Dirilis

13 Juni 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Bisnis furniture atau mebel merupakan bisnis yang dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Sebagai salah satu pelengkap kebutuhan primer yaitu kebutuhan papan, bisnis furniture tidak akan pernah habis peminat tiap tahunnya. Justru saat ini bisnis furniture memiliki peminat yang sangat tinggi karena berurusan dengan interior bangunan.

Namun, tidak dapat kita pungkiri, meskipun memiliki banyak peminat, bisnis ini memiliki persaingan yang cukup ketat. Maka dari itu, Untuk Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis furniture atau mebel, tentunya harus memiliki rencana usaha atau persiapan yang matang. Agar Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Apabila dijalani dengan tekun, tentunya bisnis furniture akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Menjalani bisnis agen properti memang memiliki keuntungan yang menggiurkan, namun tidak hanya itu lho kelebihan dari menjalani bisnis properti. Yuk simak penjelasan berikut!

 

6 Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Memulai Bisnis Furniture

Untuk menjadi pemilik bisnis furniture yang sukses, tentunya Anda harus memiliki persiapan yang matang. Dengan tips berikut, Anda dapat mempersiapkan diri untuk mendirikan bisnis furniture Anda sendiri dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Apa saja sih yang harus Anda lakukan? Yuk simak penjelasan berikut!scnm 

 

1.    Hitung dan Siapkan Modal

Dalam melakukan sebuah usaha, modal adalah hal yang paling penting. Pasalnya, bisnis furniture sendiri memiliki modal yang tidak sedikit, sehingga untuk Anda yang ingin terjun pada bisnis ini perlu menyiapkan modal yang cukup. Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar, namun ini akan berdampak pada skala bisnis yang akan dijalani. Karena itulah bisnis furniture merupakan bisnis yang memiliki peluang besar.

Untuk mengumpulkan modal Anda bisa mencari investor atau meminjam dari sumber yang tepercaya. Jika Anda tidak ingin mencari investor atau meminjam modal, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau sales furniture terlebih dahulu. Dengan cara ini tentunya Anda bisa mengumpulkan modal, menambah pengalaman, dan juga memperluas jaringan.

 

2.    Buat Brand Image yang Kuat

Dimasa saat ini, brand image sangatlah penting. Anda bisa menarik hati calon konsumen dengan cara menjual brand image produk Anda. Misal anda ingin fokus pada furniture yang ramah lingkungan dan mengusung gaya vintage. Anda bisa menjual nilai tersebut ke konsumen, dan juga akan mempermudah untuk memilih target pasar yang sesuai.

 

3.    Pilih Target Pasar

Untuk memulai bisnis furniture ada baiknya jika Anda fokus pada satu target pasar. Misal ingin membidik konsumen rumah tangga atau perusahaan seperti kantor, hotel, tempat makan, dan lainnya. Pilih target pasar yang berpotensi tinggi. Misal menjual furniture dengan desain minimalis dan kekinian yang saat ini sedang banyak diminati oleh para millennials.

 

4.    Siapkan Strategi Marketing yang Matang

Hal yang tidak boleh terlewatkan berikutnya adalah membuat strategi marketing atau pemasaran yang efektif. Hal ini tentunya dapat meningkatkan penjualan produk furniture Anda. Untuk dapat bersaing, tentunya Anda juga harus unggul dalam hal promosi produk atau brand Anda. Anda bisa mencoba marketing secara offline dengan cara menyebarkan pamflet, banner, hingga aktif dalam mengikuti pameran-pameran furniture.

Anda juga bisa melakukan marketing secara online atau digital marketing melalui media sosial seperti Tiktok, Instagram, hingga YouTube. Anda juga dapat memperluas cakupan target konsumen dengan cara menjual furniture Anda di e-commerce seperti Shopee maupun Tokopedia.

 

5.    Pertahankan Kualitas Produk yang Baik


Untuk bisa memenangkan persaingan dalam dunia bisnis mebel, salah satu cara yang Anda bisa lakukan adalah dengan cara selalu memberikan kualitas terbaik kepada konsumen. Hal ini dapat dilakukan untuk membuat konsumen puas dan menjadi loyal. Terkadang dalam bisnis, akan lebih sulit untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada. Maka dari itu penting untuk memberikan kualitas terbaik kepada konsumen, agar mereka kembali lagi membeli produk Anda. Dengan memberikan kualitas terbaik, justru hal ini akan memberikan nilai lebih bagi produk Anda. Anda juga bisa memasang harga jual yang sesuai dengan kualitas yang Anda berikan. Untuk itu tentunya Anda juga perlu memiliki karyawan yang terampil.

 

6.    Perluas Koneksi dan Terus Belajar

Dalam menjalani bisnis tentu perlu adanya jaringan atau koneksi. Dengan koneksi yang luas, Anda bisa dengan mudah mencari peluang untuk mengembangkan produk Anda. Anda juga dapat bertukar ilmu dengan orang lain yang bekerja pada bidang yang sama.

Anda juga dapat mengajak kerjasama dengan banyak perusahaan yang fokus pada bidang properti seperti rumah, apartemen, restoran, kantor, maupun hotel agar meningkatkan peluang Anda untuk bisa menjual produk mebel Anda dengan produksi skala besar.

Nah itu tadi tips memulai bisnis furniture yang dapat Anda lakukan. Jika sudah berjalan, jangan takut untuk mengambil langkah berani dengan mengekspor produk Anda. Karena pasar luar negeri juga memiliki peluang yang sangat besar. Banyak pecinta furniture buatan Indonesia dari luar negeri, terutama produk yang berbahan dasar kayu.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS