Dirilis

26 Desember 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Hampir 30-50% biaya usaha dapat dipangkas dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Sebuah perusahaan manufaktur di Jepang dapat memangkas hingga 50% biaya pengembangan produk dan melakukan efisiensi waktu dengan proses digitalisasi desain dan produk. Hal ini juga bisa Anda terapkan sebagai pengusaha UKM. Dengan memanfaatkan platform teknologi yang sedang banyak bermunculan akan membantu proses operasional usaha Anda. Berikut beberapa tips dengan memanfaatkan teknologi di era digital untuk menghemat biaya operasional:

1. Gunakan teknologi terkini: Cloud
Sekarang sudah ada jenis teknologi yang bisa mengintegrasikan pekerjaan Anda dari berbagai device atau perangkat yang berbeda, misalnya laptop, tablet, atau ponsel pintar. Penggunaan ini memungkinkan Anda, partner, atau tim bekerja di mana saja dan kapan saja, termasuk mengakses dokumen yang sama meski di tempat yang berbeda. Hal ini dapat memangkas waktu bertemu dan biaya transportasi untuk sekadar revisi dokumen atau rapat. Sehingga, Anda masih bisa melakukan kegiatan lain.

2. Payroll lebih mudah dan hemat
Tidak ada dana untuk menggaji staf akunting atau keuangan untuk mengurus gaji tim atau staf Anda? Anda bisa menggunakan software/perangkat lunak penggajian atau payroll untuk mengatur keuangan usaha Anda. Perangkat lunak ini bisa mengatur mulai dari pembuatan laporan akhir tahun, perhitungan pajak, serta payroll. Berbagai fitur menarik dan memudahkan proses bisnis bisa Anda unduh. Daripada membayar gaji pegawai tiap bulan lebih baik membeli atau berlangganan teknologi ini setiap tahun dengan nominal yang pasti jauh lebih murah.
 
3. Kendalikan stok barang lebih mudah

Saat ini, beberapa UKM telah menggunakan aplikasi yang memiliki fitur inventory management. Melalui, teknologi ini Anda dengan mudah dapat melacak informasi dari pemasok saat hendak menambah stok. Anda juga bisa mengubah sistem pembelian barang. Sehingga, Anda dapat menekan biaya antar jemput barang.

4. Social Listening
Untuk perbaikan bisnis Anda tentu dibutuhkan umpan balik dari pelanggan. Setiap interaksi dengan pelanggan akan memiliki efek dengan bisnis Anda. Selain melalui media sosial, Anda bisa memanfaatkan teknologi lain untuk menampung keluh kesah pelanggan sehingga bisa melakukan perbaikan operasional. Anda bisa menggunakan teknologi help desk yang dapat membuat Anda berintraksi dengan konsumen melalui berbagai kanal, seperti surel, chat, dan telepon melalui satu dashboard.

Bayangkan, manfaat yang bisa Anda peroleh dengan melakukan perubahan strategi operasional Anda. Dengan SDM dan peralatan yang lebih efisien, Anda bisa mendapatkan informasi dan sistem yang lebih lengkap. Tertarik?

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS