Vitamin K yang ditemukan dalam mentimun juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah menumpuknya mineral di area arteri tubuh manusia. Dengan begitu, proses memompa darah ke seluruh tubuh bisa menjadi lebih lancar.

Itulah berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui. Mulai dari mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, baik untuk pencernaan, hingga menjaga kesehatan jantung. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar nutrisi dan manfaat mentimun selengkapnya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!             

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS