Dirilis

10 November 2022

Penulis

Arief Akbar

Ketika Anda mendengar kata mi instan, apa nama brand atau merek yang muncul di pikiran Anda? Jika Anda memikirkan sebuah nama brand, maka hal itu merupakan salah satu contoh simple dari brand awareness. Tapi, apakah itu penting bagi bisnis? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, mari simak bersama mengenai brand awareness dan apa manfaatnya bagi bisnis.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Brand Awareness Bagi Bisnis Anda

 

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek bisnis dikenal oleh konsumen. Mengutip dari Indotrading, brand awareness adalah teknik pemasaran yang menggambarkan nilai, besaran angka, dan tingkat pengakuan konsumen terhadap produk dengan nama yang sudah diberikan.

Secara umum, brand awareness dapat menunjukkan bagaimana pelanggan konsumen mengenali merek atau produk yang Anda jual. Hal ini dapat Anda ketahui dari cara mereka merespon setiap kali melihat produk Anda.

Jika mereka mengacuhkannya, bisa jadi hal itu menunjukkan bahwa tingkat brand awareness dari bisnis yang Anda jalankan terbilang masih rendah. Karenanya, membangun brand awareness merupakan langkah yang tepat untuk memasarkan bisnis dan produk Anda, terutama pada tahap awal berbisnis.

 

Jenis-Jenis Brand Awareness


Brand awareness sendiri dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, tergantung pada persepsi pentingnya brand awareness dari target calon konsumen. Berikut ini beberapa jenis brand awareness yang dibagi ke dalam 3 jenis.

 

1. Brand Recall

Brand recall adalah istilah untuk penarikan kembali brand atau merek secara spontan dari ingatan ketika konsumen diminta untuk mengingat kembali nama-nama merek yang mereka sukai. Brand recall juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti individu dan faktor seperti penggunaan, tingkat pendidikan, dan strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis.

 

2. Pengakuan Merek

Pengakuan merek adalah ketika konsumen dapat mengenali merek produk atau jasa dan dapat membedakannya dari merek atau brand lain. Jenis brand awareness yang satu ini tidak mengharuskan konsumen untuk mengenali dan mengingat namanya.

 

3. Top-of-Mind Awareness

Top-of-mind awareness adalah sekumpulan jenis merek yang selalu dibeli oleh para konsumen dan menjadi salah satu pertimbangan konsumen. Memasukkan brand atau merek ke dalam  perangkat, maka pertimbangan ini adalah tujuan akhir dari setiap pemasar atau pengusaha.

 

Manfaat Brand Awareness Bagi Bisnis

Setelah memahami pengertian dan jenis-jenisnnya, penting juga bagi Anda untuk memahami apa saja manfaat dari brand awareness dalam pengembangan bisnis. Berikut ini beberapa manfaat brand awareness bagi bisnis Anda.

  • Brand awareness dapat membantu menumbuhkan kepercayaan masyarakat luas terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan.
  • Brand awareness dapat membantu Anda meningkatkan loyalitas konsumen untuk terus membeli produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
  • Brand awareness dapat menciptakan kesan baik yang mendalam untuk menjangkau calon konsumen secara personal.


 

Cara Meningkatkan Brand Awareness


Tidak cukup sampai di sini, Anda juga tentu penasaran dengan bagaimana cara meningkatkan brand awareness bagi bisnis, bukan? Karenanya, Anda dapat melakukannya dengan mempraktikkan 3 cara berikut ini.

 

1.  Aktif di Dunia Digital Marketing

Dunia digital terutama digital marketing menjadi sarana yang tepat bagi para pebisnis untuk mengembangkan bisnis secara online dan menjangkau pasar yang lebih luas. Calon pelanggan pun dapat mencari informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan dengan lebih mudah melalui dunia digital.

Untuk mengembangkan bisnis secara online, Anda dapat aktif dan bergabung di berbagai platform online seperti media sosial atau marketplace lainnya. Anda juga dapat membuat situs sendiri agar pengguna internet dapat fokus dengan produk atau jasa yang ditawarkan dari bisnis tersebut.

 

2. Meningkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk memiliki peranan penting dalam meningkatkan brand awareness bisnis Anda. karenanya, Anda harus memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi agar dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan.

Apabila konsumen tidak puas dengan kualitas produk yang Anda tawarkan, mereka tentu tidak akan menggunakan produk itu kembali. Tetapi sebaliknya, kualitas produk yang baik akan membuat konsumen Anda kembali membeli produk tersebut dan bahkan mempromosikannya kepada orang lain.

 

3. Mengadakan Kegiatan Promosi

Cara terakhir yang tak kalah penting untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengadakan kegiatan promosi. Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan promosi seperti pemberian sale, potongan harga, cashback, atau hadiah agar konsumen tertarik untuk membeli produk maupun jasa yang Anda ditawarkan.

Baca Juga: 3 Cara Membangun Brand Awareness Usaha Digital

Itulah pengertian, manfaat, jenis-jenis, hingga cara meningkatkan brand awareness bagi bisnis Anda. Jika Anda masih menemukan kesulitan dalam mempraktikkan brand awareness bagi Anda dan atau ingin bertanya pada ahlinya, jangan ragu untuk mendaftar di daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli secara gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

14 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

14 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

25 Januari 2023

👍🏼

Balas

. 0

Ferri kurniawan

15 November 2022

👍

Balas

. 0

Rudi haryono

14 November 2022

sip

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS