Dirilis

18 Desember 2020

Konsep bisnis adalah kumpulan dari gagasan atau ide yang konkret untuk mewujudkan adanya suatu usaha. Gagasan dan ide ini akan berpedoman pada nilai usaha, tujuan usaha, dan target pasar. Bisa dibilang konsep bisnis sama seperti perencanaan sebelum memulai bisnis. Suatu hal yang memiliki perencanaan pasti akan mencapai tujuannya. Konsep bisnis ini juga berguna supaya Anda dan tim tetap fokus untuk mencapai tujuan bisnis.

Business Coach

Selain digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis, konsep bisnis ini juga sering digunakan saat Anda hendak mencari investor untuk modal bisnis Anda. Apabila konsep bisnis Anda cukup menarik, menguntungkan, dan realistis maka Anda pun nantinya akan mudah mendapatkan investor.

 

Cara Membuat Konsep Bisnis yang Benar

Untuk membuat konsep bisnis sebenarnya tidak terlalu sulit. Konsep bisnis ini biasanya terdapat poin-poin penting yang bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan bisnis Anda. Lalu bagaimana caranya membuat konsep bisnis yang baik dan benar? Inilah tahapannya: 

 

1. Tentukan Dahulu Nama Bisnis 

membuat konsep bisnis

Dalam sebuah konsep bisnis haruslah terdapat nama dari bisnis Anda. Karena nama itulah yang merupakan identitas dari bisnis yang Anda dirikan. Oleh karena itu, selalu tentukan dahulu nama dari bisnis yang Anda miliki. Selain nama, Anda juga dapat memberikan beberapa cerita seperti latar belakang bisnis Anda, atau beberapa hal lain yang bisa menjelaskan tentang bisnis Anda. Pastikan cantumkan dengan singkat, padat, dan juga jelas. 

Baca Juga: Tutorial Merencanakan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas

 

2. Tentukan Tujuan Perusahaan

Sama seperti yang sudah dijelaskan tadi, dalam setiap bisnis pastilah memiliki tujuan, dan konsep bisnis inilah yang membantu mencapai tujuan tersebut. Jika dalam bisnis tidak ada tujuan atau target yang harus dicapai, maka bisnis hanya akan berlari di tempat saja.  Tujuan juga sering kali disebut sebagai visi dan misi. Visi sendiri merupakan tujuan utama yang ingin Anda raih di bisnis Anda. Sedangkan misi merupakan tujuan-tujuan pendukung yang bertujuan untuk mencapai tujuan utama tersebut.

 

3. Tentukan Produk atau Jasa yang Akan Ditawarkan 

membuat nama bisnis untuk konsep bisnis yang tepat

Dalam setiap bisnis pastilah terdapat produk atau jasa yang menjadi bagian utama bisnis Anda. Penjelasan dari produk bisnis Anda juga harus dimasukan kedalam konsep bisnis. Kalau bisa, jelaskan juga kapasitas produksi Anda berapa banyak dalam sebulan. Serta pikirkan juga Anda akan menggunakan strategi apa untuk dapat memenuhi target produksi bisnis Anda. 

 

4. Target Pasar 

Target pasar adalah hal penting yang tidak bisa diabaikan. Pemilik usaha harus memikirkan berapa umur target market untuk bisnis Anda. Mereka semua berasal dari wilayah mana, seberapa besar membelinya, bahkan sampai dengan kehidupan sehari-hari mereka. Apakah target market Anda adalah di pusat perbelanjaan atau dari internet. Semua juga perlu dijelaskan dengan detail.

Anda juga harus pintar-pintar menganalisis atau membaca pangsa pasar. Sepertinya hal ini sudah sangat familiar untuk para pengusaha. Jika Anda mampu membaca pasar, maka bisnis Anda jumlahnya akan meningkat dari tahun ke tahun, sehingga investor akan mudah tertarik dengan bisnis Anda.

 

5. Buat Analisis Keuangan yang Matang 

Bisa dibilang ini merupakan bagian yang paling penting bagi konsep bisnis Anda. Yaitu mengenai perhitungan keuangan, jika dari awal Anda sudah salah perhitungan, maka selanjutnya juga akan selalu salah. Oleh karena itu mengapa pengusaha harus teliti dan dan juga realistis dalam menyusun analisa keuangan mereka.

Itulah beberapa hal tentang cara membuat konsep bisnis yang baik dan juga benar. Membuat bisnis memang tak semudah yang dibayangkan. Semua juga harus ada perencanaannya. Dengan perencanaan yang matang, bisnis yang dimiliki bisa berjalan dengan lancar. Sebagai pemilik usaha, apabila Anda membutuhkan tambahan modal, Anda bisa memanfaatkan produk Digital Micro dari Bank BTPN, yang memang bisa menjadi solusi tepat bagi para pengusaha pemula. 

Digital Micro
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS