Dirilis

18 Mei 2022

Penulis

Majalah Franchise Indonesia

Omzet menjadi faktor penting dalam kesuksesan usaha Anda. Namun, tidak melulu omzet mengalami kenaikan seperti yang Anda inginkan. Omzet terkadang naik, tidak berkembang, atau bahkan sampai turun. Ketika omzet turun, mungkin Anda akan mengeluh dan panik karena akan berdampak pada kinerja bisnis franchise Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa saat omzet turun, bukan berarti usaha franchise Anda gagal. Itu merupakan proses bagi Anda untuk belajar menjalankan usaha yang lebih baik. Jadi, saat omzet turun, jangan hanya mengeluh dan panik, Anda harus mulai belajar bagaimana meningkatkan omzet.

 

Perhatikan hal berikut di dalam bisnis franchise

Untuk meningkatkan omzet bisnis franchise, ada 2 hal yang harus Anda perhatikan sebagai prasyarat yang kinerjanya bisa dikembangkan.

Pertama, faktor pasar dan harga jual. Setiap bisnis franchise pasti akan memilki omzet yang berbeda tergantung dari besarnya outlet tersebut. Sebagai contoh, konsumen di bandara memiliki pasar yang berbeda dengan konsumen yang berjualan di kaki lima. Anda bisa saja menjual produk A dengan harga yang cukup tinggi di bandara, namun jika Anda menjual produk A di tempat jualan kaki lima dengan harga yang sama, tentunya produk Anda tidak akan laku. Hal ini dikarenakan perbedaannya daya beli di tempat tersebut. 

Kedua, faktor lokasi. Lokasi yang strategis akan lebih banyak mengundang pengunjung. Outlet yang berada di lokasi ramai dilewati oleh calon konsumen akan berpeluang menarik konsumen untuk berkunjung dibandingkan dengan outlet yang berada di dalam gang sepi. 

Memperhatikan kedua faktor di atas sangat penting lho untuk mengetahui potensi dari bisnis franchise Anda. Jika lokasi outlet Anda strategis namun berada di lokasi gerai sempit, maka besar kemungkinan pengunjung akan memilih outlet lain yang tidak ramai. Alih-alih mendapatkan calon konsumen, Anda justru tidak kehilangan calon konsumen.

Namun jika lokasi outlet Anda tidak strategis tapi luas, hal tersebut pun sama saja terbuang percuma karena calon konsumen yang datang pun sedikit karena lokasi yang sulit ditemukan. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan kedua faktor tersebut. 

Sebagai contoh, outlet bisnis biasanya berada dekat jalan raya dan menghadap lalu lintas yang ramai. Jalanan dua arah akan sangat bagus untuk outlet Anda karena memungkinkan toko Anda  dilihat oleh pengendara, sehingga meningkatkan kemungkinan outlet Anda didatangi oleh calon konsumen lebih banyak pengunjung. Jalanan dua arah cenderung lebih memberikan pengunjung yang lebih banyak, dibandingkan jalanan satu arah.

Lalu, setelah Anda memperhatikan kedua faktor dari bisnis franchise tersebut, selanjutnya bagaimana cara Anda untuk menaikan omzet bisnis franchise?

 

1.    Anda harus memikirkan strategi baru sebagai franchisor

Franchise merupakan usaha kemitraan yang membuka bisnis dengan nama, merek, dan produk dari bisnis yang sudah ada sebelumnya. Jika Anda membeli sebuah usaha franchise, maka Anda akan disebut sebagi franchisee. Sedangkan seseorang yang memiliki produk atau merek tersebut disebut dengan franchisor. Sebagai franchisee, nantinya Anda akan dibantu oleh franchisor untuk menentukan lokasi yang bagus untuk tempat outlet Anda. 

Namun, sebagai franchisee nantinya Anda dituntut untuk mengelola sendiri bisnis tersebut. Dengan kata lain, kerja keras Andalah yang akan mempengaruhi omzet dari bisnis franchise tersebut. Sehingga penting untuk Anda membuat perencanaan yang baik untuk agar bisa menghasilkan omzet dan penjualan sesuai yang diharapkan.

 

2.    Mempertahankan kualitas produk dan layanan 

Pembeli akan lebih tertarik dengan produk berkualitas yang dibarengi oleh pelayanan yang baik. Sebagai franchisee, Anda harus bisa mempertahankan standar kelayakan dari produk yang Anda jual. Anda tidak boleh menurunkan standar produk untuk keuntungan sementara karena hal tersebut mempengaruhi kepercayaan konsumen Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah terus memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap konsumen dan tetap konsisten mempertahankan standar produk agar konsumen tidak kecewa dengan Anda.

 

3.    Memanfaatkan media sosial untuk tempat promosi

Promosi bertujuan untuk mengenalkan produk kepada orang-orang dengan cara yang kreatif sehingga produk yang Anda jual banyak diketahui dan diminati oleh konsumen. Promosi sangat mempengaruhi terhadap penjualan produk Anda lho, sehingga Anda tidak boleh sembarangan dan harus bisa melakukan promosi dengan baik. Semakin kreatif dan menarik promosi yang Anda lakukan, maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan produk Anda.

Jika Anda tetap mempertahankan kualitas dari layanan dan produk yang Anda jual, maka dengan bantuan promosi di media sosial, bukan tidak mungkin Anda bisa membuat calon konsumen membeli produk Anda dan menawarkannya kembali kepada teman-teman mereka. Jangan lupa untuk membuat konten-konten yang menarik baik itu di Twitter, Instagram, TikTok, Facebook, ataupun media sosial lainnya. 

 

4.    Lebih kreatif daripada kompetitor lainnya

Usaha keras Anda harus diiringi dengan kreatifitas terhadap segala aspek dari bisnis franchise Anda. Untuk menaikan minat pembeli, Anda harus bisa menbuat produk atau layanan yang kreatif sehingga beda dari kompetitor lainnya. Sebagai contoh, buatlah layanan delivery order bagi pembeli yang tidak mau datang ke outlet Anda. Ada banyak pembeli yang lebih memilih untuk tetap di rumah sambil menikmati produk Anda, daripada harus keluar rumah dan berdesak-desakan. Sehingga dengan Anda membuat layanan delivery order ini bisa menjadi win-win solution bagi Anda maupun konsumen. Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan, dan konsumen bisa tetap menikmati produk Anda. Menarik bukan?

Nah, itu dia penjelasan singkat dari 4 tips meningkatkan omzet bisnis franchise yang bisa Anda coba! Tentu saja, siapa sih yang tidak panik jika bisnis mereka mengalami penurunan omzet? Meskipun demikian, Anda tidak boleh panik terlebih dahulu! Dengan mempraktikkan tips di atas, diharapkan Anda dapat meningkatkan kembali omzet dari bisnis franchise menjadi lebih banyak lagi. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS