27 September 2018
Dirilis
Penulis
Tim Daya Tumbuh Usaha
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk, merek, maupun usaha Anda secara umum. Salah satu metode yang sangat diminati adalah pembuatan merchandise. Merchandise sering dipandang sebagai suvenir atau kenang-kenangan berharga murah bahkan gratis untuk menarik minat calon pelanggan. Padahal, strategi merchandise memiliki manfaat yang lebih luas bagi perusahaan dan patut dipertimbangkan untuk membuat pemasaran produk maupun branding perusahaan menjadi lebih baik.
Berikut adalah 7 manfaat merchandise yang dapat dinikmati oleh merek dan perusahaan Anda.
1. Pencetus Brand Awareness
Logo, slogan, dan warna khas merek atau perusahaan Anda akan melekat pada produk merchandise. Para pengguna merchandise akan mendapatkan paparan ini terus-menerus, sehingga muncul pengetahuan akan merek dan perusahaan Anda diwakili oleh ketiga aspek tersebut. Input visual ini menjadi sebuah modal mereka untuk segera mengenali merek dan mengasosiasikan dengan perusahaan Anda ketika berhadapan di kesempatan lain, termasuk saat berada di antara kompetitor.
2. Model Periklanan Cuma-cuma
Saat merchandise digunakan, promosi sebenarnya sedang terjadi secara gratis. Para pengguna merchandise seperti sebuah billboard berjalan yang menampilkan pesan tentang merek dan perusahaan, tanpa Anda membayar khusus mereka sebagai bagian dari periklanan. Melihat efek eksponensial seperti ini, maka buatlah desain merchandise yang menarik perhatian, khususnya bagi target market Anda.
3. Menajamkan Pendekatan Kepada Target Pelanggan
Berbeda dengan jenis promosi lain yang biasanya memiliki jangkauan lebih luas, namun tidak terlalu spesifik, merchandise dapat mengeliminasi kalangan yang tidak termasuk dalam calon pelanggan Anda. Misalnya, merek perlengkapan olahraga yang ingin menyasar pasar para pelari, membuat merchandise berupa race pack yang bisa digunakan pelari saat mengikuti kompetisi. Pelaku olahraga lain yang tidak menggunakan race pack tentu akan melewatkannya.
4. Memperkuat Posisi Merek di Benak Pelanggan
Di tengah serbuan para pesaing, mempertahankan bahkan memperkuat posisi merek dan perusahaan Anda di benak pelanggan mutlak harus dilakukan. Merchandise dapat membantu proses ini, apalagi jika merchandise yang dibuat bermanfaat bagi target pasar dan akan digunakan dalam keseharian mereka. Muncul pula preferensi mereka untuk memilih merek dan perusahaan Anda ketimbang pesaing karena diasosiasikan dengan kemampuan Anda memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
5. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan
Merchandise sering pula dibuat sebagai penghargaan (reward) kepada pelanggan. Penghargaan ini tentu saja membangkitkan sebuah rasa diistimewakan di hati pelanggan, kemudian berkembang menjadi sebuah komitmen untuk setia menggunakan merek dari perusahaan Anda. Perubahan yang terjadi pada lingkungan maupun manuver dari pesaing takkan menggoyahkan keteguhan pilihan pelanggan setia untuk memiliki kesan positif dan terus menomorsatukan perusahaan Anda.
6. Menyampaikan Pesan Unik Merek dan Perusahaan
Ketika Anda memiliki sebuah pesan, entah berupa kampanye khusus maupun nilai-nilai yang ingin ditonjolkan dari merek dan perusahaan, merchandise dapat menjadi media efektif. Kreativitas pun menjadi aspek penentu keberhasilan. Anda perlu mengemas pesan dengan ketulusan dan keunikan, sehingga merchandise tidak terkesan sebagai aset penjualan saja. Bermainlah dengan kata-kata, warna, bahkan bentuk produk sebagai simbol dari isi pesan Anda.
7. Meningkatkan Pendapatan Melalui Penjualan (Sales Revenue)
Strategi promosi melalui merchandise yang tepat sasaran tentunya akan menggemukkan pundi-pundi perusahaan. Bukan hanya pendapatan dari merchandise berbayar, Anda juga akan mendapatkan pembeli baru atau pembelian berulang dari pelanggan lama yang tertarik atas tawaran merchandise gratis pada pembelian produk Anda. Catatan penting berhubungan dengan keuangan, imbangi proyeksi pertambahan pendapatan dengan perhitungan biaya pembuatan merchandise guna memastikan anggaran pemasaran Anda digunakan secara optimal.
Susunlah perencanaan promosi dengan merchandise sesuai kebutuhan perusahaan Anda, apakah diperlukan untuk menjaring calon pembeli, memperkuat basis pelanggan lama, atau keduanya. Jaga kualitas merchandise, meskipun ada variabel biaya yang perhitungkan, supaya pengguna merchandise tetap merasa puas dan memiliki kesan baik terhadap perusahaan Anda. Ciptakan sebuah pesan bermakna yang bermanfaat bagi branding perusahaan Anda hingga di masa mendatang. Selamat berkreasi menciptakan merchandise yang siap menarik para penggunanya!
Berikut adalah 7 manfaat merchandise yang dapat dinikmati oleh merek dan perusahaan Anda.
1. Pencetus Brand Awareness
Logo, slogan, dan warna khas merek atau perusahaan Anda akan melekat pada produk merchandise. Para pengguna merchandise akan mendapatkan paparan ini terus-menerus, sehingga muncul pengetahuan akan merek dan perusahaan Anda diwakili oleh ketiga aspek tersebut. Input visual ini menjadi sebuah modal mereka untuk segera mengenali merek dan mengasosiasikan dengan perusahaan Anda ketika berhadapan di kesempatan lain, termasuk saat berada di antara kompetitor.
2. Model Periklanan Cuma-cuma
Saat merchandise digunakan, promosi sebenarnya sedang terjadi secara gratis. Para pengguna merchandise seperti sebuah billboard berjalan yang menampilkan pesan tentang merek dan perusahaan, tanpa Anda membayar khusus mereka sebagai bagian dari periklanan. Melihat efek eksponensial seperti ini, maka buatlah desain merchandise yang menarik perhatian, khususnya bagi target market Anda.
3. Menajamkan Pendekatan Kepada Target Pelanggan
Berbeda dengan jenis promosi lain yang biasanya memiliki jangkauan lebih luas, namun tidak terlalu spesifik, merchandise dapat mengeliminasi kalangan yang tidak termasuk dalam calon pelanggan Anda. Misalnya, merek perlengkapan olahraga yang ingin menyasar pasar para pelari, membuat merchandise berupa race pack yang bisa digunakan pelari saat mengikuti kompetisi. Pelaku olahraga lain yang tidak menggunakan race pack tentu akan melewatkannya.
4. Memperkuat Posisi Merek di Benak Pelanggan
Di tengah serbuan para pesaing, mempertahankan bahkan memperkuat posisi merek dan perusahaan Anda di benak pelanggan mutlak harus dilakukan. Merchandise dapat membantu proses ini, apalagi jika merchandise yang dibuat bermanfaat bagi target pasar dan akan digunakan dalam keseharian mereka. Muncul pula preferensi mereka untuk memilih merek dan perusahaan Anda ketimbang pesaing karena diasosiasikan dengan kemampuan Anda memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
5. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan
Merchandise sering pula dibuat sebagai penghargaan (reward) kepada pelanggan. Penghargaan ini tentu saja membangkitkan sebuah rasa diistimewakan di hati pelanggan, kemudian berkembang menjadi sebuah komitmen untuk setia menggunakan merek dari perusahaan Anda. Perubahan yang terjadi pada lingkungan maupun manuver dari pesaing takkan menggoyahkan keteguhan pilihan pelanggan setia untuk memiliki kesan positif dan terus menomorsatukan perusahaan Anda.
6. Menyampaikan Pesan Unik Merek dan Perusahaan
Ketika Anda memiliki sebuah pesan, entah berupa kampanye khusus maupun nilai-nilai yang ingin ditonjolkan dari merek dan perusahaan, merchandise dapat menjadi media efektif. Kreativitas pun menjadi aspek penentu keberhasilan. Anda perlu mengemas pesan dengan ketulusan dan keunikan, sehingga merchandise tidak terkesan sebagai aset penjualan saja. Bermainlah dengan kata-kata, warna, bahkan bentuk produk sebagai simbol dari isi pesan Anda.
7. Meningkatkan Pendapatan Melalui Penjualan (Sales Revenue)
Strategi promosi melalui merchandise yang tepat sasaran tentunya akan menggemukkan pundi-pundi perusahaan. Bukan hanya pendapatan dari merchandise berbayar, Anda juga akan mendapatkan pembeli baru atau pembelian berulang dari pelanggan lama yang tertarik atas tawaran merchandise gratis pada pembelian produk Anda. Catatan penting berhubungan dengan keuangan, imbangi proyeksi pertambahan pendapatan dengan perhitungan biaya pembuatan merchandise guna memastikan anggaran pemasaran Anda digunakan secara optimal.
Susunlah perencanaan promosi dengan merchandise sesuai kebutuhan perusahaan Anda, apakah diperlukan untuk menjaring calon pembeli, memperkuat basis pelanggan lama, atau keduanya. Jaga kualitas merchandise, meskipun ada variabel biaya yang perhitungkan, supaya pengguna merchandise tetap merasa puas dan memiliki kesan baik terhadap perusahaan Anda. Ciptakan sebuah pesan bermakna yang bermanfaat bagi branding perusahaan Anda hingga di masa mendatang. Selamat berkreasi menciptakan merchandise yang siap menarik para penggunanya!
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
Ardhan Ashary Nasution
23 November 2023
Terima Kasih informasi nya ??
Balas
.0