Dirilis

07 Maret 2021

Penulis

Tim penulis daya

Salah satu jenis cemilan yang banyak ditemui juga digemari di Indonesia adalah keripik pisang. Kudapan ini bahkan banyak menjadi buah tangan atau oleh-oleh ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Oleh karenanya, usaha keripik pisang menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalani. Bagi Anda yang tertarik dan berminat untuk menggelutinya, simak uraian cara memulai usaha keripik pisang berikut ini.

 

Tips Usaha Keripik Pisang Bagi Pemula

usaha keripik pisang

 

1. Siapkan Tempat atau Lokasi

Langkah pertama untuk membuka usaha keripik pisang ini adalah dengan menentukan dimana kita akan melaksanakan bisnis tersebut. Bahkan, kabar baiknya adalah, usaha keripik pisang bisa kita mulai dari rumah. Atau mungkin, jika modal mencukupi, kita bisa menyewa lokasi khusus untuk bisnis ini.

 

2. Siapkan Modal

Cara usaha bisnis pisang berikutnya adalah dengan menyiapkan modal. Dalam artian memilih, menentukan dan membeli pisang sebagai bahan dasar utama, serta menyiapkan kebutuhan operasional lainnya. Di awal jika memang modal masih terbatas, kita bisa menyesuaikan antara budget dengan target produksinya.

 

3. Mencari dan Menentukan Supplier

Untuk memudahkan Anda ketika mencari pisang berkualitas dan supaya tak kehabisan barang untuk produksi, sebaiknya kita bekerjasama dengan supplier atau pemasok pisang tersebut. Riset dan cari manakah kiranya vendor yang terpercaya dan bisa diajak untuk bekerjasama. Selain memudahkan, hal ini juga berpeluang bagi Anda untuk mendapat harga yang lebih miring.

 

4. Menyiapkan Produksi dan Pelaksanaannya

Setelah semuanya siap, usaha keripik pisang ini bisa segera dijalankan. Siapkan segala kebutuhan teknis dan non teknis yang dibutuhkan. Misal, berapa pcs atau berapa kg targetnya, berapa orang yang mengerjakannya, juga lain sebagainya.

 

5. Konsep Usaha dan Strategi Promosi

Yang jangan sampai terlewatkan adalah Anda harus memiliki konsep dasar dari usaha yang dijalankan tersebut. Bagaimana kemasannya, bagaimana produknya, dimana memasarkannya, juga siapa target marketnya. Untuk hal ini dan strategi promosi akan dibahas selengkapnya di bawah ini.

 

Strategi Promosi Usaha Keripik Pisang

cara memulai usaha keripik pisang
Berbagai strategi yang bisa dilaksanakan ketika mengelola usaha keripik pisang adalah sebagai berikut:

 

1. Tentukan Dimana Kita Akan Menjualnya

Hal ini tentu akan berdasar pada siapa target market dari usaha yang dijalankan. Jika lokal, maka kita bisa menjualnya secara offline di tempat atau lokasi tertentu. Jika target marketnya adalah wisatawan, maka kita bisa menjual secara online juga menjualnya di tempat atau pusat oleh-oleh

Sebetulnya, jual online maupun offline bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan analisis pasar. Perbedaannya adalah pada media pemasarannya saja. Keduanya pun bisa kita pilih, tinggal memaksimalkannya saja.

 

2. Munculkan Keunikan Produk

Tak dapat dipungkiri, usaha keripik pisang ini sudah menjamur dan banyak sekali di pasaran. Jika ingin menarik perhatian, maka kita harus mempunyai value atau keunikan hingga orang akhirnya mau mencoba. Misal, dari packaging yang unik ataupun berbagai varian rasa dari keripik pisang tersebut.

 

3. Promo Secara Offline

Jika kita membuka usaha keripik pisang ini dengan mengandalkan offline, maka buatlah media promosi yang bisa mencuri perhatian banyak orang. Bisa baliho, banner dan lain sebagainya. Bisa juga di awal pembukaan tempat usaha tersebut, di moment-monet khusus, ataupun untuk pembelian dalam jumlah banyak, kita bisa memberi harga spesial atau diskon.

 

4. Promo Secara Online

Kita bisa membuat akun media sosial khusus untuk usaha keripik pisang yang dijalankan. Dengan demikian, kita bisa menyasar calon konsumen lebih luas lagi. Dengan penggunaan medsos pula, info produk dan bisnis yang dijalankan bisa lebih komunikatif. Bahkan, jika ingin menyasar pasar yang lebih luas, kita bisa menggunakan Ads atau iklan berbayar di berbagai platform media sosial.

Itulah beberapa langkah cara memulai usaha keripik pisang dan strategi pemasarannya. Usaha keripik pisang memang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Namun, memang membutuhkan strategi dan cara usaha yang tepat agar bisa memenangkan persaingan dan laris dipasaran. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai usaha keripik ini agar persiapan usaha bisa lebih matang.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

07 Maret 2021

wah boljug niy,thanks daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS