Dirilis

14 November 2022

Penulis

Lucky Lombu

Suasana perayaan Natal dan Tahun Baru sudah mulai terasa, terutama di pusat perbelanjaan. Anda sebagai pelaku usaha tentu perlu mengantisipasi momen ini. Karena, ada beberapa peluang yang bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan keuntungan.

Baca Juga: Ide Bisnis untuk Hari Besar

Peluang pertama adalah menawarkan beberapa jenis produk yang berhubungan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. 

Peluang kedua adalah menarik perhatian calon pembeli dengan memaksimalkan momen Natal dan Tahun Baru—bahkan jika Anda tidak menjual produk yang berhubungan dengan kedua hari besar itu.


Ide Bisnis Jelang Natal dan Tahun Baru

Kita mulai dari produk apa saja yang bisa Anda tawarkan kepada calon pembeli. Ada beberapa ide sebenarnya. Tapi, di bawah ini ada tiga produk yang bisa Anda pertimbangkan, karena umum dijual di masa Natal dan Tahun Baru.

 

 

1. Parsel atau Hampers Natal dan Tahun Baru

Ide pertama, tentu saja bisnis parsel atau hampers Natal dan Tahun Baru. Kenapa? Karena sebagian masyarakat kita suka kirim-mengirim parsel kepada teman, keluarga, atau rekan bisnis, pada masa hari raya. 

Anda bisa menawarkan beberapa jenis paket. Misalnya, paket makanan dan minuman, paket fashion atau grooming, paket peralatan dapur atau perlengkapan makan, paket peralatan ibadah atau benda-benda rohani, paket aroma terapi, paket tanaman hias, dan lainnya.

Jika Anda tertarik dengan ide bisnis ini, hal pertama yang perlu Anda antisipasi adalah mencari supplier. Lalu tentukan desain paket, cek harga pasaran, dan tentukan strategi pemasaran yang sesuai.

 

 

2. Pakaian Natal dan Tahun Baru

Ide kedua adalah pakaian. Sebenarnya, jika Anda perhatikan, pakaian Natal dan Tahun Baru tidak punya desain khusus. Tapi, Anda bisa menimbang untuk menawarkan pakaian dengan warna khas Natal dan Tahun Baru, yaitu merah, hijau, atau putih. 

 

Anda bisa coba mengombinasikan antara atasan dan bawahan, menjadi satu set pakaian yang menarik. Maksimalkan kreativitas Anda dengan mempelajari tren fashion melalui internet, atau tiru yang ada di toko pakaian popular.

 

 

3. Dekorasi dan Aksesoris Natal dan Tahun Baru

Ide ketiga, spesial untuk perayaan Natal dan Tahun Baru. Yaitu, dekorasi dan aksesoris Natal dan Tahun Baru. Ada beberapa dekorasi dan aksesoris umum yang bisa Anda tawarkan. Misalnya, lampu hias kelap-kelip, bola-bola hiasan pohon natal, rangkaian tanaman mistletoe, boneka salju, topi sinterklas, kaos kaki Natalo, dan pernak-pernik lucu lainnya.

 

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Akhir Tahun, Intip di Sini!



Tips Promosi Jelang Natal dan Tahun Baru

Nah, bagaimana jika Anda tidak menjual produk yang berhubungan dengan Natal dan Tahun Baru? Tenang, Anda tetap bisa mencoba memaksimalkan momen ini, dengan beberapa tips promosi berikut. 

 

 

1. Menggelar Diskon

Pastinya Anda bisa mencari perhatian calon pembeli dengan menggelar diskon. Apalagi masa Natal dan Tahun Baru terkenal akan pesta diskon dan cuci gudang. Bisa jadi ada beberapa calon pembeli yang sudah bersiap untuk momentum ini. 

Nah, Anda bisa coba tawarkan diskon untuk produk off-season atau stok akhir. Jika bukan diskon, Anda bisa coba tawarkan paket seperti buy 2 get 1 atau bundling.

 

 

2. Mendekorasi Toko atau Restoran

Promosi lainnya adalah dengan mendekorasi toko atau restoran Anda. Dekorasi spesial bisa membantu toko atau restoran Anda terlihat hidup dan up-to-date. Jika Anda tidak punya budget khusus, Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang terlalu meriah. Cukup dengan mendekorasi sederhana menggunakan sesuatu yang bernuansa Natal dan Tahun Baru. Misalnya, dengan menaruh pohon Natal, kado-kado, boneka sinterklas, lilin, tanaman mistletoe, dan lainnya.

 

 

3. Aktivitas Media Sosial

Secara online, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Walau Anda tidak menjual apapun terkait Natal dan Tahun Baru, Anda tetap bisa memaksimalkannya, dengan membuat konten bernuansa Natal dan Tahun Baru, menggelar aktivitas seru seperti kuis berhadiah, atau bahkan sekadar memposting promosi akhir tahun.


 

Nah, itu tadi beberapa ide bisnis yang bisa Anda maksimalkan jelang masa Natal dan Tahun Baru, serta promosi sederhana untuk menarik perhatian calon pembeli selama masa akhir tahun itu. Semoga Anda bisa menutup tahun dengan penuh keuntungan.

Jika Anda butuh saran lebih lanjut, silakan berkonsultasi di Tanya Ahli. Silakan daftarkan juga diri Anda untuk bisa mengakses seluruh fitur di Daya.id. 

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS