Dirilis

18 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Membuka usaha bengkel bubut mungkin merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang memang memiliki keahlian sebagai teknisi atau lulusan jurusan teknik. Jika dilihat belum banyak orang yang membuka bengkel bubut dibandingkan dengan bengkel lain seperti motor atau mobil misalnya. Potensi pasarnya juga cukup besar apalagi kalau dekat dengan industri seperti pabrik.
Menurut fungsinya mesin bubut sangat dibutuhkan oleh bengkel hingga pabrik-pabrik sehingga dengan cara yang tepat Anda bisa sukses dalam usaha tersebut. Tidak perlu merasa minder karena merasa belum berpengalaman dalam dunia usaha karena Anda cukup berbekal pengalaman dan keyakinan saja. Setelah itu mulailah untuk merintis bengkel mesin bubut milik Anda sendiri.


5 Tips Memulai Usaha Bengkel Mesin Bubut

Untuk membantu Anda merintis usaha bengkel mesin bubut, inilah beberapa tips yang bisa diikuti.


1. Siapkan Mental

menyiapkan mental memulai  usaha bengkel bubut
Apa yang harus Anda siapkan pertama kali sebelum memulai usaha bengkel bubut? Mental adalah jawabannya. Usaha bengkel mesin bubut bisa dikatakan merupakan bidang yang spesial dan konsumennya terbatas meskipun banyak dibutuhkan.
Pertanyaannya, apakah Anda akan merintis usaha tersebut sambil menjalani pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan orang lain atau sepenuhnya menjadi wirausaha. Jelas kedua pilihan tersebut membutuhkan mental yang berbeda.
Kalau menjalani usaha sambil tetap bekerja di perusahaan lain apakah secara waktu dan tenaga Anda sanggup meskipun dari hasil gaji bisa dijadikan modal. Sementara kalau sepenuhnya dijalankan secara mandiri apakah semua peralatan sudah siap? Apakah Anda sanggup menjalani masa-masa sulit di awal pembukaan usaha?


2. Siapkan Modal

Setelah merasa siap secara mental saatnya Anda mempertimbangkan dan memperhitungkan modal usaha. Banyak atau sedikitnya modal tergantung dari kebutuhan dan kondisi Anda sendiri. Selain modal materi Anda juga harus menyiapkan modal peralatan bengkel.
Untuk membuka bengkel bubut minimal Anda memiliki beberapa peralatan di bawah ini :
1.    Gerinda tangan (angle grinder)                Rp. 300.000
2.    Gerinda bangku (bench grinder)              Rp. 375.000
3.    Gergaji tangan                                      Rp. 80.000
4.    Gergaji mesin                                        Rp. 400.000
5.    Bor tangan                                           Rp. 780.000
6.    Snei dan hand tap                                 Rp. 180.000
7.    Catok                                                  Rp. 1.000.000
8.    Inverter las                                          Rp. 500.000
9.    Alat ukur                                             Rp. 200.000
10.    Mesin bubut                                       Rp. 13.250.000
Dengan berbagai peralatan tersebut, kisaran modal yang Anda butuhkan adalah sebesar Rp. 17.065.000.000. Besarnya modal ini bisa lebih besar atau lebih sedikit tergantung harga peralatan yang Anda beli.


3. Siapkan Tempat

menyiapkan lokasi  usaha bengkel bubu
Selanjutnya cari dan siapkan tempat yang akan digunakan untuk membuka bengkel bubut tersebut. Kalau modal dana terbatas bisa membuka usaha bengkel di rumah saja dulu sambil melihat-lihat lokasi lain yang lebih strategis dan bagus. Tentunya sambil mengumpulkan dana untuk menyewa tempat tersebut.


4. Tetapkan Konsumen

Pertanyaannya, siapa yang akan menjadi konsumen dari bengkel bubut Anda nanti. Tidak disarankan membuka usaha bengkel tanpa mempertimbangkan siapa target pasar Anda nantinya. Siapa konsumen Anda nantinya berhubungan dengan jenis mesin yang harus dipersiapkan.
Sebagai contoh kalau Anda memang membidik konsumen pabrik-pabrik yang ada di kota Anda maka otomatis harus tahu dulu apa kebutuhan mereka. Selanjutnya siapkan jenis mesin yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut. Namun jika Anda membidik bengkel-bengkel di sekitar rumah tentu saja jenis mesinnya juga beda.


5. Cari Proyek untuk Beli Mesin

Jangan buru-buru membeli mesin baru karena harganya cukup mahal. Gunakan saja dulu mesin dan peralatan yang sudah Anda miliki atau Anda bisa membeli yang bekas tapi masih bagus. Setelah itu gunakan untuk mencari proyek pekerjaan untuk mendapatkan uang agar bisa membeli mesin bubut baru.

Itulah tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha bengkel bubut untuk meminimalkan potensi kerugian. Memulai usaha dengan langkah yang benar dan perhitungan tepat membantu Anda untuk meraih kesuksesan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara menjalankan usaha ini yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS