Dirilis

21 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Clickbait adalah teknik memancing orang untuk mengonsumsi konten Anda, yaitu dengan membuat judul atau gambar yang menarik dan membuat penasaran, sehingga audiens terpancing perhatiannya dengan konten tersebut. Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan pageviews ke website Anda. Walau begitu, ada juga audiens tidak meng-klik konten, tapi langsung menekan tombol share tanpa membuka isi berita atau informasinya terlebih dahulu.

Konten clickbait memang terlihat melebih-lebihkan sesuatu. Tapi sebetulnya, clickbait atau umpan klik ini juga bisa bermanfaat, jika judul dan isi konten itu berkesinambungan atau memang benar adanya. Masalahnya, justru kini banyak berseliweran clickbait yang hanya judul-judulnya saja menarik, tapi isinya tidak sama dengan apa yang ada di headline tersebut.

Nah, Anda bisa menggunakan clickbait ini untuk hal yang positif, misalnya dari sisi marketing dan terkait traffic web. Jika isinya memang sesuai dengan judul menarik yang ditampilkan. Sebaliknya, jika isinya tak sesuai, dapat juga membuat traffic webnya jadi rendah, yang kemudian akan berimbas pada pembelian, penggunaan atau akses produk maupun hal lain yang kita tawarkan.

 

Kelebihan dari Adanya Clickbait

kelebihan dari clickbait
Seperti telah sedikit dibahas sebelumnya dan layaknya penggunaan media sosial pada umumnya, ada ‘sisi untung’ dan ‘sisi rugi’ yang bisa kita rasakan dengan umpan klik ini. keuntungan serta kelebihan clickbait adalah sebagai berikut.

 

1. Bisa Meningkatnya Data Kunjungan

Dengan judul yang menarik dan ‘menjual’, tentu rasa penasaran netizen bisa semakin memuncak.  Untuk itu, mereka akan mengklik halaman yang menampilkan clickbait tersebut, sehingga data kunjungannya akan meningkat. Sehingga, hal ini akan berdampak baik bagi Anda para content creator untuk mendapat perhatian lebih dari audiens.

2. Mengasah Kreativitas

Membuat hal yang menarik dan memancing rasa penasaran banyak orang memanglah tidak mudah. Butuh sisi kreativitas yang tinggi. Maka, disinilah sisi kreativitas tersebut akan diuji. Sejauh mana tulisan yang kita sajikan mampu menggerakan seseorang untuk melakukan klik.

3. Menambah Pendapatan

Tujuan dari clickbait ini tentu untuk menghasilkan dan menambah pendapatan secara online, jika kita berhasil membuat penasaran audiens dan mereka mengklik umpan yang telah kita buat bahkan mungkin hingga membeli, menggunakan atau langkah yang lebih lanjut lainnya tentu akan menghasilkan keuntungan bagi kita.

4. Transaksi yang Meningkat

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, selain pendapatan yang meningkat, kelebihan lainnya dari clickbait adalah akan menambah transaksi, jika khalayak melakukan lebih dari sekedar klik. Bisa membeli, menggunakan atau berlangganan pada produk yang kita tawarkan, jika memang kita menggunakan clickbait ini untuk mempromosikan suatu hal.

 

Kekurangan dari Adanya Clickbait

kekurangan dari clickbait

Clickbait juga memiliki kekurangan, baik dari sisi pembuat konten, ataupun sisi audiens.

 

A. Pada Sisi Kreator

Berikut ini kekurangan clickbait dari sisi kreator:

 

1. Penerimaan Buruk

Salah satu risiko dari clickbait adalah penerimaan buruk dari audiens, yang bisa saja berdampak pada waktu-waktu berikutnya yang membuat khalayak tersebut malas untuk klik konten-konten yang kita buat.

2. Rating Turun

Setelah penerimaan yang buruk, hal ini selanjutnya akan berdampak pada turunnya rating akibat netizen yang sudah tidak mengakses web maupun media sosial yang kita kelola lagi.

3. Anggapan Buruk

Sejalan dengan penerimaan buruk, kita bisa dicap sebagai konten creator yang buruk oleh warganet. Oleh karena itu, hindari muatan clickbait yang dapat menyesatkan. Ketahui juga cara mengatasi dan menghadapi komentar buruk di media sosial.

 

B. Pada Sisi Pembaca atau Audiens

Berikut ini kekurangan clickbait dari sisi audiens:

 

1. Ketidaksesuaian Informasi

Ternyata, selain creator, viewer juga bisa saja dirugikan. Mengapa? Karena bisa saja mereka mendapat informasi yang tidak sesuai atau zonk

2. Buang-Buang Waktu

Selain zonk tadi, kekurangan clickbait berikutnya adalah dapat membuang waktu pengunjung atau pembaca, dimana hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan.

3. Membuat Emosi

Umpan klik yang tidak sesuai tersebut tak jarang hanya memancing emosi dari warganet. Mereka akan merasa kesal karena hanya mendapat hoax semata.


Informasi di atas telah memuat uraian mengenai definisi, kekurangan juga kelebihan umpan balik atau clickbait. Dari informasi ini bisa kita pahami bahwa pada dasarnya, clickbait adalah hal merujuk pada konten suatu web untuk mendapatkan pendapatan secara daring atau online. Meski menarik, nyatanya juga ada kekurangan dari hal ini. Semoga kita dapat senantiasa bijak dalam memanfaatkan era digital dan kecanggihan teknologi ini, ya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dalam pemanfaatan clickbait ini untuk strategi marketing Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS