Dirilis

10 Agustus 2023

Penulis

Thomas Aquino Herly Marwanto

Peluang brand lokal Indonesia menembus pasar global semakin terbuka luas di era digital ini. Pebisnis lokal yang awalnya, dan umumnya, merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM), semakin banyak yang percaya diri bersaing di tingkat nasional dan bahkan sukses memasarkan produk-produknya ke pasar internasional dengan berbagai strategi branding yang kreatif. 

Yang kita sebut sebagai brand lokal adalah merek atau label dagang yang dipunyai oleh sebuah perusahaan atau individu yang ada di suatu negara tertentu, dan biasanya hanya dikenal di negara tersebut. Kita bisa menyebut banyak sekali brand lokal Indonesia. Misalnya Indomie, Tolak Angin, dan lainnya. 

Ayo, coba sebut satu brand yang terlintas di pikiran Anda.

Brand lokal acap kali identik dengan karakteristik dan kultur lokal, serta sering kali mengandalkan pasar domestik sebagai basis utama untuk penjualan produk mereka. Hanya saja, seiring dengan kemajuan teknologi, beberapa brand lokal ini dapat memperluas pasar mereka dan meraih popularitas yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri atau di tingkat internasional. 

Baca juga: Pengertian Brand dan Strategi Branding Produk yang Benar

 

Brand Lokal Rasa Internasional

Sebagian kita juga kadang tidak menyadari bahwa di Indonesia, ada brand yang sepertinya produksi dari luar negeri, ternyata berasal dari Indonesia, bahkan brand-brand tersebut mampu bersaing di tingkat lokal dan internasional.

Lalu apa saja nama-nama brand lokal terkenal, yang mampu menjadi raja di negeri sendiri, dan juga mampu bersaing di pasar global atau level internasional?

 

1.    Silver Queen

Bagi Anda yang sering memberikan hadiah orang-orang terkasih di hari spesial, barangkali salah satu opsi yang dipilih adalah memberikan cokelat SilverQueen. Selain enak dan terjangkau, cokelat ini juga nampak berkelas dan tidak murahan. Sehingga sering kali SilverQueen dikira produk dari luar negeri. Padahal, cokelat ini diproduksi perusahaan asal Indonesia, yaitu PT Petra Foods dan sudah berdiri sejak 1950. Cokelat ini sudah diekspor di lebih 10 negara di dunia, seperti Thailand, China, India, Korea Selatan, Brunei, Hongkong, Filipina, Jepang, dan Australia.

 

2.    Kopiko

  Brand permen kopi ini sangat mendunia karena mengekspor produknya ke lebih dari 80 negara di dunia, misalnya, Jerman, Korea Selatan, Singapura, Portugal, Australia, dan lainnya. Permen yang diproduksi sejak 1982 ini diproduksi oleh PT Mayora Indah asal Indonesia. Selain pernah menjadi salah satu permen yang dikonsumsi astrnout Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS), belakangan Kopiko ramai diperbincangkan karena sering muncul di seri drama Korea Selatan, salah satunya yang berjudul Vincenzo dan juga alat negosiasi kerja sama Indonesia melalui menteri Luhut Panjaitan pada Elon Musk untuk proyek mobil listrik.

 

3.    Indomie


Indomie merupakan brand lokal mie instan yang telah terkenal di seluruh dunia. Kini menjadi salah satu brand lokal Indonesia terbaik. Apakah Anda sering melihat konten foto atau video YouTuber dari luar negeri yang makan Indomie sambil mereviewnya? Tidak salah lagi, Indomie kini memang sudah memiliki nama besar di dunia internasional. Indomie diluncurkan sejak 1972, dan diproduksi oleh perusahaan Indofood, yang berkantor pusat di Jakarta. Dengan 16 pabrik, 15 miliar paket Indomie diproduksi setiap tahunnya, dan telah diekspor ke lebih dari 60 negara di dunia, mulai dari Arab Saudi, Amerika Serikat, Taiwan, Australia, Hongkong, Irak, dan sebagainya. 

 

5.  J.CO

Bagi penggemar donat, pasti sudah tidak asing dengan J.CO. J.CO adalah restoran yang berasal dari Indonesia, yang menjual minuman dan donat dengan berbagai varian rasa. Restoran ini dimiliki oleh Johnny Andrean Group. Ia berdiri sejak 2006. J.CO mulai mendunia tatkala di tahun 2007 membuka cabangnya di Malaysia, kemudian dikuti Singapura tahun 2008, Filipina tahun 2012, Hong Kong tahun 2016, hingga Arab Saudi pada tahun 2018. Tak heran apabila J.CO seringkali dikira dari luar negeri, padahal brand ini termasuk brand lokal Indonesia yang mendunia.

 

6.    Paseo

Brand lokal Indonesia yang tidak kalah mendunia adalah Paseo. Paseo ternyata sudah mengekspor produknya hingga lebih dari 60 negara, termasuk Selandia Baru dan Amerika Serikat. Brand tisu ini diproduksi oleh Asian Pulp and Paper, anak perusahaan Sinar Mas. 

 

7.  Tolak Angin

Tolak Angin adalah brand lokal obat herbal yang sangat dikenal di Indonesia. Obat ini dikembangkan oleh perusahaan bernama PT Jamu Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk atau lebih dikenal dengan Jamu Sidomuncul, dan didirikan pada tahun 1930 serta bermarkas di Solo, Jawa Tengah. 
Tolak Angin sebagai obat herbal diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, jahe, kayu manis, dan kunyit sehingga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, yang dapat menjadi bahan pengobatan alternatif.

Jamu Sidomuncul telah mengekspor Tolak Angin ke beberapa negara Asia seperti Arab Saudi, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Filipina, bahkan sudah merambah di Eropa. 

 

8.    Krisbow

Apakah Anda sering menemukan perkakas rumah tangga dengan merek Krisbow? Brand ini berasal dari Indonesia lho. Nama Krisbow sendiri sebenarnya singkatan dari Krisnandi Wibowo, pendiri brand ini. Ia adalah putra dari pendiri Kawan Lama Group, Wong Jin. Kawan Lama Group merupakan perusahaan yang menaungi Informa dan Ace Hardware.

 

9.    Lea Jeans

Bangga banget ya kalau sudah memakai celana jeans merek Lea? Lea Jeans adalah jeans yang diproduksi di Tangerang, Banten, di bawah naungan perusahaan bernama PT Lea Sanent, berdiri sejak 1972. Jeans ini juga termasuk dalam daftar brand Indonesia yang mendunia. Brand ini menggunakan konsep American Style, oleh karenanya sering dikira brand dari luar negeri. 

 

10.    Bucheri

Hayo ngaku siapa yang pernah membeli sepatu atau sendal merek Buccheri dan merasa berkelas setelah memakainya ? Bucheri akhirnya menjadi brand lokal premium. Menggunakan brand yang classy, membuat Buccheri sering disangka brand dari luar negeri. Padahal, brand yang sudah ada sejak 1980 ini dari Indonesia, dan toko pertamanya dulu berada di Pasar Baru. Brand ini didirikan oleh 3 bersaudara kakak beradik yang berasal dari Makassar. Nama Buccheri berasal dari ketiga nama pendirinya, yaitu Budi, Ediansyah, dan Hery. Kini, Buccheri kini telah memiliki 120 cabang di seluruh Indonesia. 

 

11.    Hokben

  Restoran cepat saji ini hampir ada di setiap kota besar Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, resto ini menyajikan masakan ala Jepang. Mungkin banyak dari kita awalnya mengira, kalau HokBen ini resto yang benar-benar berasal dari Jepang. Padahal restoran ini asli produk lokal, dengan owner bernama Hendra Arifin. HokBen ini berdiri sejak 1985, dan berada di bawah PT Bogainti dan outlet pertamanya ada di Kebon Kacang, Jakarta.

 

12.    Polytron 

  Polytron merupakan brand lokal yang kerap dianggap produk luar negeri. Padahal, semua proses produksi mulai dari desain produk, pembuatan, pengembangan, perakitan, dilakukan di Desa Krapyak, Kudus, Jawa Tengah. Sebelum berubah nama jadi PT Hartono Istana Elektronik awalnya bernama PT Indonesian Electronic and Engineering. Perusahaan yang mulai berproduksi dari tanggal 8 September 1975. Pabrik ini seperti kita ketahui, memproduksi antara lain TV, handphone, AC, audio, dispenser, dan DVD player. 50 persen lebih komponen bahan baku yang digunakan oleh Polytron berasal dari dalam negeri.

Memiliki pasar yang luas hingga berbagai penjuru dunia tentu menjadi cita-cita semua pengusaha Indonesia dan memang untuk mencapainya tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang harus dilewati dan dipenuhi untuk bisa menjangkau pasar internasional. 

Terlebih lagi para pelaku UKM yang identik dengan banyaknya tantangan dan keterbatasan, seperti kekurangan modal, variasi produk yang kurang, kualitas produk yang belum sesuai dengan standar internasional, hingga mengikuri ketentuan-ketentuan llain sebagai syarat bisa menembus pasar internasional. Hal ini tentu menjadi PR tersendiri bagi pengusaha lokal Indonesia.

Baca juga: Inilah Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri bagi Pemula

Tapi, jangan mudah berkecil hati dahulu. Agar brand lokal kita bisa bernuansa internasional, ‘ada banyak jalan menuju Roma! Jika butuh saran, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di daya.id untuk mencari informasi usaha, khususnya Tanya Ahli. Yuk dicoba! Pastikan Anda sudah mendaftarkan diri Anda ya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

9 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Anaf setyo radite

01 January 1970

Bermanfaat

Balas

. 0

muhammad haris

03 December 2023

Ada beberapa yang saya baru tau ??

Balas

. 0

muhammad haris

03 December 2023

Ada beberapa yang saya baru tau ??

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

23 August 2023

?

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

23 August 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS