Dirilis

19 Maret 2021

Terlihat sepele namun nyatanya bisnis bawang goreng siap makan mampu mendatangkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Bawang goreng bagi masyarakat Indonesia sudah seperti teman lauk pauk, sayur dan juga nasi. Bahkan bagi orang yang suka bawang goreng langsung dimakan begitu saja layaknya snack atau camilan. Tidak heran jika usaha ini menjelma jadi peluang usaha yang menarik. Lalu, bagaimana cara memulai usaha ini?

Tips dan Cara untuk Memulai Bisnis Bawang Goreng

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar usaha berjalan lancar dan tidak rugi.

1. Pilih Bawang Merah Ukuran Besar

pilih bawang goreng yang berkualitas
Sebaiknya Anda pilih bawang merah dengan ukuran besar agar ketika digoreng tidak remuk dan terlihat bagus. Bawang goreng yang irisannya bagus tentunya akan lebih menarik minat konsumen dibandingkan dengan yang kecil dan terlihat seperti remuk. Kalau Anda masih kesulitan untuk mendapatkan bawang merah yang ukurannya sesuai dan bagus kualitasnya mengapa tidak kerjasama dengan petani saja. Atau Anda bisa berlangganan membeli bawang goreng dari supplier yang mengambil langsung dari para petani.

2. Gunakan Kualitas Minyak yang Bagus

Minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng akan berpengaruh pada kualitas bawang goreng terutama dalam hal warna dan rasa. Gunakan minyak nabati kelapa sawit yang kualitasnya bagus dan berwarna bening. Tujuannya adalah agar hasil bawang goreng yang Anda buat lebih gurih dan warnanya cantik.
Minyak nabati yang bagus umumnya dilengkapi dengan omega 3 dan 6 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Minyak yang kualitasnya buruk akan lebih rentan kandungan kolesterolnya.

3. Pakai Peralatan Memasak Berkualitas

Pakai peralatan memasak berkualitas
Selain minyak yang digunakan untuk menggoreng hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah peralatan yang Anda gunakan untuk mengolahnya. Jangan sembarangan menggunakan peralatan memasak yang seadanya karena itu akan merusak kualitas bawang goreng.
Gunakan pisau yang cukup tajam untuk mengiris bawang sehingga hasilnya rapi dan akan terlihat bagus. Anda bisa juga menggunakan mesin khusus pengiris bawang agar bisa membuat irisan lebih rapi dan lebih cepat. Pastikan wajan penggorengan bersih dan tidak meninggalkan noda pada makanan.

4. Gunakan Mesin Penyaring Minyak

Bawang goreng yang minyaknya masih sangat banyak sampai membasahi kemasannya biasanya kurang diminati konsumen. Sebaiknya Anda membeli mesin penyaring minyak agar hasil bawang goreng bagus dan renyah karena tidak ada minyak yang menempel pada kemasannya.
Minyak yang masih tersisa di dalam kemasan selain membuat penampilan bawang goreng kurang bagus juga akan mengurangi kualitasnya. Umur bawang goreng menjadi lebih pendek karena mudah tengik dan tidak renyah lagi.

5. Pilih Kemasan yang Menarik

Meskipun ada pepatah yang mengatakan jangan memandang sesuatu dari bungkusnya tapi hal ini tidak berlaku dalam dunia bisnis dan marketing. Bagaimanapun yang pertama dilihat oleh mata konsumen adalah kemasan produk. Bagus tidaknya kemasan produk akan membentuk persepsi pada konsumen tentang apa yang ada didalamnya. Oleh sebab itu buatlah desain kemasan terbaik yang akan membuat konsumen penasaran dan akhirnya membeli bawang goreng produksi Anda.

6. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Faktor yang sangat penting dalam dunia bisnis adalah marketing atau pemasaran. Manfaatkan media sosial secara maksimal untuk mengenalkan produk bawang goreng Anda kepada orang lain. Media sosial sudah terbukti menjadi salah satu media promosi yang efektif untuk menggaet konsumen.

Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis bawang goreng. Pada dasarnya, usaha bawang goreng ini sangat menarik untuk Anda jalankan. Asalkan memahami cara produksi dan pemasaran yang baik, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dari usaha ini. berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha di Daya.id sebelum memulai usaha ini agar usaha bisa berjalan dengan lebih lancar dan optimal.

 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikelola dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS