Dirilis

10 Juni 2020

Penulis

Regina Waisimon

Laporan e-Conomy SEA 2019 mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan nilai perekonomian digital terbesar di kawasan Asia Tenggara, melalui transaksi e-commerce. Artinya peluang berwirausaha secara online sangat menjanjikan di Indonesia. Terlebih di masa pandemi COVID-19, jual beli secara online menjadi cara yang cukup efektif untuk dapat meningkatkan penjualan.  

Walau begitu, Anda perlu melakukan promosi online secara efektif. Karena sebagian promosi online justru membuat calon konsumen enggan membeli produk. Misalnya akibat tampilan foto yang kurang jelas dan kurang menarik, harga yang tampak terlalu mahal, penampilan endorser yang kurang menarik, nama produk yang susah diingat, dan sebagainya.

Jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar promosi online bisa efektif, sehingga penjualan dan pendapatan Anda di masa pandemi COVID-19, dapat membantu usaha Anda tetap bertahan.

Persiapkan Ini Sebelum Melaksanakan Promosi Online


1. Buat dan ciptakan merek yang mudah diingat serta diucapkan
Dengan merek yang mudah diingat serta diucapkan, maka bisnis Anda akan lebih cepat berkembang, karena banyak orang akan lebih sering membicarakannya. Apalagi jika ditambahkan nama-nama unik dari setiap produk yang ditawarkan.


2. Buat dan ciptakan foto menarik dari produk atau jasa menarik
Foto yang menarik merupakan aset utama dalam menjalan promosi online. Karena foto yang menarik, mampu berbicara kepada setiap calon pembeli yang melihatnya. Tampilan foto yang menarik akan membuat calon konsumen segera mengklik produk Anda.

Di masa pandemi virus corona ini, kepedulian pada kebersihan dan kesehatan meningkat. Buatlah tampilan foto produk Anda selain menarik, tampak bersih. Dan bila menggunakan endorser, sebaiknya dapat membuat yang melihat foto ikut tersenyum (membuat jiwa menjadi lebih sehat, dan nampak menjaga kebersihan).


3. Buat akun media sosial
Hal yang perlu dimiliki untuk melakukan promosi online adalah dengan media sosial. Pastikan media sosial usaha tidak bercampur dengan media sosial untuk pribadi, karena itu akan menurunkan kepercayaan calon pembeli kepada bisnis Anda.


4. Buat akun toko online/marketplace
Hal lainnya yang perlu dibuat untuk melakukan promosi online adalah toko online. Toko online ini berfungsi sebagai etalase produk yang Anda tawarkan dan untuk transaksi jual beli secara online. Selain itu toko online juga dapat berfungsi sebagai alat menentukan target pasar, pencatatan jumlah transaksi, dan analisis penjualan.


5. Buat jadwal disertai konten yang menarik untuk posting foto produk atau jasa yang akan ditawarkan
Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan promosi online adalah tidak membuat rencana terlebih dahulu. Untuk itu Anda perlu membuat jadwal dengan menentukan setiap hari dan jam berapa akan memposting produk atau jasa yang ditawarkan, pastikan foto sudah tersedia, dan buat konten atau kalimat penawaran yang menarik.

 

Lakukan Ini Saat Melaksanakan Promosi Online

1. Gunakan orang lain sebagai mediator promosi
Jadikan konsumen kita sebagai mediator promosi.  Anda dapat membuat kuis, baik itu dalam bentuk kontes atau sekedar tag akun media sosial, sehingga mereka turut menjadi mediator promosi bagi Anda. Jika memiliki dana lebih, Anda bisa menggunakan jasa endorser atau orang yang telah dikenal luas, yang dibayar untuk memasarkan produk Anda.

Teknik memilih endorser dapat dilihat di artikel Trik Sukses Beriklan Pakai Endorsement

Percayalah, promosi dari mulut ke mulut (word-of-mouth) merupakan teknik marketing yang jauh lebih baik dibandingkan yang lain.

2. Berikan diskon di momen tertentu
Walaupun terkesan biasa, tapi teknik ini paling diminati oleh pelanggan. Namun sebelum melakukan hal ini, pastikan Anda sudah melakukan perhitungan dengan baik. Jangan sampai Anda merugi.

3. Berikan pelayanan yang terbaik
Pelayanan memiliki peran penting dalam berpromosi. Karena, jika Anda masuk toko dan pelayanannya tidak ramah, maka Anda pasti langsung keluar karena tidak nyaman. Begitu pun dengan promosi online, cepat tanggap dan mengenali kebutuhan pelanggan merupakan pelayanan yang terbaik.
 
4. Lakukan inovasi
Agar sebuah bisnis dapat bertahan Anda harus selalu melakukan inovasi. Begitu juga saat membuat promosi online, Anda harus terus berinovasi baik dari segi pengambilan gambar atau foto, pembuatan konten atau kalimat yang menarik, penentuan jadwal promosi berdasarkan hasil analisa dari promosi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Jadi yang wajib Anda pastikan agar promosi online berhasil adalah proses persiapan dan proses pelaksanaannya. Kemudian bagi Anda yang melakukan pemasaran produk melalui media sosial, pisahkan antara media sosial pribadi dengan media sosial untuk usaha. Akan lebih baik lagi jika Anda membuat website untuk etalase produk Anda. Jangan lupa adakan promosi secara rutin, berikan pelayanan terbaik, dan lakukan inovasi-inovasi sehingga produk Anda nampak bersaing, menarik, dan perlu untuk segera dibeli.

Jangan lupa, karena di masa pandemi COVID-19 ini, kepedulian konsumen pada aspek kebersihan dan kesehatan meningkat, jagalah agar tampilan foto produk atau endorser tampak bersih, dan promosikan bahwa produk Anda mendukung kesehatan konsumennya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari agar promosi online bisa berjalan efektif. Bila Anda ingin mempelajari cara promosi online dan memasarkan produk lebih efektif.

Baca Juga :
Tips Bangun Kepercayaan Konsumen di Era Digital
Tingkatkan Pemasaran Digital dengan Content Marketing
Sales Funnel untuk Iklan Online

Anda juga dapat berkonsultasi dengan mitra ahli terpecaya kami melalui fitur Tanya Ahli. Mari lakukan tindakan nyata guna perkembangan bisnis.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS